Masalah: Timbul Suara Krek-krek Mesin Mobil Honda

Terdengar suara mesin kasar bunyi krek,, krek sekitar 1 menit (mesin dingin) pada pagi hari, Gas spontan & akselerasi di Tanjakan.

Kasus bunyi honda jazz GK5 2015 (manual), Umur mobil yang sudah masuk tahun ke-2 / 5 mulai ada gejala pada mesin, khususnya dipagi hari saat mesin di nyalakan / hidupkan buyi krek krek…

Masalah yang sering muncul suara kasar & keras hampir mirip (nglitik : tik2) atau mendesis (berdecit) atau suara krek, krek berlangsung 1-2 menit pada kondisi mesin dingin (pagi hari), suara akan hilang sampai mesin cukup panas & siap jalan.

Kasus Bunyi suara krek-krek untuk mobil: Honda brio, Honda Jazz, Honda Mobilo, Honda Crv & toyota Avanza / xenia

 

Suara kasar mesin mobil pagi hari

Untuk pendeksi suara mesin dipagi hari akan kita bedakan:

  1. Bunyi berdesis / berdecit, ini biasanya karet van-belt sudah aus, kendor, kotor, kamu bisa bersihkan dengan cairan khusus (v-belt) atau kencangkan, jika masih bunyi sebaiknya ganti baru saja – masalah selesai.
  2. Suara Kasar ngelitik, solusi nya bersihkan ruang pembakan dengan cara tuneup + karbon cleaner (gurah mesin)
  3. Suara krek, krek – ini masih menjadi analisa mekanik khususnya honda, karena yang sering mengalami mobil honda Jazz & brio.
  4. Bunyi suara tek, tek – hilang sendiri setelah 1-2-5 menit, maka ini masih wajar karena oli belum naik, indikasi masalah awal biasanya dari: timming chain yang sudah mulai aus atau bisa dari stelan klep yang kurang pas.
READ :  Solusi Masalah Matic A/T Mobil Jedug, Ngelos

 

Suara krek-krek saat jalan tanjakan & Gas akselerasi

Timbul suara krek-krek saat jalan tanjakan gas tanggung atau akselesari gas cepat bunyi akan hilang setelah gas di lepas, tidak ada efek samping pada tenanga & komsumsi BBM semua normal dan hanya bunyi yng menggangu.

 

Indikasi bunyian krek krek kolong mesin mobil

Contoh kasus untuk honda jazz & brio, dahulu pernah dibuat ceper sehingga kadang bawah mesin gasrok aspal.

 

Jawaban Teknisi Honda: Suara krek-krek

Jawaban Asli: Tunas jaya motor honda magelang (mekanik), ini suara dari luar mesin saat mobil berhenti dan gas di injak maka suara tidak ada,

setelah cek kondisi kolong mesin bawah ada plat besi pelindung As roda depan yang pecat / patah sehingga menimbulkan gesekan bunyi krek2.

Penyebab Pecah karena hasruk aspal / benturan dengan benda keras lainya di jalan, sehingga harus dilepas / atau ganti baru.

Kondisi ini berlaku untuk semua merk mobil: honda, toyota, daihatsu, mitsubishi, dll.

  • Hasil Perbaikan:

__Ok, terimaksih, semoga konten ini bisa menjadi jembatan atas bunyi, suara mobil kasar dipagi hari, pada waktu jalan tanjakan., akselerasi gas & turunan. semua sudah normal bunyi 100% hilang.


Updated: September 28, 2023