Hipwe Berikan Tips Menulis Artikel Blog ala Jurnalis

foto jurnalis – menulis berita

Menulis konten berita, news itu sangat mudah dan ringkas, dilangsir dari situs hipwe untuk membuat konten ala jurnalistik maka perlu perhatikan format dan kode etik sehingga pembaca lebih paham akan informasi berita yang disampaikan.

  • Sudut Panjang

Tentukan dulu, mau memulai cerita dari sudut pandang mana. Hal ini akan membuat ceritamu lebih fokus. tidak terlalu melebar kemana-mana.

  • Buat lead menarik

Dalam ilmu jurnalistik, struktur berita terdiri atas kepala (lead) dan badan berita. Bagian lead ini adalah paragraf awal artikel yang juga berfungsi sebagai kalimat pemikat pembaca.

  • Lengkapi 5W + 1H

Istilah 5W + 1 H?  6 poin ini merupakan poin wajib yang harus tertulis dalam artikel untuk memperjelas cerita.
Terdiri atas What (apa), Who (siapa), Where (dimana), When (kapan), Why (kenapa) dan How (bagaimana).

  • Tambah Informasi Pendukung

Dalam banyak kasus, sudut pandang menarik saja terkadang tidak cukup untuk memuaskan pembaca. Itu sebabnya, jurnalis sering memberi tambahan latar belakang untuk artikel yang ditulis. Atau istilah kerennya, memberi konteks pada artikel.

  • Perkaya Diski

Diksi atau pemilihan kata punya pengaruh besar dalam penulisan artikel.  Ibaratkan saja, artikel kita ini seperti kebun bunga. Tentu bakal lebih semarak kalau kebun bunga ini kita tanami dengan berbagai jenis dan warna bunga yang berbeda-beda.

  • Alur Logika Cerita

kita mungkin pernah terdampar di artikel yang tidak runut dalam bercerita. Sebentar ngomongin A, lalu tanpa peringatan apa-apa sudah langsung beralih ke cerita B. Kan bikin emosi yang baca ya?

Untuk mengatasi ini, ada baiknya kita membuat outline dulu sebelum mulai menulis artikel.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *