Cara Memilih, Beli Mobil Bekas Supaya Tidak Ketipu

Panduan Cara, memilih & membeli mobil bekas sehingga tidak ada Menyesal dikemudian hari karena ketipu

Ada rencan mau beli mobil bekas ? namun tidak paham tentang mesin mobil, tenang disini kita akan bagikan tips wajib yang menjadikan beli mobil bekas lebih aman dan tidak kena tipu oleh penjual.

Alasan kenapa beli mobil bekas:

  1. Harga lebih murah
  2. Jika mau dijual lagi rugi nya tidak terlalu besar
  3. Budget minim.

Panduan awal sangat disarankan untuk beli mobil bekas merk yang populer di indonesia: Honda, Toyota, Daihatsu, Suzuki, Hino. Untuk tahun pembuatan sangat disebaiknya 5-7 tahun kebelakang.

 

Tips memilih, beli mobil bekas

Pastikan kamu telah membaca panduan aman untuk membel, memilih mobil bekas sehingga bisa ketemu mobil yang pass sama budget dan masih OK / nyaman dipakai.

1. Cek Buku Service

Jika mobil bekas yang kamu beli masih 5-7 tahun belakang coba tanyakan buku service apakah masih ada, cek record apakah rutin berkala di service jika iya ini sangat baik.

 

2. Perika interior & Exterior

Pada bagian inpeksi mobil bekas Exterior: cek body, cat apakah masih mulus, cat asli tidak ada bekas benturan kecelakaan berat, bekas banjir.

Interior mobil: Cek kondisi Audio, saklar lampu, bel, riting, Jok, dashboard mobil, platform, fitur Ac, jumlah kilometer, dan lihat kondisi kebersihan sabuk pengaman (jika masih bersih dan berfungsi dengan baik maka mobil bukan termasuk ex taksi, rental mobil capek).

 

3. Cek kondisi Kak2 mobil & Mesin

Pada bagian inpeksi mobil bekas kaki kaki mobil seperti velg, ban, sokbaker, bearing, dll + Mesin tentunya maka tidak bisa hanya dicek dengan suara dan kondisi fisik.

Rekomendasi Wajib: Jika beli mobil di shoroom biasa, milik pribadi maka wajib minta untuk dibawa ke bengkel resmi untuk validasi General checkUP mobil, sehingga kita akan dapat laporan kerusakan kondisi mobil secara real.

Disini kita nantinya bisa NEGO Harga karena Ada PR yang harus dikerjakan jika terdapat kerusakan pada kaki2 dan mesin mobil.

Kamu bisa tanyakan pada bengkel resmi total biaya yang harus dibayar jika menjadikan mobil normal semua (layak jalan), ini menjadi modal untuk Nego Harga.

 

4. Kelengkapan Dokumen

Cek Surat2 kendaraan seperti BPKB, STNK hidup (tidak mati), coba cocokan nomor mesin dengan BPKB sehingga mobil dipastikan aman.

 

5. Coba Test Drive

Pada saat test drive kamu bisa lakukan sendiri, atau membawa temen yang sedikit paham tentang mobil untuk ikut ujicoba drive pada jalan lurus, jalan rusak, jalan menanjak.

 

6. Perbadingan Harga, Mobil Secara Online

Melakukan perbandingan mobil bekas yang dijual dengan yang lain lewat internet, mengecek secara online tentang harga, model, tahun produksi, dan tahun pemakaiannya

» Cek Harga Mobil Lewat situs: SEVA.

 

Persiapan Dana Perbaikan

Pada point ini menjadi No. 7 tips beli mobil bekas: PR jika membeli mobil bekas maka kita harus memiliki uang tambahan, cadangan dimana ini diperlukan untuk biaya perbaikan mobil / PR, biasanya kisaran:

  • Mobil biasa: 10-15 Jt
  • Mobil Mewah: 30-50 jt

jadi jika kamu punya budget uang untuk beli mobil adalah Rp 100 Jt, maka coba cari mobil yang harga kisaran 80-90 jt jadi masih ada sisa uang uang perbaikan, dll.

__Ok semoga informasi ini bisa manfaat, sehingga tidak ada penyesalan setelah membeli mobil bekas.

Editor: | Update: Juni 2, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *