Bangun Personal Branding Untuk Jualan Online

Panduan cara membangun personal branding guna maksimalkan jualan online

Konten ini sangat berguna untuk kamu yang bisnis di bidang penjualan / reseller, dropship secara online khususnya baik pria atau wanita sama saja.

Ada ibu2 jualan di Facebook & IG, dengan cara yang sama, dengan teknik yang sama, dengan alur cerita yang sama, Tapi ada yang closing jualannya banyak, ada juga yang jualannya dikit / gatot?

Hasil jualannya itu banyak atau gak, balik lagi ke si penjualnya. Karena Facebook dan Instagram itu cuma alat, tergantung siapa yang pakai.

Kalau berjualan dengan online shop mandiri, maka perlu bangun branding online shop Anda agar mereka percaya transfer ke Anda, ini perlu proses dan waktu cukup lama.

Kalau berjualan dengan profile pribadi (FB /IG), maka Anda perlu membangun Personal Branding agar orang percaya transfer ke Anda.

Modal omong doang: “Saya jujur, tidak akan bohong dan tidak akan nipu” Mengatakan ini saja tidak cukup membuat orang percaya.

Oleh sebab itu, perlu yang namanya Personal Branding, orang akan percaya dengan Anda / Sis, Sehingga kalau dia sudah percaya / Trusted. Apapun produk yang Anda jual maka akan lebih bisa diterima (tp belum tentu laku ya).

 

Manfaat Personal Branding dapat customer loyal

Siapa customer loyal? Customer yang bakalan beli terus sama kita. Nah, gimana caranya nih kita cari customer loyal kayak gini?

Customer loyal adalah customer yang sudah percaya sama PENJUAL dan PRODUK yang dijual. Customer model gini bisa kita dapatkan dengan cara Personal Branding dan direferensikan sama loyal customer yang sebelumnya.

 

Facebook / IG mejadi media Personal Branding

Secara umum tingkat kepercayaan terhadap seseorang itu diukur dari seberapa lamanya kita kenal terhadap orang tersebut. Nah dengan Facebook & IG, kita akan lebih cepat mendapatkan kepercayaan dari orang tersebut.

Dari Facebook / Instagram: mereka akan liat postingan kita setiap hari, Kita bisa chatting dengan mereka setiap hari. Tentunya kalau pertemanan online ini bisa menjadi pertemanan offline maka akan lebih luar biasa.

Personal Branding Anda tergantung dari apa yang Anda post dan Anda share di IG / FB.

Dengan Personal Branding, kita membangun kedekatan dengan calon-calon customer kita secara otomatis, Sehingga pas ketemu calon-calon customer kita, mereka berasa sudah kenal lama.

 

Cara bangun Personal Branding?

Ini menjadi konten inti dimana kita akan share, tips cara membangun personal branding yang benar:

1. Asah kemampuan Belajar, untuk mengasah kemampuan Anda di satu bidang yang Anda tekuni, Contohnya ketika Anda baca ini, ini adalah ilmu jualan. Sekarang Anda lebih pintar jualan secara teori di bandingkan teman Anda di Facebook / IG.

2. Belajar dan Sharingkan lagi Setelah belajar dan mengasah kemampuan disatu bidang, Jangan lupa untuk sharingkan pembelajaran Anda di status Facebook Anda. Supaya banyak orang semakin kenal dekat dengan Anda. Dengan sharing, Anda juga jadi bisa diskusi sehingga bisa membuat kemampuan Anda lebih berkembang lagi.

3. Tunjukan Prestasi Anda Apabila Anda memiliki prestasi yang berhubungan dengan kemampuan Anda, maka Anda patut membanggakannya. Karena dengan ini selain Anda mengapresiasi diri Anda sendiri, Anda juga semakin dikenal orang karena prestasi Anda.

4. Bagikan sesuatu secara GRATIS –  Kebanyakan orang suka GRATISAN… Anda bisa bagi sesuatu yang GRATIS dan yang gratis ini bisa membuka topik pembicaraan Anda dengan calon customer.

5. Gunakan quote-quote orang sukses. Anda bisa menggunakan quote dari orang sukses yang bisa Anda temukan di Google, ini akan membuat mereka setuju dengan status Anda.

6. Gunakan Story atau cerita Anda bisa menggunakan Cerita atau Story untuk mendongkrak penjualan Anda. Sudah terbukti bahwa berjualan dengan story lebih menjual dan lebih banyak interaksi antar orang dibandingkan Anda hanya menjelaskan benefit produk saja. Kalau Anda tidak punya cerita untuk di bagikan, gunakkan cerita reseller lain.

7. Jangan Lupa Call to Action Setelah membuat postingan mengenai story atau quote atau sesi pengenalan produk, atau membagikan Ebook Resep gratisan…

Karena user di internet itu perlu diarahkan, jadi apabila tidak diarahkan maka dia akan kebingungan dan pada akhirnya tidak jadi membeli.

Kiat2 publish postingan di FB / IG:

  • Mulai posting status seminggu minimal 3x –
  • Kalau sudah terbiasa , maka posting sehari sekali –
  • Cari di Google tentang quote dan bagikan di status Facebook Anda.

Jangan lupa kita juga harus ajak ketemuan secara offline (kopi darat) supaya kedekatan yang terbangun lebih erat lagi dan kepercayaan yang didapat lebih lagi.

“Personal Branding bukan hanya tentang jualan, Tapi bagaimana membantu orang lain menjadi lebih baik lewat postingan yang kita bagikan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *