Daftar Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia

foto ilustrasi asuransi syariah mandiri

Indonesia, SEOsatu News – Di kutip dari finansialku.com daftar nama-nama perusahaan rekomendasi asuransi syariah yang ada di indonesia yang bisa dipilih untuk asuransi jiwa, kesehatan dan lainya.

Asuransi syariah adalah perusahaan asuransi yang mengusung konsep syariah berlandaskan Al-Qur’an dan Hadist. Dewan Syariah Nasional (DSN) serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjelaskan bahwa kegiatan usaha dalam asuransi syariah memungkinkan untuk para kliennya berinvestasi sehingga bisa diambil klaimnya sesuai akad.

POLIS Asuransi (premi) – pembayaran bulanan yang diberikan para klien diberikan dalam akad donasi. Jika tidak cair seluruhnya karena satu dan lain hal, maka donasi tersebut bisa dihitung sebagai amal jariyah.

Mekanisme Asuransi Syariah, mekanisme asuransi syariah sangat berbeda dengan asuransi umum meskipun tujuannya sama. Di dalam prosedur pelaksanaannya tidak ada riba dan perputaran uang dilakukan secara halal dalam akad yang jelas.

Ini adalah daftar nama2 perusahaan asuransi syariah yang populer dan berumur di Indonesia:

  • Asuransi Takaful 

Merupakan perusahaan yang memulai bisnisnya dalam bidang asuransi syariah, program perusahaan ini yang recommended misalnya Takaful dana pendidikan (Fulnadi) asuransi kesehatan (Fullmedicare), dan Takafullink Salam Cendikia.

  • Allianz Syariah (Allisya)

Allianz Syariah (Allisya) adalah bentuk syariah dari Asuransi Allianz. layanan Allisya juga sangat berkualitas seperti sistem cashless dengan menggunakan kartu serta reimbursement atau penggantian.

Fitur yang ditawarkan pun meliputi asuransi jiwa (Allisya protection), asuransi kesehatan (Allisya care), asuransi rumah serta mobil. Ada juga asuransi tasbih untuk calon Jamaah Haji.

  • PRUSyariah

Aasuransi syariah dengan kualitas tinggi yaitu PRUSyariah. Keunggulan dari sistem PRUSyariah adalah bagi hak bagi hasil uang premi yang bernilai 56%. sistem bagi hasil dari uang yang digunakan untuk kegiatan usaha dan menghasilkan keuntungan secara halal.

Asuransi Syariah Manulife memiliki sistem kartu serta reimbursement sehingga memudahkan para klien dalam sistem pembayaran maupun pertanggungan.

Dalam klaimnya proses tolong-menolong menjadi cara ampuh memaksimalkan sistem syariah. program menarik seperti Manulife Berkah Medicare Plus, Manulife Berkah Crisis Cover Protection, Berkah Waiver of Basic Contribution, Berkah Payor Benefit Plus, dll.

  • Syariah AIA

Nama Asuransi Syariah AIA, memiliki layanan yang ditawarkan seperti Hasana Berkah, Fortuna X-Tra Plus Syariah, serta Provisa Syariah yang telah dilegalisasi Dewan Pengawas Syariah (DPS).

  • Sinar Mas Syariah

Akad yang syar’i, Asuransi Sinar Mas Syariah terus memberikan kontribusi di bidang kesehatan dan pendidikan. kesepakatan dan bagi hasil asuransi ini dengan sistem syariah.

  • Syariah Panin

PT Panin Tbk. juga memiliki perusahaan yang memberikan layanan asuransi dengan legalitas di bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). fitur utama berupa asuransi jiwa, banyak klien yang telah terbantu melalui sistem tolong-menolong sesuai akad Syariah.

  • Syariah Central Jaya (CARlisya)

PT AJ Central Asia Raya sebagai perusahaan asuransi umum kini juga merambah dunia bisnis syariah dengan 3 layanan utama, diantaranya CARlisya Pro Fixed, CARlisya Pro Safe, dan CARlisya Pro Mixed. Akad, hingga tatalaksana, Asuransi Syariah Central Jaya (CARlisya) menjunjung tinggi sistem syariah

  • Syariah BNI Life

Asuransi syariah dari BNI Life. 3 produk utama andalannya antara lain Investa Plus, Wadi’ah Cendikia, dan Multi Investa. fitur unggulan di bidang kesehatan, pendidikan, serta pertanggungan ketika melakukan ibadah Haji atau Umroh bagi para Jamaah.

  • Syariah Astra

Asuransi Syariah Astra memberikan bantuan pertanggungan atas kendaraan bermotor. Ini menjadi 1 terbaik perusahaan asuransi khusus otomotif / kendaraan di Indonesia.

 

Referensi:

  • Admin. Pengertian Asuransi Syariah. Asuransisyariah.asia – https://goo.gl/3zsMqu
  • 2 Desember 2017. Takaful. Wikipedia.com – https://goo.gl/wNrLpA
  • situs: www.finansialku.com/daftar-asuransi-syariah-di-indonesia
Editor: | Update: Oktober 23, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *