Toyota Rush: Sejarah Generasi Type dan Model Terbaru

Sejarah generasi mobil mini SUV Toyota Rush di Indonesia

Generasi pertama mobil mini SUV Toyota RUSH di indonesia diluncurkan pada 2006 lalu, kini tampilannya lebih modern, dinamis, sporty, namun tetap memiliki DNA sebagai mobil SUV yang kokoh dan gagah.

Mesin pertama Toyota Rush berkapasitas 1.500cc 4-silinder dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Menurut Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, sejak diluncurkan pada 2006, setidaknya Toyota telah beberapa kali melakukan penyegaran pada medium SUV andalannya itu.

 

Generasi 6: 2018 – 2019 Toyota Rush

PT Toyota Astra Motor (TAM) telah merilis harga All New Rush, yang diperkenalkan pada 23 November 2017. Harga Toyota All New Rush 2018 dengan banyak ubahan dari sektor interior, eksterior, hingga mesin itu masih tetap sama seperti model lama.

penampilan All New Rush berubah total dibandingkan generasi sebelumnya. Dimensinya semakin panjang, ruang kabin meluas, menggunakan mesin baru, dan semakin aman dengan penambahan fitur keselamatan.

Sistem suspensi menerapkan pengaturan (setting) yang lebih baik dengan stabilizer di bagian depan dan belakang. Tingkat kekedapan dan peredaman di dalam kabin juga menjadi lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Interior didesain untuk 7 penumpang dengan tiga baris bangku. Jarak antara dashboard dengan bangku ke tiga kini mencapai 2.525 mm, ini memberi ruang yang luas dalam mendesain posisi bangku.

 

Generasi 5: 2016 Toyota rush

Tahun 2016-207 Toyota menghadirkan dua varian baru, yaitu Rush TRD Sportivo Ultimo dan Rush Sportivo 7.

Varian anyar ini telah disesuaikan dengan kondisi dan infrastruktur jalanan di Indonesia dengan menggunakan suspensi dari teknologi TRD Suspensions serta velg TRD Alloy Wheel.

Tak sampai di situ, varian baru ini juga didukung dengan ground clearance 200 mm, dan chassis semi monocoque yang dipasangkan dengan ladder chassis dan sistem penggerak roda belakang.

Sementara penampilan dari sisi eksterior yang berbeda kali ini terlihat pada desain bar type engine grille with black piano color, read lining, new rear spare tire cover sticker, dan new side sticker.

Terakhir yang tak kalah menariknya adalah baik Rush TRD Sportivo 7 dan TRD Ultimo, kini hadir dengan kapasitas tujuh penumpang yang dilengkapi dengan seatbelt di masing-masing baris kursi penumpang

 

Generasi 4: 2015 Toyota Rush

Update improvement Tahun 2015, eksterior Toyota Rush tampil baru dengan desain Front Grille yang menyatu dengan lampu utama serta memiliki desain yang anyar dan terlihat sangat modern.

Pada lower front bumper versi TRD memiliki desain yang tampil kian gagah. Sementara bagian belakang pun hadir dengan lampu LED yang modern, serta didukung dengan desain baru pada tire cover.

Untuk varian TRD, Rush dihadirkan dengan velg alloy terbaru berwarna ‘machining’ yang stylish.

Sedangkan dari sisi interior, selain adanya penyematan audio system baru, bagian stir kemudi disematkan fitur steering wheel .

Pada tahun 2015, meluncurkan type varian rush:

  • 1.5 G M/T
  • 1.5 G A/T
  • 1.5 S RTD A/T. (S= Sportivo)
  • 1.5 S RTD M/T. (S= Sportivo)

 

Generasi 3: 2010 Toyota Rush

Di awal tahun 2010, Toyota merilis Rush tipe G otomatis untuk melengkapi pilihan kepada konsumen.

mengubah grille plastik dengan ornamen bulat dan bergesernya slip melintang dari tengah ke sisi atas grille sebagai penanda utama.

Profil bumper pun juga turut berubah, dengan foglamp yang dibalut rumah berlapis krom, bagian samping, ubahan yang paling kental terlihat dari lengkungan di sisi bawah kedua pintu. Velg yang digunakan juga berganti desain.

Sementara bagian belakang, penyegaran terlihat pada lampu belakang yang menjadi bening dengan bumper motif baru.

Update improvement 2013 – 2014

Beberapa improvement kembali dilakukan pada Toyota Rush dan menghadirkan varian terbaru yaitu TRD Sportivo, terdapat peningkatan standar kualitas dan keamanan melalui fitur dual SRS airbag pada semua tipenya, fitur pretensioner pada sisi pengemudi dan penumpang, serta indikator pengingat pemakaian sabuk pengaman di semua grade nya.

Pada sisi interior, perubahan dilakukan pada sisi warna yang sebelumnya berwarna grege menjadi dark gray yang meliputi bagian interior, steering wheel, instrument panel, seat fbric, dan door trim.

Rush type TRD, menggantikan tipe S yang terdapat sebelumnya. Beberapa pengembangan pada sisi eksterior yang meliputi front bumper spoiler, rear bumper spoiler, TRD Sportivo emblem, dan TRD Sportivo stickers membuat tampilan Rush TRD Sportivo semakin sporty dan dinamis.

 

Generasi 2: 2009 Totota Rush

Pada tahun 2009, SUV Toyota Rush mendapat beberapa improvement. eksterior mendapat sentuhan baru di antaranya ornamen baru pada grille dengan bilah melintang di tengah berikut rumah foglamp yang diberi list mengkilap. Selain itu Rush pada tahun ini terdapat bumper guard depan dan belakang.

Untuk varian toyota rush 2009 belum ada penambahan type / varian model terbaru.

 

Generasi 1: 2006 – 2008 Toyota Rush

Model toyota rush gen.1 sudah cukup gahar di bagian body exterior, Sedangkan untuk pilihan model / type varian menawarkan varian:

  • 1.5 G M/T
  • 1.5 S M/T, dan 1.5 S A/T. (S= Sportivo)

Varian tersendah: type G manual dan tertingga type S Autotic 4 percepatan, kelemahan mobil ini cukup limbung saat melaju tinggi pada jalan tol dan bantingan suspensi cukup keras.

Body part interior kurang mewah dan material terkesan agak tipis dan kalau tidak dirawat secara baik akan menimbulkan bunyi saat lewat jalan berlobang.

mini suv toyota pada era 2016 ini cukup berhasil dalam pernjualan & menarik minat konsumen, dimana target market adalah di luar zona perkotaan dan memiliki kontur jalan masih rusak sehingga mobil SUV ini sangat laku.

Editor: | Update: Desember 30, 2019


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *