Masalah, Penyebab Kampas kopling mobil Cepat Habis ?

Apakah kampas kopling mobil kamu sudah dalam kondisi habis, Aus? segera saja di ganti dengan yang baru sehingga akan lebih aman dalam berkendara dan performa mobil tetap baik.

 

Umur kampas kopling mobil

Kenapa kampas kopling cepat habis, umur kampas kopling secara umum cukup panjang yaitu 4 – 5 tahun atau 80.000 km – 100.000 km, namun kadang karena kondisi dan masalah khusus kampas kopling akan habis dan minta di ganti untuk waktu yang lebih cepat.

 

4 Penyebab kampas kopling mobil cepat habis

masalah utama kampas kopling mobil kamu cepat habis khususnya mobil dengan sistem penggerak transmisi manual adalah karena kampas terbakar (gosong) / kondisi fisik telah tipis – habis.

Faktor masalah yang menjadikan kampas kopling mobil cepat habis:

  1. Setengah kopling dalam waktu lama. Ini yang paling bahaya terutama di tanjakan terjal, jalan rusak dan kemacetan. kampas kopling bakal lebih mudah aus dengan ciri-ciri awal mengeluarkan bau khas (gosong, hangus dan terbakar)
  2. Kasar injak, lepas pedal kopling. Kampas akan jauh lebih awet jika ketika menginjak pedal kopling untuk memindahkan gigi, lalu melepasnya perlahan. Jika dilepaskan menghentak, gesekan yang terjadi pada komponen kampas kopling sehingga akan lebih cepat habis, tipis.
  3. Pemilihan gigi yang tidak tepat, ketika akan menjalankan mobil, biasanya kita pakai gigi terkecil atau gigi 1. Kalau kita pakai gigi 2 atau bahkan 3 mungkin masih bisa, tapi lebih berat sehingga perlu RPM lebih tinggi dengan penggunaan setengah kopling.
  4. Kaki menginjak pedal kopling meski sedang jalan lurus, Terbiasa meletakan kaki kiri diatas pedal kopling saat berada dijalan lurus, Tanpa sadar, telah menginjak sedikit pedal kopling. Memang tidak nampak efeknya, jika dilakukan dalam waktu lama maka efek membuat kampas kopling cepat habis dari waktu normal.

 

Pengalaman pribadi kampas kompling terbakar

waktu itu sedang berkendara pada medan jalan tanjakan curam, jalan rusak sedangkan mobil citycar maka kita sering menggunakan 1/2 kopling dalam waktu lama (1-2 jam) tanpa di imbangi rem tangan — alhasil kampas kopling bau gosong dan habis.

maklum saja waktu itu masih dalam tahap belajar mengemudi jadi belum paham apa akbibatnya, sekarang jadi paham setalah mengalami masalah ini..

Tips rekomendasi main 1/2 kopling mobil yang aman:

Cara Aman Gunakan setengah (1/2) kopling mobil

 

Kesimpulan masalah

Kebanyakan kasus dilapangan kampas kopling mobil habis, terbakar dan bau gosong karena penggunaan 1/2 setengah kopling dalam waktu lama.

solusi terbaik saat berkendara mobil dijalan menjak terjal, jalan rusak atau kemacetan adalah dengan menggunakan rem tangan / handrem dan kombinasi 1/2 kopling untuk waktu sebentar.

 

Baca juga:

Harga, biaya ganti kampas kopling mobil di Bengkel Resmi

Editor: | Update: Desember 29, 2019


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *