Pentingnya AMP untuk Maksimalkan SEO Google

gambar ilustrasi AMP Google

AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Page, Diperkenalkan pada tahun 2016, AMP merupakan sebuah program open-source dari Google yang dibuat dengan tujuan memberikan mobile internet yang lebih cepat dan lebih baik.

Tujuan dibuatnya halaman website versi ini adalah memberikan halaman website yang memang sudah dioptimasi agar loading lebih cepat pada mobile.

Sejalan dengan konsep SEO, kecepatan loading akses webssite / blog menjadi faktor keberhasilan SEO modern, sehingga penggunaan AMP menjadi penting.

 

AMP Mempengaruhi Hasil SEO?

AMP hanya khusus untuk mobile, Namanya saja memang Accelerated Mobile Pages, Khusunya halaman artike, karena memang AMP dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan user experience dalam membaca konten hasil pencarian organik SEO.

Saat ini pengguna internet berbasis mobile hampir > 80%, ini menjadi data analis untuk semua pemilik blog mengoptimalkan hasil pencarian versi HP / mobile lebih bagus tentunya dengan lebih cepat.

  • Efek AMP untuk SEO

Meskipun AMP bukan merupakan faktor mesin pencari / SEO secara langsung. Kecepatan adalah komponen penting dari peringkat mesin pencari. Akibatnya, AMP akan memengaruhi SEO secara signifikan jika situs web Anda tidak sesuai dengan kecepatan.

Sebagai contoh, dua situs dapat peringkat yang sama ketika datang ke SEO, namun, yang dengan kecepatan paling tinggi akan mendapat prioritas.

  • Sumber: dotcominfoway.com

Hadirnya AMP memudahkan optimasi speed loading blog sangat mudah, untuk pengguna platform wordpress sudah tersedia plugin AMP & beberapa tema premium sudah dilengkapi fitur AMP tinggal di aktifkan saja.

Baca Juga: 3 rekomendasi plugin AMP untuk Blog WordPress.

Sedangkan paltfotm blogspot bisa pakai tema yang support AMP, sekarang sudah banyak beredar di internet baik yg versi Gratis atau Premium.

 

Tips Penggunaan Laman AMP Google

Kamu bisa aktifkan halaman amp untuk post detail / konten artikel & page penting dalam blog seperti: about & kontak. tidak perlu semua dijadikan AMP.

 

Ujicoba Laman AMP WordPress

Kamu bisa ujicoba akses laman post / konten ini versi AMP Yang di buat dengan plugin AMP official Google for wordpress: Update versi AMP (Non-Aktif).

 

FAQ ? AMP untuk SEO

Tanya: Manfaat & fungsi AMP untuk blog supaya loading semakin cepat, jadi kalau web sekarang sudah cepat tidak perlu AMP donk ?

Ingat: secepat2 nya blog / website dengan tema versi html biasa, akan masih kalah cepat versi AMP Mobile, sehingga mode AMP tetap sangat direkomendasikan.

 

Note AMP Valid Html

  • Tidak semua jenis blog, website akan support dengan fitur AMP, karena terkendala dgn code JS, dll. sehingga ada sistem yang tida fungsi / bekerja dengan AMP.
  • AMP sangat cocok untuk maksimalkan SEO blog tipe informasi biasa yang basic format, artikel (text), gambar & video.


Baca Juga:

2 thoughts on “Pentingnya AMP untuk Maksimalkan SEO Google

  1. Avatar for RohmanRohman

    Saya semenjak menerapkan AMP jumlah klik di pencarian google sedikit meningkat. Sebenarnya tidak yakin, entah itu karena pake amp atau tidak.
    Tetapi di samping itu, penghasilan terasa berkurang di perangkat mobile.
    Kalau boleh tahu, apakah ada perbedaan dari klik google dan pendapatan pada blog ini sertelah pakai AMP.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *