Masalah Oli rembes / bocor mesin mobil Bawah (Seal Kruk As)

15 Shares

Penyebab & Mengatasi Oli Rembes Dari Bagian Tengah Blok Mesin

BOCOR, REMBES, NETES :: oli mesin yang terlihat merembes / bocor dari bagian kolong bawah, posisi tengah mesin mobil, tepatnya pada sambungan mesin antara blok mesin dengan bak transmisi manual atau matic.

Masalah ini bisanya terjadi pada mobil yang cukup umur 2-5 tahun untuk pabrikan & merk: Toyota avanza, daihatsu xenia, kijang innova, honda brio, honda jazz, daihatsu ayla, terios & rush, dll.

 

Penyabab oli rembes blok mesin

  1. seal crankshaft / kruk as sudah bocor atau sobek bagian belakang
  2. Usia & kondisi seal kruk as sudah getas / keras sehingga bocor
  3. Termakan usia, karena karet akan bocor 2-5 tahun pemakain

 

Solusi & perbaikan Rembes Oli mesin

Cara terbaik ganti karet / kruk as dengan yang baru, harga cukup murah 140 – 200 rb / 1 pcs + biaya jasa bongkar & pasang 500-700rb (tergantung kebijakan & harga bengkel)

Buka ban, Turunkan sebagian mesin karena lokasi seal kruk As berada dibelakang roda gila, jadi kadang harus turunkan kopling, transmisi & bagian masin lainya.

 

Proses pengerjaan Ganti Seal Kruk AS

Pergantian membutuhakn waktu 1-2 hari, karena harus turunkan sedikit / sebagian mesin & ini harus dikerjakan oleh ahli teknisi mekanik profesional.

Jika dimaksimalkan maka proses pengerjaan bongkar + pasang bisa 1 hari saja.

Rekomendasi:

Karena harus bongkar mesin, sangat disarankan untuk bawa mobil di bengkel resmi sehingga mendapatkan part yang original & dikerjakan oleh mekanik handal

Jangan coba2 dengan part murahan karena akan cepat rusak, dan bocor kembali, alhasil biaya  jadi malah karena harus bongkar mesin kembali.

 

Efek & Bahaya mesin mobil rembes / bocor

Untuk kasus mesin rembes diatas dikarenakan yang keluar adalah oli mesin maka masih dalam kondisi aman & harus di check secara berkala min. 7 hari sekali. pastikan jumlah volume oli masih dalam ukuran maksimal.

Mesin mobil bagian luar akan mudah kotor karena terkena debu dan mudah menepel, dan lantai bagasi akan licin / kotor karena tetesan oli.

Performa mesin & tarikan mobil sangat aman & tidak ada efek bahaya lainya kecuali jika oli mesin sampai habis maka akan fatal (over head / rusak part mesin).

Jika oli berkurang segera tambah dengan oli mesin baru, sangat dianjurkan jika sudah ada budget dana & waktu segera diperbaiki di bengkel resmi.

Editor: | Update: Maret 24, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *