Penyebab, Pencegahan dan Solusi Atasi Karat Baja Ringan

Karat atau korosi merupakan salah satu hal yang terjadi akibat kerusakan atau degradasi logam akibat adanya sebuah reaksi redoks antara logam dengan berbagai zat di lingkungannya sehingga akan dapat menghasilkan senyawa yang tidak dikehendaki.

Meskipun baja ringan sudah melakukan proses galvanisasi dan pelapisan galvalum, seiring berjalannya waktu sesuatu yang mengandung unsur logam akan mengalami karat.

Penyebab Karat Pada Baja Ringan

Hasil analisa membuktikan bahwa rumah yang menggunakan atap baja ringan dengan umur sekitar 30 – 35 tahun mengalami karat pada sambungan maupun kuda kuda baja ringan tersebut.

Setelah diteliti ternyata berikut penyebabnya:

1.Umur Bangunan

Tidak dapat di pungkiri waktu memang dapat memakan segalanya, buktinya hasil analisa di atas menunjukan bahwa baja ringan dapat mengalami karat ketika menginjak kepala 3.

2. Tergores Alat Kerja

Salah satu penyebab karat baja ringan adalah tergores alat kerja, goresan ini bisa dari bor, gunting dan sebagainya pada saat Menyambung Baja Ringan menggunakan baut/ sekrup

3. Letak Geografis

Bangunan dekat pantai yang menggunakan baja ringan lebih rentan terhadap karat, karna pada area ini kadar asam garam sangat tinggi dan bisa merusak lapisan galvanis dengan cepat hingga menyebabkan karat.

4. Terkena Cairan Semen

READ :  JASA SUMUR BOR JOGJA Murah & Cepat

Meskipun kemungkinannya sangat kecil untuk berkarat, cairan semen kabarnya memang dapat merusak lapisan baja ringan yang dapat menyebabkan karat.

 

Pencegahan Karat Baja Ringan

Salah satu hasil penelitian kami, aplikator (jasa pasang) atap baja ringan yang profesional akan meminimalisir 4 penyebab karat yang terjadi karena kesalahan atau kelalaian pekerja.

Baca : 7 Tips Memilih Aplikator Baja Ringan

Minta rekomendasi terbaik mengenai atap baja ringan yang akan anda pasang

Solusi Permasalahan

Sebelum memakai baja ringan, alangkah baiknya perhatikan langkah-langkah berikut

1. Gunakan Cat Pelapis

Rekomendasi kami gunakan cat pelapis khusus baja ringan, agar pada saat di cat tidak akan mengelupas jika sudah ditambahkan Cat dasar ini.

Produk dari Nippon Pain bernama V.120 ACTIVE PRIMER BASE dapat memudahkan pengecatan, tidak berbau dan cepat kering.

Perbandingan adukan cat dengan active primer = 1 : 10 (belum termasuk tiner)

2. Tambahkan Cat Khusus

Setelah dilapisi dengan cat di atas, gunakan Envi Cat Kayu & Besi yang berwarna Alumunium

 

Perbandingan cat dengan tiner = 1 : 5

  • Lebih cepat kering
  • Kental sehingga daya sebar lebih luas
  • Cocok dengan banyak pengencer / Thinner
  • Mudah dalam aplikasi

3. Pembongaran

Jika masih terjadi karat parah pada suatu titik segera lakukan pembongkaran atau bisa mengganti bagian baja ringan dengan yang baru.


Updated: February 18, 2020