Ini Dia Cara membangun Branding, Merek bisnis Online

20161024051141 Brand name
81 Shares

Panduan membangun Nama Brand / Merek Bisnis Usaha Online

Arti Brand sendiri adalah, Pemerekan (bahasa Inggris: branding) adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai macam cara dan strategi komunikasi sehingga tercipta makna dan perasaan khusus yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen.

Aktivitas pemerekan atau branding merupakan implementasi dari strategi komunikasi merek dan merupakan bagian dari proses pengembangan (nilai) merek. by: wikipedia

Membangun sebuah nama merek | branding bisnis [ Produk / jasa ] itu membutuhkan waktu cukup lama setidaknya 1 – 3 tahun, waktu 3 tahun adalah ideal untuk menilai sebuah produk / jasa yang ditawarkan kepada konsumen apakah bisa diterima { branding berhasil } atau mendapat penolakan = Perlu direvisi.

Note: Dalam proses penetrasi membangun branding perlu biaya, kreatifitas dan analisa pasar yang kuat.

 

Cara Bangun Branding bisnis Online

  • Membuat Logo bisnis – usaha anda [ harus unik ]
  • Nama domain & desain web harus Unik & User friendy
  • Bangun User lewat sosial media
  • Nama bisnis anda, usahakan yang singkat, enak dibaca dan mudah diingat
  • Nilai Plus pada bisnis, contoh jika kamu punya usaha Toko Roti produk pastikan telah memiliki ciri khas yang tidak ada pada toko roti lainya.
  • Kualitas produk, Ujung tombak sebuah nama Brand adalah pada kualitas
  • Pelayanan terbaik kepada konsumen | pelanggan, Point ini yang paling penting karena bisnis kamu akan selalu di ingat lewat hubungan langsung kepada konsumen.
  • Update | inovasi ke arah yang lebih baik.
  • Beriklan | Promosi, 2 cara: SEO Blog Organik & Berbayar Iklan.
    1. teknik promosi ini bisa kamu lakukan pada awal, namun tidak perlu di lanjutkan jika branding sudah tertanam pada setiap konsumen. karena secara tidak langsung brand bisnis adalah promosi itu sendiri.
    2. Namun tidak ada salahnya tetap promosikan untuk produk / layanan yang baru.

Ket: point diatas perlu dikembagkan secara spesifik bedasarkan jenis dan model bisnis masing2, sehingga menemukan formula yang tepat, disini admin sengaja membahas secara umum belum spesifik.

 

Manfaat Dari Brand, Merek yang Kuat

Efek dari nama branding yang kuat:

#1. Siapa yang gak kenal SmartPhone Pabrikan SAMSUNG, semua akan langsung berifikir samsung itu bagus, desain modern, casing OK, Kamera Mantap dll. (Bangga pakai brand samsung). Rajin beriklan di TV & media lainya.

#2. Smarphone IPhone jarang sekali beriklan di TV, atau media lainya, namun minat dan penjualan di Indonesia cukup baik khususnya untuk kalangan menengah – high. Kualitas GOOD dan Nilai UNIK sangat menojol dari semua sisi IPHONE. ini akan membuat user bangga walaupun harga diatas Rata2. (Kualitas + UX No.1)

#3. Vivo, Xiaomi, Merupakan Smartphone pabrikan CINA, Harga lebih miring dengan kualitas lebih Unggul katanya. kesan awal User langsung hela nafas, jika membeli untuk harga di atas 3 juta pasti lebih memilih samsung / iphone dong.

Ini berlaku untuk merk : Advance & evercoss.

Branding menjadi sangat kuat bahkan bisa memonopoli semua sisi, ini karena user sudah jatuh cinta dari awal penggunaan + mendapatkan sesuatu yang OK. (akan sulit untuk berpaling).

BRANDING secara umum adalah apa yang user katakan untuk brand kita + manfaat apa yang mereka dapatkan secara Full.Kualitas menjadi harga mati dalam membangun branding + Inoviasi yang berkelanjutan dengan UJI riset terverifikasi.

Note:

Data merek / brand diatas hanya sebagai contoh (ilustrasi) pemaparan Branding, tidak ada unsur lain.

Editor: | Update: Oktober 23, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *