Manfaat Yougurt: Ibu Hamil, Wajah, Kecantikan & Anak

manfaat yogurt
27 Shares

Memahami Fungsi, Khasiat yang Terkandung di dalam Susu Yogurt bagi Wanita : Ibu Hamil, Kesehatan, Wajah / Kecantikan, Diet Maupun Anak-anak.

Kesehatan merupakan suatu kenikmatan dari tuhan yang paling diharapkan dalam hidup. Dengan raga yang kuat, kita dapat lebih mudah menjalankan aktivitas sehari-hari.

Cara membantu menjaga kesehatan tubuh adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi, mengatur pola pikir dan istirahat yang cukup.

Bicara mengenai makanan yang bergizi ternyata Yogurt mempunyai kandungan vitamin luar biasa yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Apa saja kandungannya ?

 

Kandungan Dalam Yogurt

Yogurt adalah olahan susu sapi yang dibuat melalui fermentasi bakteri baik (Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcusb). Kandungan nutrisi yogurt adalah sebagai berikut :

1. Protein

Beberapa produk olahan yogurt ternyata sudah terbukti mengandung banyak protein. Diantaranya adalah casein dan whey.

  • Whey digunakan untuk membantu pertumbuhan otot karena mengandung cukup banyak BCAA. BCAA (branched-chain amino acid) adalah suplemen yang mengandung tiga asam amino esensial, yaitu leusin, isoleusin, dan valin
  • Casein juga bermanfaat untuk otot, tapi fungsi utamanya dalam membantu penyerapan beberapa mineral yang bermanfaat termasuk untuk menurunkan tekanan darah secara berkala.

2. Lemak

Meskipun kandungan lemak di dalam yogurt ini tidak terlalu banyak, namun cukup untuk pembentukan energi tanpa membuat kita mengalami surplus kalori.

3. Karbohidrat

Karbohidrat juga merupakan salah satu nutrisi penting untuk ibu hamil. Selama proses pencernaan berlangsung, sumber karbohidrat akan dipecah menjadi gula, untuk kemudian diserap oleh saluran cerna dan masuk ke aliran darah.

Gula ini yang dikenal sebagai gula darah (glukosa). Dibantu insulin, gula dalam darah akan memasuki sel tubuh. Jika terdapat glukosa berlebih, maka akan disimpan dalam otot dan hati dalam bentuk glikogen. Bila benar-benar tidak terpakai, maka glukosa diubah menjadi lemak.

4. Vitamin dan Mineral

Ternyata yogurt juga mengandung vitamin B12, Fosfor dan Kalsium yang digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu juga dapat mencegah pengeroposan seperti osteoporosis.

5. Asam Laknat

Seperti yang kita tahu, bakteri asam laktat berpotensi memberikan dampak positif bagi kesehatan dan nutrisi manusia, beberapa di antaranya adalah meningkatkan nilai nutrisi makanan, mengontrol infeksi pada usus, meningkatkan digesti (pencernaan) laktosa, mengendalikan beberapa tipe kanker, dan mengendalikan tingkat serum kolesterol dalam darah.

6. Probiotik (Bakteri Baik)

Beberapa probiotik yang terkandung / berasal dari pengolahan yogurt adalah Bakteri Aerococcus, Bifidobacterium, Carnobacterium, Enterococcus, Lactobacillus, Lactococcus, Leuconostoc, Oenococcus, Pediococcus, Streptococcus, Tetragenococcus, Vagococcus, dan Weissella. ( sumber : wikipedia )

7. Zink

Zinc adalah mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Zinc banyak terdapat pada daging sapi, daging ayam, dan kacang-kacangan.

Zinc bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, membantu sintesis DNA, serta berperan penting dalam tumbuh kembang anak.

 

Manfaat Yogurt Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu-ibu di rumah yang sedang hamil pasti bertanya tanya nih mengenai makanan yang yang di anjurkan dan dilarang. Amankah mengkonsumsi yogurt pada saat hamil ? Jenis yogurt apa saja yang dilarang ? temukan jawabannya di bawah ini.

Berikut beberapa manfaat yogurt bagi wanita hamil yang perlu di ketahui supaya tidak salah paham lagi.

  1. Kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi.
  2. Protein & Vit. D untuk perkembangan tulang bayi
  3. Melancarkan BAB dan menyehatkan pencernaan
  4. Dapat membatu / mempercepat perkembangan saraf bayi

Ternyata mengkonsumsi susu yogurt pada saat hamil adalah hal yang di anjurkan oleh dokter dan aman, terutama pada trimester kedua (usia kandungan 14 – 27 minggu).

Jenis susu yogurt yang di larang pada saat hamil adalah yogurt yang belum mengalami proses Pasteurisasi dan jenis yogurt lemak tinggi (full-fat) – baca komposisi sebelum konsumsi.

Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir dan suatu proses untuk memperlambatkan pertumbuhan mikroba pada makanan.

 

Manfaat Yogurt Untuk Wajah / Kecantikan

Ternyata yogurt juga bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah wanita, diantaranya sebagai berikut :

1. Melembabkan dan Menghaluskan Kulit

Kandungan lactic acid dan natural alpha hydroxy acid di dalamnya membantu untuk melembabkan kulit kering dan menghaluskan kulit.

2. Mencerahkan dan Meratakan Warna Kulit

Kandungan asam laknat dalam yogurt dipercaya bisa mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit baru muncul dan tampak lebih cerah dari sebelumnya.

3. Melawan Jerawat, Menyamarkan Garis Halus dan Bintik Hitam

Kandungan probiotik, vitamin seperti B5 dan B12 di dalam yogurt juga dapat memperlambat penuaan seperti menyamarkan garis halus dan bintik hitam.

Selain itu banyak riset yang membuktikan bahwa memakai masker wajah yang berasal dari yogurt juga dapat mengangkat komedo, minyak – dapat menyebabkan jerawat.

Oleskan yogurt pada bagian kulit / wajah, diamkan 10 – 15 menit kemudian bilas dengan air hangat

 

Yogurt adalah Makanan Untuk Diet

Yoghurt adalah salah satu jenis makanan probiotik dan dikenal baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Namun, tidak semua kandungan produk yoghurt di pasaran menyehatkan dan efektif untuk diet.

Beberapa di antaranya justru mengandung pemanis buatan dan kadar gula tinggi yang tidak baik bagi tubuh.

Berikut beberapa tips mendapatkan yoghurt dengan kualitas yang baik dan efektif untuk program diet Anda, caranya:

  1. Periksa kemasan produk yoghurt sebelum membelinya untuk mengetahui kandungan nutrisi dan tanggal kadaluarsa produk.
  2. Disarankan memilih produk yoghurt tanpa gula dan pemanis buatan. Gula dapat terdaftar dengan nama lain seperti sukrosa, sirup jagung fruktosa tinggi, jus buah, gula tebu, dan nektar agave.
  3. Pilihlah produk yoghurt rendah lemak atau tanpa lemak.
  4. Pastikan yoghurt yang Anda beli merupakan yoghurt yang menyehatkan, yakni yang kandungan proteinnya lebih tinggi daripada kandungan gula di dalamnya.
  5. Pastikan produk yoghurt yang Anda beli mengandung kalsium, vitamin D, serta bakteri hidup dan aktif, seperti probiotik, dengan jumlah yang mencukupi. Idealnya, yoghurt mengandung vitamin D sebagai bagian penting dari kebutuhan kalsium harian Anda. Kandungan vitamin D akan tertulis dalam bentuk persentase (% DV) pada label kemasan yoghurt.
  6. Untuk mendapatkan rasa manis, Anda bisa menyajikan yoghurt dengan potongan buah.
  7. Anda juga bisa menyajikan yoghurt dengan taburan flaxseed yang mengandung serat dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh.
  8. Hindari mengkonsumsi yoghurt dengan rasa buah atau potongan buah di dalamnya, karena umumnya produk tersebut mengandung kadar gula yang tinggi.

 

Khasiat Yogurt Untuk Anak-anak

Tidak hanya anak-anak, bahkan bayi usia 6-8 bulan pun bisa mengkonsumsi yogurt. Berikut manfaatnya :

  1. Membantu memperkuat sistem imunitas /  kekebalan tubuh anak
  2. Membantu mencegah masalah pencernaan seperti diare, sembelit dll
  3. Membantu meningkatkan kesehatan / pertumbuhan tulang dan gigi
  4. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi
  5. Menjaga berat badan anak tetap ideal

Waow ternyata yogurt bisa bermanfaat bagi siapa saja ya.. mulai dari bayi, anak-anak, ibu hamil bahkan lansia.

 

Mengkonsumsi yogurt di sarankan pagi hari, baik untuk ibu hamil maupun anak-anak.Click To Tweet

 

Kesimpulan

Itulah tadi kandungan dan manfaat yang terdapat di dalam yogurt, makanan ringan dengan berbagai khasiat yang diperlukan oleh tubuh.

Bagi yang sedang menjalankan diet, yogurt bisa menjadi pilihan utama. Bagi ibu hamil yogurt bisa membatu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi calon bayi. Bagi anak-anak yogurt bisa meningkatkan imunitas dan menambah kecerdasan. Untuk kecantikan (kulit & wajah) yogurt juga bisa di jadikan masker.

 

Disklaimer

Meskipun yogurt memiliki berbagai manfaat yang telah kami jelaskan di atas, bukan berarti anda bisa mengkunsumsinya dalam jumlah banyak dalam sehari.

Selain itu, baca komposisi juga penting. Jangan di konsumsi apabila tidak ada BPOM resmi, belum mengalami proses Pasteurisasi, mengandung gula tambahan dan jenis yogurt dengan lemak tinggi (full fat)

Editor: | Update: Maret 25, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *