Iklan Online Paling Efektif Google vs Sosial Media ?

Perbandingan hasil efektifitas, respon, iklan online di Google vs Iklan Sosial media Facebook Ads, Instagram Ads, Endorse IG, dll.

Lebih Untung Mana antara iklan di Jaringan Google atau Main di Sosial media ?, Sebagai pelaku bisnis online pasti sudah pernah merasakan efek dari beriklan baik lewat Google (Google Ads, SEO, Konten review) atau Iklan Sosial media.

Informasi ini ditujukan khususnya UKM di indonesia yang ingin beriklan dengan budget minim namun hasil bagus & terus berkembang.

Keduanya memiliki karakter sangat berbeda dalam respon pasar & hasil konversi bisnis baik untuk produk / jasa layanan, Berikut admin lampirkan pengalaman selama 7 tahun mendalami dunia pengiklanan / advertising online.

 

Performa Iklan Online Google

Iklan Google biayanya memiliki cara & sistem by keywords & target audien, dan jenis iklan paling efektif menguntungkan adalah target lewat keyword (kata pencarian) diamana hanya user yang butuh & sedang cari siap beli yang akan menemukan iklan.

Tinggkat rasio transaksi bisa lebih > 85% terjadi penjualan sedangkan ada 15% market dingin yang hanya TTOTT (takon2 ra tuku2).

Jenis iklan jaringan google berbayar & organik:

  1. Google Ads semua jaringan iklan
  2. SEO, Optimalkan mesin pencari organik untuk Iklan jangka panjang GRATIS
  3. Iklan baris yang tayang di google
  4. Konten placement yang tayang di google
  5. Review bloger & video Youtube yang tayang di google, dll
  • Harga Iklan Google Ads

Secara hitungan awal kasar iklan google ads kelihatan mahal karena lebih banyak pakai sistem PPC bayar per klik atau metode lainya.

Biaya 1 klik iklan bisa mencapai : Rp 2 -10 rb , bahkan untuk 1 konten review bisa di bandrol dengan jutaan beda lagi apabila manfaat SEO untuk iklan jangka panjang lebih mahal bisa puluhan / ratusan JUTA.

Karena ROI / return of invertasi tinggi maka tidak mengapa jika diawal harus keluarkan biaya iklan lumayan namun sebanding dengan hasil & untuk jangka panjang.

Iklan Google Mahal itu jika langsung main Google ADS, jika mencoba pakai jasa SEO, Iklan baris, konten review yang semua merupakan ekosistem ads google maka harga sangat cocok untuk sekala bisnis UKM.

  • Note Iklan Online Google

Iklan Google Tidak secepat Iklan sosial media dalam respon, namun lebih soft pelan namun ingat hanya orang2 terpilih yg sudah siap beli yang menghubungi jadi CS tidak capek kena PHP, ya walaupun ada sekitra 10-15% yg TTOTT.

  • Kegunaan Iklan Online Google

Secara teknis & sistem iklan google paling lengkap bisa untuk tujuan konversi penjualan produk & jasa atau hanya untuk membangun nama brand bisnis.

 

Efektifitas Iklan di Sosial media

Kadang kita melihat info di facebook, atau Intagram dapatkan jutaan rupiah hanya dr promo IG / Facebook Ads, Endorse IG, dll — namun kenyataan tidak semua bisa berjalan mulus, hanya ada 1-2 dari 10 orang yg merasakan manisnya lainya ZONK…!

Iklan di Facebook, Instagram sama saja orang datang ke sosial media mau narsis, atau showoff – eh malah ditawarkan iklan ya jelas pasti tingkat konversinya kecil , lagi gak butuh ditawari.

Karakter jenis iklan di sosial media itu cukup murah mulai promosi langsung atau pakai jasa influinser / endoerse IG dimana respon sangat tinggi.

Mulai hari pertama posting iklan sudah ada yang tanya2 namun tingkat konversi sangat rendah 10% closing sedangkan 90% tidak jelas dimana CS hanya akan lelah di telelpon – chat orang yang TTOTT (tanya2 doang namun tidak pernah beli) / PHP.

  • Manfaat Prioritas Iklan Sosmed

Iklan jenis sosial media bagus jika digunakan untuk membangun brand bisnis kususnya sekala UKM /perusahaan sedangkan untuk langsung target konversi penjualan akan sangat sulit.

  • Iklan Sosial media kurang bagus Cendrung Tidak menguntungkan

karena algortima sistem iklan sosial media bukan berdasarkan keyword namun lebih ke target analsa audien yang akurasi sangat lemah, walalau kadang di claim oleh mentor FB ads / IG ads bagus tp ya Gitu lah..

  • Biaya Iklan Sosial media lebih murah

Ok, secara hitungan awal / per klik / per view atau lainya iklan sosial media kelihatan murah bahkan ada yang < Rp 1 rb namun kalau hanya dapat Boncos ya sama rugi donk.

 

Penutup

UKM yang memiliki budget iklan minim sangat disarankan untuk iklan Online Google sehingga lebih menguntungkan & bisa berkembang lebih cepat, sedangkan perusahaan yg ingin membangun BRAND bisa ya cuap2 Ads di sosial media.

Semua isi konten berdasakan pengalaman tim Ads #SEOsatu, tanpa ada tendensi promosi, kita sampaikan secara subyektif berdasarkan efek martket selama beriklan.

Editor: | Update: Oktober 23, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *