Jual Mobil Bekas Sulit = Tidak Gampang BRO..!!

17 Shares

BRO… Tidak Gampang Jual Mobil Bekas, Sudah Iklan Online / Offline tetap Belum terjual – Laku — Ya ini masalahnya.

Kenapa jual mobil bekas itu sulit banget / tidak mudah (ora gambang kang) ??? – Kadang kita ingin menjual mobil bekas namun tidak laku2 padahal sudah iklan sana sini, ya sama saja hasilnya masih nihil, apalagi kalau perorangan yang jual pasti akan lebih lama untuk terjual.

Jika ingin jual ke user / pengguna maka perlu sabar extra, dimana kondisi mobil harus bersih, interior wangi, body cat bagus dan semua fitur2 normal + mesin OK = dapatkan harga terbaik.

Tapi kalau mau jual cepat dan murah ya bisa saja kamu jaul rugi saja ke showroom,!

 

Alasan jual mobil

Alasan utama jual mobil ada 2:

  • Butuh dana cepat cukup besar sehingga harus jual aset mobil
  • Ingin ganti mobil sehingga mobil lama dijual

Kenapa tidak tukar tambah saja, tukar tambah mobil bukan perkara mudah, jika salah maka akan rugi besar, jika butuh dana uang maka tukar tambah bukan solusi terbaik.

 

5 Penyebab mobil bekas sulit dijual

Tidak semua merk dan jenis mobil bisa dijual secara mudah dan cepat baik secara offline atau online, berikut alasan dan penyebab mobil bekas tidak kunjung terjual

1. Harga Jual mobil bekas Terlalu Tinggi

Fonomena penjual mobil bekas saat ini masih salah dalam urusan harga jual dimana kebanyakan masih terpaku pada harga pasaran padahal mobil bekas itu lebih baik dengan harga minimal dibawah harga pasaran bekas.

Kesalahan dilakukan oleh showroom mobil yang ingin untung besar, alhasil mobil tidak cepat laku, atau pemilik mobil pribadi yang menjual mobil sama / diatas harga pasaran.

Pastikan check harga pasaran secara online / offline, jika ingin lebih laku turunkan harga 7-15 % dari harga pasaran maka pembeli akan lebih tertarik untuk beli.

 

2. Merk Mobil Tidak Familiar di Indonesia

Awas dan hati2 utuk membeli mobil di indonesia karena masyarakat indonesia masih sangat fanatik dengan brand dan merk, saat ini hanya di brand besar jepang dan eropa.

Kalau memaksa beli mobil bran dari cina, atau negara lainya yang tidak terkenal maka sudah pasti akan sulit untuk dijual kembali.

Pastikan mobil bekas memiliki bran merk:

  1. Toyota
  2. Dayhatsu
  3. Honda
  4. Mitsubishi
  5. Isuzu
  6. BMW

Ya setidaknya ada 6 merk pabrikan japang dan eropa yang lebih mudah dijual dalam mobil kondisi bekas.

 

3. Tahun Mobil Bekas >10 Tahun

Mobil bekas yang sudah tua atau lebih > 10 tahun akan sulit dijual karena sudah tertinggal model, teknologi, dan sparepart akan sulit didapatkan.

Pembeli pasti akan menghindari beli mobil tua karena akan rentan rusak baik dari mesin, atau body mobil sehingga mobil yang lebih laku dijual 5-7 tahun.

Jika memaksa beli mobil tua maka perlu persiapan dana cukup > 30% – 50% untuk biaya perbaikan di bengkel dan membeli sparepart baru.

Note: Pengecualian untuk penghobi mobil klasik semakin tua mobil maka akan semakin dicari dan harga nya mahal.

 

4. Mobil Bekas Modifikasi

Trend modifikasi mobil masih tinggi di indonesia khususnya di perkotaan dan dilakukan oleh anak muda, mobil akan terlihat gaul namun ini akan menjadi bencana jika akan dijadikan aset di jual secara bekas.

Pembeli dealer /showroom mobil bekas kadang menolak untuk membeli mobil bekas (sudah tidak standar / orisinil) sudah dimodifikasi baik dari body kit atau mesin, jika terpaksa maka harga jual akan jatuh sakit.

Mobil ingin dijadikan asset maka buang jauh2 memodifikasi perlu berfikir 7x dengan akibatnya selain dijual sulit & harga jual terjun bebas.

 

5. Surat2 kendaraan tidak lengkap / Mati

Mobil bekas akan sulit dijual jika bermasalah dengan dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB. Pastikan pajak masih hidup dan panjang dan BPKB Asli Ada.

Jika mobil perusahaan ada surat Hak Kuasa untuk jual beli nya, mobil bodong hanya STNK saja pasti akan sulit dijual walaupun harga tidak wajar dibawah pasaran, karena akan berurusan dengan hukum indonesia.

 

Penutup

Jenis mobil kadang sulit dijual karena minat pembeli menurun, brand tidak terkenal, kualitas mobil tidak bagus seperti tidak nyaman dikendarai atau boros BBM.

Mobil jenis MPV, SUV dan City Car cukup mudah untuk dijual sedangkan jenis mobil sport car, niaga, truk, big bus ini sedikit sulit dijual bekas karena segmen pasar yang kecil.

Tips:

  • Berdoa kepada tuhan ini wajib dan penting , supaya diberi pembeli dengan harga terbaik dan proses mudah.
  • Perbaiki kerusakan mobil mulai dari body interior dan exterior + mesin dengan sparepart original sehingga mobil siap jalan lulus saat Test Drive — ini akan menjadikan mobil lebih cepat terjual dan laku.


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *