7 Tempat Wisata Alam Wonosobo yang Hits saat ini.

 

7 Rekomendasi tempat wisata alam di wonosobo, Jawa Tengah yang lagi hits saat ini, yang akan membuat Anda terpesona dengan keindahannya.

Sebuah Kabupaten yang memiliki segudang panorama dan pesona alam yang sangat menakjubkan bagi siapa saja yang melihat langsung keindahan wisata alamnya. Wonosobo sendiri memiliki berbagai jenis objek wisata Alam yang hits dan instagramable, yang bisa kamu kunjungi jika sedang berlibur atau sedang berada di Wonosobo.

Wisata yang disuguhkan di Kabupaten Wonosobo ini luar biasa memanjakan mata Anda. Oleh sebab itu sangat penting sakali untuk kamu berwisata ke berbagai objek wisata Alam di Wonosobo terutama keluarga dan para instagramable.

Berikut ini kami ulas 7 Rekomendasi tempat wisata alam di wonosobo, yang lagi hits saat ini, beberapa belum banyak orang tahu, berikut dengan fasilitas, aksesjalan, dll .:

 

1. Bukit Sikunir

 

Wisata Alam yang lagi hits yang pertama yaitu Bukit Sikunir, Bukit Sikunir Dieng, atau Puncak Sikunir merupakan salah satu tujuan favorit yang ada di Wonosobo, khusus di Dataran Tinggi Dieng. Bukit sikunir ini berada di desa tertinggi di Pulau Jawa, yaitu Desa Sembungan yang memiliki ketinggian 2,306 mdpl.

Golden sunrise-nya selalu dinanti turis lokal maupun mancanegara. Lokasi terbaik menikmati golden sunrise adalah di Puncak Bukit Sikunir. Untuk mencapai puncak Bukit Sikunir, dari Sikunir Camping Ground tidak terlalu jauh. Hanya sekitar 30-45 menit saja. Kita bisa mulai pendakian mulai pukul 04.00 WIB.

Jangan lupa siapkan fisik yang baik, sebab setelah melewati pos 1, jalur akan cukup menantang. Dengan sudut kemiringan yang lumayan, dan penerangan hanya mengandalkan senter. Sesampainya di puncak, terbayar  lunas Saat menyaksikan Pemandangan eksotis di Puncak Sikunir. Nah, tertarik mencoba berkemah di Sikunir?

Lokasi: di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

  • Harga tiket Bukit sikunir: 10 rb – 15 rb / orang.
  • Jam buka: 02.00 – 18.00 WIB.
  • Fasilitas: tempat parkir luas, musholla, home stay, sewa tenda, toilet, kantin, gasebo, camping ground
  • Akses Jalan: motor & mobil (hanya sampai parkiran) 

 

2. Bukit Seroja

Wisata Alam yang lagi hits yang ke dua yaitu bukit seroja, Bukit Seroja menawarkan keindahan panorama alam yang mempesona. Lukisan hidup yang berlatar Telaga Menjer, Gunung Sindoro, dan Gunung Kembang akan membuat Anda terkesima dengan keindahannya, Nuansa hijau yang asri dan teduh ini bisa memanjakan mata, hati, dan pikiran Anda.

Lokasi: Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

  • Harga tiket masuk: 10 rb – 15 rb
  • Jam buka: 24 jm
  • Fasilitas: foto spot, gasebo, toilet, kantin
  • Akses jalan: motor & mobil (sampai parkiran) di lanjutkan dengan berjalan kaki, kurang lebih 20 menit sampe puncak bukit.

3. Gardu Pandang Tieng

Wisata Alam yang lagi hits yang ke tiga yaitu Gardu Pandang Tieng, terletak di ketinggian 1789 mdpl, tempat yang pas untuk Anda dapat menikmati matahari terbit atau tempat alternatif untuk melihat indahnya Matahari terbit.

Setiap pagi hari, selalu ada wisatawan yang menghabiskan waktu di gardu ini hanya untuk menikmati keindahan di sekitar dataran tinggi Dieng. Saat kamu berada di atas gardu, maka kamu akan disuguhkan beberapa keindahan yang bisa memanjakan mata.

Di sebelah timur, Anda dapat melihat perbukitan-perbukitan yang masih asri dan tertutup kabut tipis sehingga tampak biru kehijau hijauan. Lalu, tengok ke sebelah selatan, maka kamu akan melihat dengan jelas Gunung Sindoro yang menjulang tinggi dan juga diselimuti kabut tipis, sungguh menakjubkan alam yang mempesona.

lokasi: Berada di jalan dieng Dusun Sidorejo, Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

  • Harga tiket: 6 rb – 10 rb sudah termasuk parkir, & Tiket terusan 16 rb.
  • Jam Buka: jam 05:00 – 18:00 WIB
  • fasilitas: musholla, toilet, kantin
  • akses jalan: motor & Mobil

4. Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng

 

Wisata Alam yang lagi hits yang ke empat yaitu Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng, merupakan bukit kecil di kawasan wisata Telaga Warna yang menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk melihat indahnya Telaga Warna.

Obyek wisata ini sangat strategis untuk mendapatkan tampilan Telaga Warna bersandingan dengan Telaga Pengilon dengan latar belakang perbukitan dan lereng pegunungan yang mengelilinginya.

Dari puncak Bukit Sidengkeng ini warna-warni permukaan Telaga Warna yang berkilau saat disinari matahari terlihat lebih jelas, tak terhalang oleh pemukiman penduduk atau pepohonan yang rindang. Lebih saat kabut tidak terlalu tebal. Tempat cantik inilah yang diburu penikmat alam dan pecinta fotografi dari berbagai penjuru.

kurang lebih 15 menit berjalan kaki menuju puncak bukit dari pintu masuk wana wisata petak 9, di awal perjalanan kamu akan menjumpai jalan kecil menanjak yang sudah di cor sekitar 50 meter, kemudian akan berjalan di jalan tanah yang cukup berdebu, pepohonan yang cukup rimbun akan menyejukan kamu menemani perjalanan kamu ke puncak bukit.

Lokasi: Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

  • Harga Tiket: 5 rb
  • Jam Buka: 24 jam
  • Fasilitas: Camping Ground, spot foto, rumah pohon
  • Akses jalan: motor & Mobil (sampe parkiran)

5. Jembatan Merah Putih

Wisata Alam yang lagi hits yang ke Lima adalah jembatan merah putih, Yang menarik dari jembatan merah Putih adalah Latar Belakang Telaga Warna dan pengilon disisi jembatan, sehingga menciptakan pemandangan sisi lain Telaga warna yang menarik dan berbeda.

Jembatan Merah Putih aman untuk semua umur, dari mulai anak kecil juga dewasa bisa mejeng di jembatan ini untuk mengabadikan foto dengan latar belakang yang bagus atau hanya menikmati pemandangan saja, dengan Suasana Telaga Warna yang eksotis dan pemandangan yang hijau nan sejuk naik jembatan akan terasa menyenangkan saat Anda berlibur ke Dieng.

Lokasi: berada di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

  • harga tiket: 5 rb / per orang
  • jam buka: 07.00 – 17.00
  • fasilitas: gasebo, kantin, musholla, foto spot
  • akses jalan: Motor & Mobil (sampai parkiran)

6. Batu Pandang / Batu Ratapan Angin

Wisata Alam yang lagi hits yang ke enam adalah Batu Pandang / Batu Pandang Ratapan Angin, Ibarat kanvas yang telah dilukis, kesempurnaan warna dan telaga pengilon dengan latar belakang hamparan lukisan alam yang sempurna. Sepoi-sepoi angin sejuk di Batu Pandang Ratapan Angin ini membuat Anda betah berlama-lama.

Lokasi: berada di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

  • Harga tiket: Rp10.000
  • Jam buka: 06.00 – 17.00
  • Fasilitas: foto spot, musholla, kantin gasebo
  • Akses jalan: Motor & Mobil

7. Gunung Lanang

Wisata Alam yang lagi hits yang ke tuju yaitu Gunung Lanang, Secara fisik gunung ini memang tidak terlalu tinggi. Namun siapa sangka jika sudah sampai di puncaknya, pengunjung akan dapat melihat keindahan alam yang jarang ditemukan di tempat lain.

eksotisme bentang alam Serayu Selatan dan Waduk Wadaslintang lah yang akan terlihat jelas dari puncak Gunung Lanang ini. Akses menuju lokasi gunung Lanang juga terbilang cukup mudah, sebab hampir semua jalannya sudah beraspal.

Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit saja dari jalan raya utama sampai di area lokasi. Saat memutuskan untuk naik ke puncak, siapkan fisik yang sudah matang sebab jalan menuju puncak cukup menanjak dan terjal.

Lokasi: Gunung Lanang sendiri beralamat di desa Mergolangu, kecamatan Kalibawang, Wonosobo.

  • Harga tiket: Rp. 2 rb – 5 rb
  • Jam buka: 24 jam
  • Fasilitas: camping ground, foto spot, rumah pohon
  • Akses jalan: Motor & Mobil

 

Selamat berlibur dikota dingin wonosobo, jangan lupa bawa jaket, atau baju hangat lainya.

__Ok sekian dulu semoga informasi 7 Tempat Wisata Alam Wonosobo yang Hits saat ini, bisa bermnfaat sebagai referensi destinasi wisata bersama keluarga.

Editor: | Update: Februari 18, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *