Manfaat AMP Google (Accelerated Mobile Pages) Blog / website

19 Shares

Accelerated Mobile Pages / AMP Google merupakan kode html khusus yang dibuat untuk optimasi kecepatan halaman landing baca blog, web versi mobile dengan sistem cache dari Google.

AMP Google ini sangat cocok untuk maksimalkan speed loding blog, website versi landing page atau konten post artikel berita atau konten informasi biasa yang simple.

Format konten AMP google cukup lengkap mencakup: artikel, gambar, grafik & video.

Pengguna internet dunia hampir > 80% pengakses lewat platform mobile, sehingga google ingin memberikan layanan terbaik dengan akses lebih cepat bersama Google AMP Mobile.

 

Manfaat umum AMP Google

Halaman landing yang lebih cepat biasanya menghasilkan lebih banyak konversi, dan AMP memungkinkan untuk membuat halaman yang dapat dimuat dengan cepat.

Halaman landing AMP Google sering kali memberikan kualitas halaman landing yang jauh lebih baik. Kualitas halaman landing merupakan faktor penting untuk Skor: Kualitas dan Peringkat Iklan Anda (SEO & Iklan Google Ads).

 

Keuntungan AMP Google Secara khusus

Berikut manfaat & keuntungan blog yang menggunakan desain tampilan html support AMP Google:

  • Menjadikan loading speed halaman blog + Cache Google

Akses load halaman semakin cepat karena menggunakan sistem cache google (numpang web hosting) milik google, jadi lebih meringankan beban kerja hosting asli / origin milik blog.

Google Cache menjadikan URL, Contoh:

    1. www.google.com/amp/s/www.seosatu.com/link-url (AMP url cache)
    2. www.seosatu.com/link-url (Url Origin / asli).

 

  • Dapat ico AMP pada hasil pencarian Google

Setiap blog yang memiliki kode Support AMP google valid akan diberikan ico AMP pada hasil pencarian di google>

 

  • SKOR SEO Google Lebih Bagus

Faktor utama SEO saat ini selain kualitas konten & backlink adalah kecepatan loading akses blog, dimana semakin cepat halaman dibuka maka akan memberikan user experiance / pengalaman baik untuk pengunjung blog, ini sejalan dengan skor SEO yg semakin bagus & rangking akan lebih tinggi.

 

  • Hasil Iklan Google Adsense Meningkat

Jangan ngaku blogger kalau tidak pernah main adsense, khususnya di Indonesia program google adsense menjadi sumber penghasilan yang cukup bagus jika dikerjakan secara serius.

Hadirnya Google AMP google menjadikan waktu tayang iklan semakin cepat, sehingga CTR / PV iklan akan naik untuk versi mobile – tentunya hasil earning juga naik donk.

 

  • Konversi iklan Google Ads bertambah

Program Iklan PPC Google Ads menjadi media promosi terbaik saat ini dimana tingkat koversi sangat tinggi dengan biaya yang relatif lebih murah dibandungkan iklan di TV / Surat kabar (media online).

Mede iklan klik to website membutuhkan halaman landing yang bagus, simple & fast loading, AMP google sangat mendung untuk optimasi speed iklan ini.

Al-hasil waktu tayang iklan semakin cepat, sehingga CTR / PV + konversi iklan akan naik untuk versi mobile – tentunya lebih banyak.

 

Plugin AMP Google WordPress

Informasi tambahan untuk pengguna blog wordpress sudah ada plugin yang bisa menjadikan tampilan blog support / valid AMP google, Nama plugin: AMP, Google – AMP Project Contributors

Ini menjadi salah satu plugin amp wordpress yang dibuat oleg tim profesional bahkan dari Google juga ikut, namun sangat minim dengan fitur dan belum support untuk semua tema.

Sampai saat ini plugin ini mendapatkan skor rating pengguna: 3,x artinya ada user yang sedikit kecewa. namun tidak ada salahnya jika kamu coba. Link install plugin WP: AMP by Google.

Atau plugin AMP Google lainya:

3 Plugin AMP Valid WordPress Yang bisa dicoba

Disclaimer AMP Google

Untuk blog, website yang dibuat dengan blogspot atau developer mandiri via framework, maka perlu kerja exra untuk konversi halaman HTML / PHP menjadi AMP valid.

Note: blogger blogsport sekarang sudah banyak tema yang support AMP, silahakn dicari di internet banyak mulai yang gratisan / premium.

Editor: | Update: Oktober 23, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *