Dampak Buruk Pecandu Game Online, Jaman NOW!

Efek negatif / buruk dari pacandu game online dan offline yang ada di indonesia baik di mainkan lewat PC / Handphone Android.

Sejatinya game pada jaman sekarang era milenial merupakan hal yang wajar karena ini adalah dimana semua serba online dengan internet baik bisnis, sosial media, game menjadi 1 paket.

Jika jaman dulu internet di indonesia masih susah maka game dimainkan secara tradisional oleh anak2 dan remaja dan sekarang semua pindah menjadi game online yang bisa mudah di akses lewat HP android baik versi online / offline.

Semua jenis game online yang menghibur saat waktu luang dan dimainkan dalam waktu wajar hanya beberapa saat, maka semua akan baik2 saja.

jika game online dimainkan dalam waktu lama / hari oleh anak2, remaja & orang tua, artinya sudah merujuk pada kencanduan game.

 

Awas: Game Online buat Candu !

Awal main game online dulu adalah PS sepak bola dimana hanya dimainkan secara offline lewat console dan LCD TV namun sekarang bisa dimainkan lewat Laptop dengan nama PES2019.

Setelah cukup menguasai permainan geme maka akan menjadi asik, apa lagi kalau dimainkan secara bareng2 CUP bersama teman2 maka akan lupa waktu…pengelaman pribadi.

Saat ini karena sudah berumah tangga seiring waktu untuk bermain game sangat jarang karena lebih fokus pada keluarga dan mencari ekonomi.

Saya cukup miris melihat generasi muda sekarang yang masih pelajar / mahasiswa masih gemar main game online PUBG, Mobile Legends, DKK siang dan malam bersama temen online, teriak2 dan sangat asyik sampai lupa waktu dan makan.

Al-hasil banyak kasus dibeberapa negara kematian pecandu game setelah main game over time, sungguh sedih melihat kenyataan ini.

 

5 daftar efek negatif game over time

Berikut list efek negativ bermain game online / offline yang tidak ingat waktu untuk remaja atau orang tua:

  1. Merusak kesehatan jaringan syaraf otak, mata
  2. Lupa waktu makan, ibadah, belajar, bersosial dan cari nafkah
  3. Boros uang untuk beli kuota internet / fasilitas game online
  4. membuat kecaduan dan ingin main terus
  5. Membuat semangat aktifitas diluar game menjadi lebih malas
  6. dll

 

Disclaimer Game Online

Saya sendiri tidak membenci game online, karena ini merupakan arus perubahan jaman yang harus dilewati karena game menjadi media hiburan dan saat ini ada: e-SPOT yang menjadi wadah lomba para gamer profesional.

Namun perlu di ingat bermain game bisa membuat candu dan lupa waktu, itu saja yang perlu dihindari khususnya untuk remaja dan anak sekolah.

Bijak waktu, tempat dalam main game online, ini akan menjadikan hiburan geme menjadi tempat relaxasi, contoh : saya dan tim di sela2 waktu liburan / luang saya gunakan main GAME PES2020 sepak bola.

Selama dimainkan dalam waktu wajar dan tidak over semua akan baik2 saja dan sangta mengubur, Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

INGAT: Peran orang tua dalam membatasi dan mengawasi anak2 dalam main game online menjadi sangat efektif.

Editor: | Update: November 26, 2019

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *