Cara Aman Gunakan setengah (1/2) kopling mobil

Tips panduan menggunakan setengah kopling mobil yang aman dan direkomendasikan, sehingga kampas kopling tidak cepat habis atau gosong (terbakar), kondisi penggunaan 1/2 kopling yang dipadukan dengan injakan gas memang sangat diperlukan untuk kondisi tertentu sehingga harus dilakukan secara benar dan tepat.

Pastikan hanya menggunakan teknik setengah kopling + sedikit injak gas untuk waktu sebentar, contoh: saat kondisi jalan macet, berhenti di tanjakan, ambil jalur dipertigaan dan lainya.

 

Tips setengah kopling aman

Rekomendasi terbaik 1/2 kopling hanya dalam waktu < 1 menit, jika membutuhkan waktu perhenti lebih lama (kondisi jalan macet) maka gunakan hand rem [tuas rem tangan] itu akan menjadikan kampas kopling mobil lebih awet.

 

Manfaat 1/2 kopling mobil

setangah kopling digunakan untuk parkir (maju dan mundur) atau mencari titik gerak saat stop and go di jalan tanjakan, serta merayap di zona kemacetan untuk jalan mobil sangat pelan.

 

Setengah kopling yang tidak direkomendasikan

Pelengkap informasi tentang penggunaan 1/2 kopling mobil maka akan kita berikan point2 yang tidak direkomendasikan:

  1. Menggunakan setangah kopling untuk menahan laju mobil di jalan tanjakan, atau setangah kopling untuk keperluan REM di jalan tanjakan dengan paduan gas agar mobil tidak mudur.
  2. Memaksakan RPM tinggi + setengah kopling di saat mobil mulai jalan, pastikan gunakan gigi rendah 1-2
  3. Menjadikan 1/2 kopling untuk titik gerak + REM saat di lampu bangjo, sehingga kalau mau jalan hanya lepas rem

__Semoga informasi bermanfaat.

Editor: | Update: Desember 29, 2019


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *