3 Tanda, Ciri shockbreaker Mobil Rusak (Harus Ganti)

shockbreaker / suspensi mobil rusak ? bagaiman ciri2 dan tandanya sehingga harus ganti baru, secara umum suspensi mobil memiliki umur minimal 40-60 km / 2-3 tahun dan masa pakai sehingga harus di ganti dengan yang baru.

disini saya akan share shockbreaker mobil kamu harus diganti yang baru, sehingga dalam berkendara lebih aman dan nyaman.

 

Ciri, Tanda shockbreaker rusak

Pengecekan bisa secara fisik langsung atau perlu dibungkar copot pada bengkel kaki2 mobil terdekat di kota kamu,

1. Shockbreaker Keluar cairan oli

Ini menjadi pertanda sangat jelas tanpa harus bongkat shockbreaker terlebih dahulu, sehingga harus ganti sparepart yang baru.

2. Bantingan keras saat jalan rusak

Coba cek pada jalan rusak bagaiman rasa bantingan suspensi bagian depan dan belakang jika terasa sangat keras dan membuat badan pegal2 tidak seperti pada umum nya maka perlu dicek lebih lanjut.

3. As shockbreaker Tidak naik saat di tekan

Pada pengecekan shockbreaker mobil bagian depan / belakang coba buka pegas sepiral ulir dilakukan pada bengkel mobil, tekan as shockbreaker ke dalam, apabila tidak kembali / sangat pelang sekali maka indikasi shockbreaker sudah minta ganti.

4.) Shock Mengayun Melewati poldur

Ciri tanda shockbreaker mengayun, menyentak saat melewati jalan polisi tidur menjadi indikasi shock mobil mati dan segera ganti baru.

5.) Limbung saat Jalan 40-80 Km

Mobil melaju kecepatan 40-80 km akan terasa oleng, limbung karena fungsi utama shockbreaker sebagai tehanan bodyroll sudah tidak berfungsi sehingga akan terasa lumbung parah.

 

__Demikian info shockbreaker mobil yang perlu kamu ketahui.

Updated: October 20, 2023