Ciri2, Tanda Kampas Kopling mobil Habis, Wajib di Ganti ?

Ayo kenali gejala dan tanda2 kampas kopling mobilmu sudah minta ganti.., ketika kondisi kampas kopling habis sangat membahayakan:

slip kopling, akselerasi lemah, berkendara tidak nyaman, BBM jadi boros,tenaga mobil hilang khususnya di tanjakan dan yang paling parah tidak bisa pindah gigi.

secara umum kopling pada mobil berfungsi untuk menyalurkan tenaga mesin ke sistem transmisi persneling. Ketika kampas habis, tenaga mesin yang akan ditransfer ke roda berkurang.

 

Gejala, tanda kampas kopling mobil habis

Pastikan jangan sampai terlambat untuk mengganti kampas kopling mobil, kenali ciri-cirinya:

  1. Gas – Kopling selip, saat kondisi mobil melaju posisi jalan sedikit tanjakan dan di gas akan slip kopling / meraung, padahal tidak injak kopling
  2. keras, susah pindah gigi, ini terjadi saat kampas kopling tingkat ketipisan super akut, dimana harus cepat2 diganti
  3. Akselerasi gas menurun, waktu pindah gigi untuk menaikan tenaga maka akselerasi gas akan lambat dan cendrung hilang karena kopling tidak bekerja dengan baik
  4. bau gosong / hangus, ini merupakan tanda umum jika kopling sudah harus diganti, namun harus di cek pada tanda2 lainya di atas — karena tidak semua bau kopling gosong wajib langsung diganti.
  5. pedal kopling tinggi, kondisi ini terjadi jika kampas hampir, sudah habis sehingga titik gerak mobil dan kopling lebih tinggi dalam angkat tuas kopling.
  6. RPM tinggi namun mobil tidak melaju dengan cepat hanya mendapatkan suara mesin meraung
  7. Titik gerak 1/2 kopling tidak memiliki daya hentak lemah, hanya sedikit getaran, secara umum jika kopling masih bagus maka saat kita gunakan hand rem dan mulai masukan gigi 1 temukan titik gerak maka daya angkat,hentak sangat kuat.
  8. Tenaga lemah dijalan tanjakan, karena fungsi utama adalah penyalur tenaga dari mesin dan sebagai media akselerasi gas maka saat tanjakan bisa tidak kuat / mogok.

 

Kampas kopling mobil tidak perlu ganti ?

Apabila ciri2 dan gejala hanya bau terbakar, hangus atau gosong (tanpa dibarengi tanda2 lainya) yang diakibatkan penggunaan 1/2 (setengah kopling) dalam waktu lama maka ini tidak perlu langsung ganti kopling, kamu hanya perlu istirahat supaya mesin lebih dingin.

 

Rekomendasi terbaik

Sebelum hal terburuk terjadi karena di timbulkan kampas kopling habis segara saja dibawa mobil kebengkel untuk diganti, pastikan hanya dengan sparepart yang asli agar lebih awet dan aman.

 

Baca juga:

Masalah, Penyebab Kampas kopling mobil Cepat Habis ?

Editor: | Update: April 1, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *