Cara Menjadi Youtuber: Persiapan, Syarat & Peralatan

Tahap Persiapan, Syarat Awal & Peralatan Yang diperlukan Seoarang Youtuber (Pemula)

Pada saat ini, Youtube merupakan website berbagi video paling besar di dunia dengan menguasai 43% pasar. Waoww, Fantastis bukan? tidak heran lagi jika penghasilan seorang youtuber mencapai jutaan hingga milyaran.

Menjadi seorang youtuber tidak sesulit atau serumit seperti yang dibayangkan hanya bermodalkan smartphone android dan aplikasi edit vidio saja sekarang sudah bisa mendapat penghasilan dari youtube.

Persiapan Menjadi Youtuber

Sebelum terjun kedalam dunia online sebaiknya pikirkan dan pertimbangkan dulu hal-hal kecil seperti berikut:

1. Alasan menjadi Youtuber

Pikirkan suatu alasan yang tepat dan kuat untuk anda menjadi serang youtuber. Artinya begini, alasan tersebut nantinya akan menjadi sebuah tiang yang kokoh (komitmen, konsisten dan konsekuen) dari dalam diri anda ketika karya yang anda tampilkan kurang diterima oleh publik.

2. Pikirkan suatu Niche atau Tema

Mayoritas viewer youtube lebih suka dan tertarik dengan channel youtube dengan video yang terfokus pada satu kategori tertentu. Selain mudah di ingat, masyarakat juga akan mudah jika ingin mencari video yang sejenis.

3. Konsisten

Konsisten berarti sifat yang selalu memegang teguh pada prinsip yang telah di canangkan dalam diri seseorang. Artinya, Konsisten pada pemuatan vidio, jadwal posting vidio, tema konten yang sama bukan campur aduk.

Intinya sih, Berkarya aja dulu masalah diterima atau tidak niat kita ibadah dengan memberikan konten vidio yang bermanfaat.Click To Tweet

Syarat Menjadi Youtuber

Berikut beberapa syarat awal yang harus dipenuhi ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang youtuber

1. Smartphone / HP Android

Smartphone dengan spek yang mumpuni (minimal RAM 2gb) dan koneksi internet yang stabil

2. Akun Google

Langkah awal untuk mengakses layanan lengkap dari youtube adalah anda harus memiliki akun google. Akun ini bisa berupa Gmail yang diperlukan untuk mendaftarkan akun youtube Anda nantinya.

3. Media Sosial

Buat dulu media sosial (Facebook, Instagram, Tweeter dll). Media sosial ini nantinya akan anda pakai untuk media promosi channel youtube baru anda dengan cara share.

4. Kemampuan Inovasi

Seorang youtuber harus memiliki kemampuan untuk berinovasi atau menemukan hal-hal baru yang ada di sekitar. Artinya, vidio yang anda tampilkan bukan vidio yang monoton (itu itu saja) harus lebih jeli lagi dalam mengulik niche yang anda gunakan.

Orang sukses adalah orang yang berani gagalClick To Tweet

Peralatan Youtuber 

Peralatan, perlengkapan awal yang harus di siapkan untuk menjadi seorang youtuber. Pada dasarnya Peralatan dan perlengkapan ini disesuaikan dengan tema channel youtube anda (Outdoor atau Indoor).

Sebenarnya hanya bermodalkan HP android, koneksi internet dan apalikasi edit vidio kita sudah bisa mebuat konten di youtube. Namun, hasilnya kurang maksimal dan perlu komponen pendukung seperti berikut.

1. Kamera

Kualitas kejernihan suatu vidio tergantung dari kamera yang dipakai. Kamera yang dipakai bisa DSLR, Miroless, Go-Pro dan sebagainya.

2. Tripod

Tripod digunakan untuk mengurangi noise yang ditimbulkan oleh guncangan tangan seorang kameramen

3. Microphone

Suatu vidio yang jernih tentunya harus di imbangi dengan kualitas suara yang baik. Microphone dapat menghilangkan efek noise seperti hembusan angin atau suara dari keramaian orang sekitar.

4. Headphone

Peralatan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Yang sering terlihat memakai headphone adalah youtuber gaming untuk mempermudah komunikasi dengan teman yang lain.

5. Komputer / Laptop

Setelah gambar jernih dan kualitas suara bagus tentunya membutuhkan sebuah pengeditan. Tahap pengeditan vidio dilakukan melalui Komputer atau laptop karna fiturnya lebih lengkap daripada HP android seperti video stabiliser, color correction, rotate, merge/join, split, motion Tracking dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Pikirkan dan pertimbangkan dulu (kemungkinan gagal dan sukses) untuk menjadi seorang youtuber jangan hanya melihat hasil yang fantastis namun lihat proses dan kerja kerasnya.

Untuk cara membuat channel, mendaftar akun akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya. Sekian & Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *