5 Penyebab Ban Mobil Pecah di jalan TOL

Kasus terbanyak ban mobil penumpang pecah ada di jalan TOL dengan laju mobil kecepatan tinggi > 80km / Jam

Akibat ban mobil pecah, meledak sangat fatal dimana bisa mengakibatkan kecelakaan beruntun khususnya di jalan TOL (bebas hambatan). Komponen mobil yang sangat perlu diperhatikan dalam berkendara khususnya mobil adalah kondisi BAN sebelum melakukan perjalanan JAUH.

 

5 Penyebab Ban mobil Pecah di Jalan

1 hal sepele namun jika diabaikan akan fatal = tekanan angin ban, OK – Sedikitnya ada 5 faktor yang menyebabkan ban mobil pecah / meledak dijalan TOL:

  1. Tekanan Ban Kurang < Bawah standar yang direkomendasikan 20-25 PSI namun melaju kendaraan 80-120KM/Jam
  2. Kondisi Tapak Ban Sudah Tipis / Sampai batas maksimal Grip, Banyak bekas Tambalan, Ada luka di Ban (Wajib Ganti Ban Baru) Namun masih dipaksa Jalan.
  3. Umur Ban sudah Expired, Ingat Ban mobil memiliki waktu pakai minimal 4 tahun, jika lebih ban akan keras dan mudah pecah.
  4. Menggunakan Ban / velg Yang tidak Standar ukuran sehingga tidak mampu menahan beban mobil + tekanan Laju kendaraan di kecepatan Tinggi
  5. Tertusuk Paku, besi tajam lainya yang menyebabkan ban Sobek, Dan sering kali Tidak membersihkan Kerikil / batu, yang terselip di Grip ban sehingga menyebabkan Ban Bocor Seketika (Efek hampir sama dengan ban pecah).

Note: Pastikan ukuran tekanan ban mobil sesuai anjuran pabrikan yang tertera di bagian panel pintu pengemudi, dan batas maksimal penambahan tekanan Angin: 3-5 PSI (dari rekomendasi pabrik).

Kadang ada kalanya tekanan angin di turunkan dari standar, misal mobil sedan / city car : 28-30 PSI guna mendapatkan kenyamanan dalam berkendara.

 

Tekanan ban mobil Kurang Angin menjadi faktor terbesar yang menyebabkan ban mobil mudah pecah saat melaju di jalan TOL.

» Penjelasan:

Saat Ban dalam kondisi kempes (kurang angin) ada bagian dinding ban yang mengalami tekanan berlebihan dari bibir pelek yang ditekan ke bawah oleh bobot mobil.

Tekanan itu bisa menimbulkan gesekan dan panas lebih tinggi dari biasanya kemudian akhirnya bisa menjadi penyebab pecah ban.

 

OK__ Semoga informasi ini bisa manfaat, tetap jaga kesehatan hati2 dijalan, jaga jarak & Berdoa.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *