Cara Membuat Rumah / Kandang Lembah Madu Sederhana

sarang lebah madu

Tutorial Membuat Kandang Lebah Madu Sederhana, Memanfaatkan Barang di Sekitar

Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari cara ternak lebah madu yang baik dan benar sehingga sukses – bisa menghasilkan omset jutaan per bulan.

Tetapi perlu di ketahui, untuk memulai bisnis ternak lebah madu tersebut, syarat utama yang perlu kita persiapkan adalah rumah / kandangnya.

Pada dasarnya membuat kandang untuk lebah madu tidak harus membeli dengan harga yang mahal, kita bisa memanfaatkan barang di sekitar seperti bekas potongan pohon kelapa, laci meja maupun barang lainnya yang sudah tak terpakai.

Fungsi Kandang Bagi Lebah

Seperti manusia, rumah yang nyaman akan membuat betah semua penghuninya begitupun lebah. Ternyata ini tujuan utama lebah membangun sarang.

  1. Mempertahankan koloni dari serangan predator pemangsa
  2. Untuk melanjutkan keturunan / berkembang biak
  3. Berlindung dari hujan & terik matahari
  4. Menghasilkan madu untuk cadangan makanan

 

Buat Kandang Lebah Madu Modern

Berikut cara membuat stup lebah madu, biasanya kayu yang di gunakan adalah kayu sengon, jati dll yang disukai lebah.

1. Persiapan alat dan bahan

Bahan yang harus dipersiapkan yaitu papan kayu, seng untuk bagian atap, paku, dan bambu. Untuk alat yang mesti disediakan adalah palu dan gergaji.

2. Ukuran kandang

Untuk ukuran kandang ternak lebah madu sekitar 30 cm x 30 cm x 20 cm. Ketebalan papan sekitar 2 cm.

3. Pada bagian depan stup kotak atau kandang lebah diberikan lubang sebagai jalan lalu lalang lebah atau jalan keluar masuk lebah madu. Ukuran lubang bisa dibuat sekitar 0,5 cm x 5 cm.

4. Pengaturan bagian dalam kandang

Bagian dalam kandang lebah perlu dilengkapi frame atau bingkai dengan ketebalan 1 cm sebagai tempat sarang lebah madu.Bingkai bisa dibuat dari bambu dengan ketinggian 15 cm dan panjang 26 cm. Untuk penopangnya adalah kayu.

5. Membuat penutup kotak lebah

Kotak sarang lebah perlu ditutupi dengan papan yang terbuat dari kayu atau seng. Penutup ini berfungsi sebagai atap kandang lebah.

 

Buat Kandang Lebah Sederhana

Dalam hal ini bahan yang dibutuhkan hanya potongan pohon kelapa. Berikut langkahnya :

Untuk membuat stup atau kandang lebah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalkan membikin kandang lebah memakai gelodok atau batang pohon randu, kelapa dan pucung dan lain-lain yang kayunya lunak.

Gelodok dibagi dua. Pada bagian isinya diambil sebagai tempat kandang lebah. Pada kedua ujung gelodok tutuplah memakai batok kelapa yang tengahnya dilubangi.

Kemudian gantungkan gelodok pada dahan pohon yang banyak dilintasi koloni lebah.

 

Kesimpulan

Itulah cara membuat kandang / rumah lebah madu sederhana dengan memanfaatkan barang yang ada di sekitar. Untuk cara menangkkap ratu / koloni lebah akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *