Telegram Adalah Aplikasi Chatting layaknya Email

Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan (chatting) instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba.Klien Telegram tersedia untuk perangkat telepon seluler (Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch) dan sistem perangkat komputer (Windows, OS X, Linux).

Para pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, dan tipe berkas lainnya. Telegram juga menyediakan pengiriman pesan ujung ke ujung terenkripsi opsional, seperti layaknya Whatsapp namun telegram lebih bersifat prifat.

apa keunggulan telegram dibandingkan dengan whatsaap atau Aplikasi chating lainya, berikut kami akan ulas sedikit perbandingan telegram dengan Aplikasi chating yang lain untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Fleksibel

Keunggulan yang pertama adalah fleksibel. Artinya Anda bisa membuat fitur-fitur tambahan yang disertakan dalam aplikasi Telegram ini. Misalkan Anda ingin membuat polling. Anda bisa membuatnya tanpa sendiri dan menambahkan di Telegram Anda tanpa harus menunggu ada update fitur dari Developernya. Sehingga ini membuat Telegram menjadi lebih lebih fleksibel jika dibanding aplikasi sejenis seperti WhatsApp dan lainya.

Cloud-Based Message

Keunggulan kedua adalah pesan berbasis awan (cloud-based message). Artinya dengan Telegram Anda bisa berkomunikasi dengan siapapun (yang juga punya akun Telegram) tanpa batasan device/ gadget.

Anda juga bisa berbagi pesan dengan tipe apapun baik teks, foto, video, audio, atau tipe lainnya dengan ukuran file hingga 1.5 GB. Lebih keren lagi jika Anda pakai grop chat Anda bisa membuat group dengan kapasitas anggota hingga 5.000 orang Wow!.

Channel

Jika WhatsApp punya fitur Broadcast Message, maka Telegram juga punya fitur yang tidak kalah bagus, yaitu Channel. Broadcast Message dan Channel adalah bentuk komunikasi satu arah. Hanya saja penggunaan Channel ini jauh lebih mudah.

Tidak membebani memori

Keunggulan lain Telegram adalah tidak membebani memori. Jika di WhatsApp file yang Anda bagikan tersimpan dalam media penyimpanan, di Telegram file tersebut tersimpan selamanya pada server dan tidak akan terhapus atau hilang kecuali Anda menghapusnya dan ada bencana.

Lebih aman

Telegram menggunakan enkripsi jenis end-to-end. Biarpun fitur ini juga ada pada WhatsApp, tapi keamanan pada Telegram masih lebih aman karena menggunakan skema MTProto.

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi chatting lainnya, yaitu Secret Chat. Secret Chat adalah sebuah pesan yang secara otomatis akan menghapus sendiri, sehingga keamanan dan privasi pesan Anda sangat terjamin.

Sekiranya itulah Aplikasi Telegram dan beberapa fitur keunggulan yang  bisa kami sampaikan semoga bisa jadi bahan pertimbangan dan sedikit pengetahuan bagi yang belum menegtahuinya.

Editor: | Update: April 2, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *