7 cara, tips pola hidup hemat & bisa kaya

33 Shares

Bagaiman cara menerapkan pola hidup yang hemat dan bisa menjadi kaya / bebas masalah finansial

Cara hemat dalam keseharian ini merupakan hasil praktek langsung admin dalam kehidupan dimana masih terus belajar menjadi lebih baik, semua orang pasti ingin keuangan sehat & bagus makanya tips hemat ini sangat cocok untuk semua orang.

Memiliki kebiasaan berhemat sebagai salah satu bentuk pengendalian diri. Selain itu kebiasaan berhemat juga memiliki manfaat lain bagi Anda sendiri seperti memiliki dana cadangan diwaktu sangat dibutuhkan.

 

7 cara untuk hidup hemat yang bisa menjadikan kaya

Hemat tidak sama dengan pelit / medit, namun lebih mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan2 yang bersifat bukan primer.

1. Utamakan kebutuahan dari pada keinginan

Prioritas kebutuhan & fungsional menjadi penting dalam menjalanka pola hidup hemat, karena sifat manusia selalu ingin lebih & lebih maka pengendalian diri serta sadar akan priortitas kebutuhan.

Contoh:

Bpk. budi membutuhkan mobil untuk moda transportasi bisnis, kerja & keperluan keluarga, pada waktu itu memiliki uang 200 juta, maka membeli mobil bekas / baru yang harga 100-150 jt menjadi pilihan hemat terbaik. masih punya uang cadangan 50-100 juta untuk biaya perawatan mobil selama 1-2 tahun, atau ntuk keperluan lainya.

INFO: tips beli mobil itu yang penting mobil masih nyaman dipakai bersama keluarga, hemat bbm, sparepart murah. jika lokasi kota bisa beli city car atau lebih baik MPV, utamakan fungsional & bukan gengsi.

Eh… kok jadi ngomongin mobil ya,,, ya itu sebagai contoh saja dimana prioritas kebutuhan menjadi no.1

 

2. Pengeluaran lebih kecil dari pada pendapatan

Lebih besar pasak dari pada tiang, ini kata orang tua dulu, jadi kalau mau hidup / pola hemat harus jauh2 menghindar dari 1 ini. pendapatan 5 juta / bulan, maka maksimal pengeluaran bualanan tidak lebih dari 20-35%. ya kira: rp 1-2 juta sehingga masih punya tabungan 3 juta / bulan (jaga2 untuk biaya sakit, keperluan mendadak, bantu ortu, dll)

Penting:

Jangan maksakan diri beli segala sesuatu dengan hutang + cicil, akhirnya setiap bulan harus bayar cicilan – ini akan menambah biaya bulanan semakin besar & susuah untuk menabung.

 

3. Menjaga kesehahatan & olahraga

Tubuh yang sehat akan berdampak keuangan yang aman dan stabil, dimana jika sakit maka harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. jadi menjaga kesehatan / olahraga menjadi pencegahan pemborosan diawal, tidak bisa dipungkiri semua manusia akan mengalami sakit, tp tenang dengan 2 point di atas kita masih punya uang simpanan kan jadi aman.

 

4. Kurangi jajan diluar

Penyakit suka jajan / makan diluar ke resto, kedai mahal akan menjadikan boros pengeluaran yang jika dihitung super mantap.

boleh sesekali dalam 1 bulan makan diluar besama keluarga / karyawan untuk sarana membangun silaturahmi karena sudah sebulan bekerja full.

Lebih baik bawa bekal dari rumah atau kalau terpaksa bisa beli jajan diluar yang murah2 saja di pigggir jalan yang penting bersih dan sehat + hahal, iseng2 bantu lariskan orang kecil jualan.

 

5. Pola hidup sederhana

berpenghasilan 10-30 juta ke atas setiap bulannya, hal itu tak akan menjamin selalu menjadi orang kaya. Orang yang dianggap kaya bisa menjadi kaya karena ketekunannya dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah lewat kerja keras mereka & mengalokasikan secara benar & bijak.

Menjaga pendapatan dengan selektif dalam membuat pengeluaran. Pola hidup sederhana adalah cara yang paling ampuh dalam mempertahankan kekayaan sekaligus menjadi pola hidup terbaik yang paling cocok dengan sikap hidup hemat.

Arti sederhana disini untuk kebutuhan primer / sekunder, dimana jika masih ada plan B yang lebih ekonomis & aman maka tidak perlu masuk plan A yang mahal.

Contoh:

Bu. Ani ingin beli HP android, untuk keperluan konektifitas bekerja, keluarga & sosial media maka cukup beli hp yang harga 1-2 juta merk ******* jadi pada beli iphone harga 15 juta namun memiliki fitur & manfaat yang sama.

sample diatas merupakan penerapan pola hidup sederhana, sangat mudah dan simple kan asalkan jangan tonjolkan gengsi pasti bisa sederhana.

 

6. Disiplin dalam menabung

Kebiasaan disiplin dalam menabung merupakan sikap yang bersifat semi wajib dalam mewujudkan pola hidup hemat. menyisihkan sebagian penghasilan untuk periode yang sudah Anda tetapkan sendiri.

kalau bisa 50-70 persen dari pendapatan bulanan bisa dialokasian untuk menabung bisa di bank, beli emas batangan ya intinya yang sifatnya liquid mudah dicairkan kapan saja.

 

7. Perbanyak sedekah & membantu sesama

Pada point 7 disarankan untuk menabung 50-70 persen, maka itu bisa dikurangi 10-20% untuk digunakan media amal jariah berupa : sedekah infaq, bantu orang tua, tetangga atau siapun yang dirasa membutuhkan.

Ingat janji tuhan itu pasti, siapa yang rajin memberikan kebaikan / sedekah maka akan di ganti berlipat2, bisa jadi kaya, selamat dari musibah, sehat, panjang umur dan keluarga yang harmonis + lainya (tidak semua dinilai dari materi balasan tuhan).

 

Penutup

___OK. semoga tips, cara singkat pola hidup hemat & sederhana ini bisa bemanfaat dan menjadi kebiasan keseharian anda. Jika ada pertanyaan bisa komen dibawah, jika konten ini dirasa berguna jangan sungkan untuk share ke sosial media. Thank.

Editor: | Update: Maret 25, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *