Kredit Pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) < 300 Jt

Butuh modal, data besar silahkan gunakan fasiltas kredit pinjaman bank KTA / kredit tanpa jaminan

Membutuhakn pinjaman dana uang dalam jumlah besar untuk keperluan pridari seperi: kpr rumah, beli kendaraan bermotor, renovasi rumah, biaya nikah, dll.

Kamu bisa ajukan kredit pinjaman di bank dengan jenis yang sesuai keperluan dan kebutuhan, saat ini ada KTA pinjaman bank yang bisa digunakan.

Hampir semua lembaga bank dan finance di indonesia memiliki model dan jenis kredit pinjaman / hutang dengan bunga dan cicilan panjang.

 

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA adalah Produk pinjaman / hutang yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut.

Bank hanya mengambil keputusan pemberian kredit berdasarkan pada riwayat kredit dari pemohon kredit secara pribadi sebelum nya biasanya lewat BI Checking atau cara lainya.

Riwayat kredit bagus di kartu kredit, kredit motor, kredit mobil atau KPR. Dalam penggunaannya, ada beberapa manfaat yang sering dimanfaatkan dari KTA.

Besaran platfom pinjaman KTA sangat terbatas karena tidak ada agunan / jaminan sehingga sangat cocok untuk kamu yang butuh uang cepat dalam jumlah sedikit < 300 jt.

 

Syarat Pengajuan Kredit KTA

Dokumen/Jenis Pekerjaan Karyawan Wirausaha Profesional
Fotokopi KTP/KITAS      
Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT)      
Fotokopi Kartu Kredit      
Fotokopi Rekening Tabungan (3 bln terakhir)      
Fotokopi Surat Izin Profesi      
NPWP      
Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP      

 

Keunggulan pinjaman KTA

  1. Penggunaan pinjaman disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Suku bunga tetap (selama masa kontrak kredit).
  3. Periode cicilan kredit disesuaikan dari 12 bulan – 60 bulan.
  4. Mendapatkan perlindungan asuransi (KTA dari bank tertentu)
  5. Limit pinjaman yang cukup besar, hingga Rp 300 juta.

 

Lama waktu Pengajuan KTA

Proses pengajuan KTA bisa cair, secara umum memakan waktu minimal 3-5 hari kerja dan maksimal 14-21 hari kerja jika data-data dan persyaratan yang diperlukan sudah dilengkapi.

Survey hanya dilakukan bagi pemohon kredit yang memiliki tempat usaha (wiraswasta / profesional) saja. Untuk karyawan, pihak bank tidak akan melakukan survey.

 

Simulasi Hitung cicilan Pinjaman / Hutang

pinjaman KTA sebesar Rp24.000.000 dengan bunga yang dikenakan sebesar 12% setiap tahun. Tenor melunasinya dalam waktu 24 bulan.

Cicilan Pokok per Bulan:
(Pinjaman pokok: Tenor)
= Rp24.000.000: 24 bulan< br> = 1.000.000/bulan

Bunga Pinjaman per Bulan:
(Pinjaman pokok x bunga: 12 bulan)
= Rp24.000.000 x 12%: 12 bulan
= Rp240.000

Cicilan Tetap per Bulan:
(Cicilan pokok + Bunga pinjaman)
= Rp1.000.000 + Rp240.000 br> = Rp1.240.000

Kesimpulannya: ketika mendapatkan pinjaman KTA sebesar Rp24 juta dengan jangka waktu pinjaman selama 24 bulan dan bunga sebesar 12%, total beban cicilan sebesar Rp1.240.000 setiap bulan.

 

Biaya adminstrasi hutang KTA

Biaya Provisi:
Provisi adalah biaya balas jasa ke bank karena disetujuinya pinjaman. Ada yang bilang biaya provisi ini hampir sama juga dengan biaya administrasi.

Biaya provisi dikenakan sebanyak satu kali di awal proses pengambilan kredit dengan memotong langsung dari dana pinjaman yang dicairkan bank.

Besaran biaya provisi untuk KTA tergantung masing-masing bank. Biasanya sekitar 1 – 3,5% dari total kredit yang didapatkan.

Biaya di Muka:
Yang dimaksud biaya di muka ini adalah biaya yang harus dibayarkan di luar cicilan. Jumlahnya tergantung pihak bank. Untuk KTA, biaya yang dibayar di muka adalah antara 1.5 – 5% dari total pinjaman.

Biaya Bunga:
Pihak bank seperti biasa akan menetapkan bunga pada kredit yang Anda minta. Besaran bunganya berbeda-beda, tergantung bank yang mengeluarkan kredit tersebut.

Bunga yang dikenakan oleh KTA cukup tinggi yaitu antara 10 – 23% per tahunnya. Tingginya bunga KTA ini dikarenakan KTA tidak meminta jaminan aset atau apapun dari pihak penerima kredit, sehingga risiko kerugian bank lebih besar.

Biaya Penalti:
Biaya penalti adalah biaya yang dikenakan bank bila pelunasan KTA atau KMG dipercepat sesuai dengan ketentuan masing-masing bank. Untuk KTA, biaya penalti ini mencapai 5 – 6% dari sisa tagihan KTA Anda.

Biaya Materai:
Beberapa bank meminta pihak pengambil kredit untuk membayar materai dan itu berlaku untuk KTA dan KMG juga. Namun ada juga bank yang murah hati dan membayarkan biaya materai, terutama untuk kredit jenis KMG.

Biaya Asuransi:
KTA atau KMG menerapkan asuransi jiwa yang akan melindungi pihak penerima kredit. Bukan apa-apa secara tenornya cukup lama, ditambah jumlah pinjaman yang besar membuat bank tidak mau mengambil risiko bila yang menerima kredit meninggal dunia.

Asuransi yang dipilih juga berdasarkan penunjukkan bank, bukan pilihan Anda yang akan diasuransikan

.

Tabel Angsuran KTA

Data sample KTA loan bank BCA:

Note: tabel dan simulasi kredit bisa Anda cek melalui masing-masing halaman bank atau institusi non bank yang Anda ingin ajukan.

 

Ajukan KTA Online

Saat ini kamu bisa apply / ajukan pinjaman kredit KTA secara online khusus wilayah jabodetabek lewat web: https://www.cermati.com/pinjaman-kilat

Sedangkan kota lainya di indonesia bisa langsung datang ke kantor bank terdekat seperti: BCA, BRI, BNI, Mandiri, dll.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *