Plugin SEO Yoast vs All in SEO Pack, Mana yang Terbaik?


Perbandingan Plugin SEO wordpress Gratis, Mana yang lebih bagus untuk maksimalkan SEO Blog
Di kalangan blogger indonesia, ada 2 plugin SEO wordpress yang paling populer yaitu:

  1. SEO by Yoast
  2. All in One SEO

kedua Plugin SEO WordPress Gratis diatas memiliki manfaat dan fungsi yang sama yaitu mempermudah dalam membuat konten blog atau website menjadi sangat seo friendly dan enak dibaca oleh user.

Manfaat plugins seo untuk mempermudah optimasi seo konten (title, meta, konten dan meta grap sosial media,dll ). Memilih salah satu dari plugin SEO : All in one seo pack atau SEO by Yoast.

Secara default plugins SEO memberikan fitur:

  • Creating XML Sitemaps
  • Canonical URLs
  • Meta Sosial
  • Editing robots.txt Files
  • Writing Meta Tag
  • Custome SEO Titles
  • Webmaster integrated.

 

Perbandingan Plugin SEO WordPress

Kekuatan Branding

Plugin SEO by Yoast, volume pencari perbulan > 40k / bln

Plugin SEO all in one seo pack, volume: > 6k / bln

Untuk kekuatan branding plugin SEO by Yoast lebih unggul dan menang.

Pengguna (Aktif ) & Ratings

All in SEO one Pack: Pengguna > 1 juta (aktif) menjadi salah satu Plugin SEO WordPress Gratis terbaik, di download > 45 jt dibuat pada tahun 2007, ratings user: 4.x (409) reviews.

SEO by Yoast: Pengguna > 5 juta (aktif), di download > none jt dibuat pada tahun none, ratings user: 5.0 (> 22k) reviews. Jumlah pengguna dan review rating user plugins SEO by Yoast lebih Mantap.

Sekarang kita bandingkan fitur yang ada dalam 2 plugin seo populer diatas, dari segi penggunaan dan fitur.

 

1. SEO by YOAST

Plugins SEO by Yoast memiliki fitur analisa konten artikel secara live dimana disaat kita menulis artikel ada rambu skor yang langsung bisa menilai:

  • Merah -> skor seo buruk
  • kuning -> skor seo sedang
  • Hijau -> skor seo bagus.

Untuk mendapatkan nilai skor lampu rambu silahkan simpan konten artikel sebelum di publish dalam format draf.

Yoast SEO memiliki fokus keywords yang kita bisa optimasi secara maksimal dalam konten artikel yang sedang dibuat, ini sangat memudahkan dalam membuat konten berkualitas dari segi SEO / user Experience (UX).

Ini yang menjadi Plugins SEO by Yoast menang 1 langkah dibandingkan plugins SEO lainya, dimana Yoast memberikan live Analisa hasil SEO terhadap konten artikel yang sedang kita ketik. Indikator analisa mencakup SEO Onpage :

  1. Meta deskiprsi
  2. Meta titile
  3. Gambar
  4. Alt gambar
  5. Jumlah keywords fokus yang di targetkan
  6. Jumlah kata dalam konten 1 artkikel
  7. Link Outbond – keluar
  8. Internal link
  9. Heading h2, h4 dll.

Pokoknya bagi pemula yang sedang belajar SEO ini sangat di rekomendasikan untuk pakai Plugin SEO Yoast, serasa kita punya mentor secara live. Untuk materi secara teknis cara seting akan kita bahas pada posting next time.

Harga plugin: Free (Gratis ) – Premium.

 

2. All in SEO Pack ( Top SEO Plugins )

Plugins SEO all in one pack ini sangat sederhana memiliki fitur unik untuk Optimalkan kinerja konten menjadi super SEO dan memiliki custome index dan deindex pada setiap post / halaman serta excude sitemap, dan untuk fokus keyword bisa lebih banyak.

Setup seo titile dan meta deskripsi sama dengan Yoast, Plugins seo ini direkomendasikan untuk yang sudah mahir dalam olah konten karena tidak memiliki indikaor live yang bisa dijadikan analisa skor dan kualitas konten secara langsung, namun dari hasil SEO All in SEO pack lebih unggul dari Yoast.

Harga plugin: Free (Gratis ) – Premium.

 

DATA HASIL UJICOBA

Dengan 1 konten sama kita akan test progress seo untuk kedua plugin pada situs: seosatu.com

plugins SEO in all pack

keterangan: pada tanggal 4 april 2018 keywords “Iklan gratis” ada di rangking #2 (All in SEO pack)

Plugin Yoast SEO

keterangan: selang 1 hari ujicoba pakai plugin Yoast : Turun 2 tingkat jadi rangking #4 dan semua keywords turun.

NOTE: Turun naik keywords bisa disebabkan faktor persaingan, salah satunya kinerja plugin SEO – Setelah ganti dengan plugin SEO ALL in SEO pack, semua rangkin keywords mulai merangkak naik kembali.

Setelah kita mengetahui fitur yang ada didalam masing2 plugin SEO, maka Mana yang lebih baik saya pilih untuk di pasang di Blog – website saya ? Jika rasa sudah lumayan mahir dalam SEO dan Ingin setup SEO lebih sederhana maka Gunakan SEO all in One Pack.

Namun jika masih baru dalam dunia SEO, sangat direkomendasikan pakai plugin SEO by Yoast, karena memiliki system indikator dan analisa SEO yang bagus untuk membuat sebuah konten berkulitas berdasarkan variable Yoast.

Blog #SEOsatu pakai plugin seo: All in SEO Pack, karena hasil SEO telah terbukti membawa situs saya tayang di halaman 1 Google untuk beberapa kata kunci yang telah di Optimasi, Pada dasarkan Plugin SEO hanyalah alat, Kualitas kontenlah yang lebih utama.

Dengan menggunakan Plugins SEO tidak langsung membuat situs tayang di halaman 1 Google, namun harus di isi dengan konten berkualitas, navigasi situs baik, server Optimal, dll. Peran utama plugins SEO adalah menjadikan kita mudah dalam Optimasi / Setup SEO.

Updated: October 23, 2020