Modul Iklan Google Ads “Jaringan Penelusuran” LEADs & Klik Website

22 Shares

Materi / Modul Cara Iklan Google di Jaringan Google Search Penelusan Format Text, Link, Telepon & Alamat dapatkan LEADs, Kunjungan website

Langkah awal adalah Mendaftar di Google Ads, perlu anda lakukan untuk bisa pasang iklan di google ads tentunya mendaftar terlebih dahulu di google ads. Silahkan daftar buat akun Gmail: Lihat panduan disini,

Note: jika sudah punya akun Gmail dan telah login bisa langsung : Mulai Buat Iklan.

Di halaman ini anda akan langsung di pandu cara membuat iklan di google ads dengan cepat. langsung dari pendaftar. Lihat gambar dibawah.

Langkah awal buat kampanye google ads :

  • Membuat Kamapanye Iklan
  • Membuat Grup Iklan
  • Memilih Kata Kunci
  • Membuat Materi Iklan Tayang di Google Penelusuran format text.

ket: jika sudah sampai pada halaman membuat kampanye, jangan di isi dulu – pastikan langsung klik “pindah ke mode expert / pakar.” wajib. guna memudahkan dalam setup dan kelengkapan fitur google ads.

 

Lanjut:

ket: setelah pindah ke mode pakar maka akan tayang menu lebih lengkap, tentukan tujuan kampanye google ads apakah kunjungan website, atau dapat leads.

  • Kunjungan website: menggiring orang untuk datang ke website bisnis
  • Leads: mendapatkan lead untuk kumpulkan data sebagai bahan konversi, namun secara konsep sama dengan kunjungan website.

1 hal yang membedakan iklan google ads “kunjungan website” kita akan membayar iklan pada setiap klik, sedangkan versi “Leads” hanya membayar jika sudah dapat data leads namun harga lebih sedikit mahal dari pada iklan kunjungan website.

 

Pada materi ini akan di fokuskan pada mendapatkan LEADS.

Ok, Lanjut!

ket: pilih tipe kampanye “penelusuran / search” karena fokus iklan google ads hanya tayang di google pencarian dengan format iklan text yang nantinya akan di arahkan ke website bisnis / halaman landing page.

 

Lanjut!

Jika Belum punya website? silahkan pertimbangkan untuk memiliki website profesional. Bisnis lebih terpercaya dengan website profesional.

  • Modul lengkap Cara membuat website bisnis sendiri desain profesional: Baca disini.

Lanjut!

Buat kode analisa konversi leads yang akan di masukakan pada website / landingpage bisnis sehingga jumlah konversi lead bisa terdata / laporan.

ket: klik install tracking kode masukan dalam di landingpage / website, untuk contoh code general:

<!-- Global site tag (gtag.js) - Google Ads: 588911158 --> <script async src="https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=AW-588911158"></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'AW-588911158'); </script>

Masukan kode diatas pada tag kode html landingpage / website di antara : <head> … </head>


Selanjutnya untuk kode tracking hasil LEADs copy / masukan kode di halaman jika hasil leads telah selesai dengan kode:

<!-- Event snippet for Website lead conversion page --> <script> gtag('event', 'conversion', {'send_to': 'AW-588911158/ZdlyCPqKyN4BELak6JgC'}); </script>

PENTING: Masukan kode diatas hanya di halaman hasil “leads / konversi” pada tag kode html landingpage / website di antara : <head> … </head>

Maksudnya iklan google ads akan mendata hasil lead pendaftaran email / kontak No WA yang nantinya bisa di konversi untuk penawaran / pembelian.

 

OK, lanjut:

ket: buat nama kampanye iklan “baru” dan pilih network iklan search network karena iklan hanya akan tayang di google penelesuran.

 

Tentukan target lokasi iklan & Bahasa:

Ket: iklan bisa di arahkan ke lokasi yang di seting, contoh hanya akan tayang di jakarta, dan bahasa direkomendasikan untuk 2 bahasa: indonesia & inggris.

 

Budget & Bidding Iklan Google

Ket: tentukan anggaran iklan harian dan pilih jenis bidding iklan “konversi”, sehingga kita hanya membayar iklan jika sudah dapat data konversi (leads).

 

Grup Iklan & keywords

Ket: buat grup Iklan baru untuk tentukan keyword yang akan di bidik pada pencarian iklan di google, pastikan keyword relevan dengan bisnis, produk, jasa yang ditawarkan lewat landingpage / website.

jenis keyword: more info: https://support.google.com/google-ads/answer/2497836?hl=id_ID

  • keyword = Broad match
  • “keyword” = Phrase match
  • [keyword] = Exact match

 

Iklan Google Ads text

Ket: mulai buat iklan text google ads yang tayang di hasil penelusuran google terdiirii dari judul, link, deskripsi iklan. pastikan konten iklan relevan dengan isi konten website / landingpage.

Jika sudah selesai bisa klik “save / continue“.

 

Menyiapkan Detail Penagihan

Disini adalah tahapan terakhir cara pasang iklan di google ads. Anda diminta untuk memasukan detail penagihan pembayaran.

Pada dasarnya sangat mudah untuk di isi, namun ada beberapa penting yang perlu di perhatikan. Silahkan simak gambar berikut dan deskripsi lengkap di bawahnya.

Ket: isi semua data penagihan pilih jenis akun personal pada pembayaran, bisa bayar lewat transfer manual atau bayar automatis dengan kartu kredit atau kartu JENIUS.

 

Iklan Google Sudah Bisa Tayang

Tampilan Google Ads versi pakar yang memiliki fitur lengkap:

Ket: fitur sangat lengkap untuk manegement iklan mulai setting akun, seting iklan, tools riset keyword, dll. Sampai disini bisa diulang untuk membuat kampanye iklan baru, grup iklan baru dan iklan baru untuk bisnis yang lainya.

 

Iklan Google Ads Tayang

Apakah proses iklan benar-benar bisa tayang, Pastikan status iklan telah di setujui. Klik menu Iklan (Ads) dan Ekstensi pada dashboard.

Ada 3 status iklan.

  • Iklan sedang Dalam Peninjauan, Iklan disetujui, Iklan ditolak.

Tips enghindari iklan di tolak. pastikan anda telah membaca kebijakan iklan google tentang apa saja konten tidak boleh ada. Disini.

 

INFO Saldo  / Pembayaran

Cek pada menu atas kanan: tools / setting > billing > summery.

Jika sebelum nya memilih mode pembayaran Iklan otomatis, maka saldo sudah masuk, Tergantung dari metode pembayaran yang anda gunakan.

NOTE: Jika menggunakan kartu kredit maka saldo masuk seketika. jika menggunakan metode pembayaran manual melalui transfer. biasanya butuh waktu 2-5 hari kerja.

 

Laporan Iklan Google

melihat performa dan laporan iklan google ads bisa di lihat pada menu report di menu atas:

Ket:

bisa pilih mode landing page / kampanye detail, info data laporan ini akan tampil setelah iklan berjalan minimal 2-3 hari. gunakan hasil analisa laporan iklan untuk memaksimalkan kinerja iklan. sehingga iklan di google bisa menguntungkan / tidak boncos (rugi).

 

Baca Modul materi iklan google ads versi video lengkap bisa dilihat pada konten:

Cara Iklan di Google Ads Lengkap Video + PDF

 

Penutup

Jika mengalami kendala dalam proses pembuatan iklan Google Ads bisa comment dibawah untuk pertanyaan.

Editor: | Update: Oktober 23, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *