Mandiri Online Anda Terblokir? Atasi dengan cara ini

Cara Mengatasi Mandiri Online Terblokir dan Penyebabnya

Gagal login pada saat mau mengakses aplikasi mandiri online memang sangat meyebalkan, apalagi pada saat saat penting kita mau menjalankannya.

Seperti pada akhir bulan kita mau membayar tagihan namun aplikasi malah error, mau tidak mau kita harus pergi ke ATM atau ke kantor mandiri untuk melakukan transaksi tersebut.

Banyaknya tindak kejahatan melalui internet membuat aplikasi mandiri online ini menggunakan sistem keamanan berlapis yang disebut 2-Factor Authentication (2FA). Yaitu dengan Useri ID & Password dan juga M-PIN yang tidak mudah untuk di jebol hacker.

Penyebab Mandiri Online Terblokir

Berdasarkan pengalaman pribadi ada 3 penyebab aplikasi mandiri online terblokir sehingga gagal login antara lain:

1. Lupa Password

Masalah yang paling sering atau paling umum ditemui ketika login pada mandiri online adalah lupa Password.

Pada saat login kita diwajibkan untuk memasukkan User ID dan Password. Jika password yang anda masukkan tersebut salah 3 kali berturut-turut maka sistem akan segera memblokirnya.

2. Kesalahan sistem

Penyebab terblokirnya mandiri online yang ke 2 adalah memang kesalahan dari sistemnya. Padahal menurut kita User ID & Password yang kita masukkan sudah benar tetapi sistem menyatakan data yang anda masukkan tidak valid.

Ternyata setelah menghubungi CS bank mandiri di 14000 ternyata server memang sedang trouble atau gangguan.

3. Aplikasi tidak update

Berdasarkan pengalaman pribadi penyebab aplikasi mandiri online tidak update (memasang versi terbaru) adalah aplikasi tersebut jarang dioperasikan.

Setelah saya meng-upgrade aplikasi tersebut dan melakukan login ternyata Password yang saya masukkan salah terus hingga 3 kali dan akhirnya terblokir. Padahal, Password yang saya masukkan itu sudah benar.

Tips: Jika anda lupa password untuk login mandiri online sebaiknya jangan mencoba hingga 3 kali, sebaiknya pilih lupa password saja agar tidak terblokir.Click To Tweet

 

Cara Membuka Blokir

Cara membuka blokir mandiri online ini bisa dilakukan sendiri ataupun bisa datang langsung ke kantor bank mandiri terdekat.

1. Menghubungi CS bank mandiri

Cara yang pertama anda bisa menghubungi CS mandiri atau melakukan panggilan ke 14000.

Tetapi untuk melakukan panggilan ini biayanya sedikit mahal karna kita pasti memerlukan waktu yang lama untuk menjelaskan dan mengirim data pribadi melalui telpon. Jadi, pastikan pulsa anda mencukupi untuk melakukan panggilan.

  1. Siapkan kartu ATM dan buku rekening tabungan mandiri anda.
  2. Telpon ke 14000 kemudian pencet angka 1 untuk memilih bahasa indonesia.
  3. Kemudian anda diminta untuk memasukkan 16 digit angka yang tertera pada kartu ATM, abaikan saja sampai muncul perintah selanjutnya kemudian pilih 1 pemblokiran kartu dan pengaduan nasabah.
  4. Kemudian pilih 3 pengaduan nasabah perbankan tunggu hingga anda terhubung dengan CS kemudian jelaskan secara rinci penyebab mandiri online anda terblokir.
  5. CS akan meminta data diri anda berupa nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nama ibu kandung, dan 16 digit nomer yang tertera pada belakang kartu ATM anda.
  6. Tunggu hingga CS membuka blokiran tersebut.

2. Mengirim email

Cara untuk membuka blokir mandiri online yang kedua adalah dengan cara mengirim email ke pihak bank mandiri di mandiricare@bankmandiri.co.id. 

Isi emailnya yaitu menjelaskan penyebab mandiri online terblokir yang disertai dengan data diri berupa: Nama lengkap, nomor rekening, nomor handphone yang digunakan untuk E-banking/ SMS Banking, nama Ibu Kandung, alamat sesuai KTP, tanggal serta tahun lahir dan  16 digit angka yang tertera pada kartu ATM

Bila perlu sertakan foto rekening tabungan, KTP serta kartu ATM  anda. Jika data tersebut sudah benar maka pihak bank mandiri akan membantu untuk membuka blokir.

 

3. Datang ke kantor cabang terdekat

Cara untuk membuka blokir mandiri online yang ketiga bisa melalui kantor bank mandiri terdekat untuk kota / kabupaten dengan cara datang langsung kesana dengan membawa smartphone, kartu ATM, KTP dan buku rekening tabungan.

Jelaskan secara rinci penyebab mandiri online anda terblokir kemudian minta kepada CS untuk membuka blokir dan cara mengaktifkan kembali mandiri online anda.

Biasanya CS akan meminta data diri anda yang tertera pada KTP atau rekening tabungan berserta 16 digit angka yang tertera pada kartu ATM dan nomer HP yang telah anda daftrakan untuk mandiri online anda (SMS Banking).

INi cara paling ampuh untuk buka blokir mandiri Online / Mobile.

 

Ubah Password Mandiri Online

Setelah membuka blokir bukan berarti kita sudah bisa menjalankan aplikasi mandiri online, Kita perlu mengubah passwordnya terlebih dahulu.

  1. Buka aplikasi mandiri online anda kemudian pilih lupa password.
  2. Masukkan 16 digit angka pada belakang kartu ATM, 4 digit angka tanggal expired kartu dan tanggal lahir anda Kemudian pilih LANJUT.
  3. Muncul tampilan perangkat anda akan mengirim sms ke 3355 kemudian pilih LANJUT.
  4. Buat password baru anda dan masukkan dua kali.
  5. Selamat password baru telah berhasil dibuat. Silahkan login dengan password baru tersebut dengan User ID sebelumnya.

Sebenarnya cara mengubah password tersebut sama dengan Cara aktivasi mandiri online yang telah saya jelaskan sebelumnya.

TIPS: Sebaiknya catat dan simpan PIN, M-PIN, User ID dan Password mandiri anda untuk mencegah jika sewaktu-waktu lupa.Click To Tweet

 

Kesimpulan

Cara mengatasi mandiri online yang terblokir anda bisa datang ke kantor bank, mengirim email atau menghubungi CS mandiri di 14000. Setelah itu ganti password mandiri online anda, Jika masih terjadi error anda dapat melakukan registrasi ulang.

Editor: | Update: Februari 10, 2020

Baca Juga:

4 thoughts on “Mandiri Online Anda Terblokir? Atasi dengan cara ini

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      langsung datang ke kantor cabang terdekat

  1. Avatar for SusiadiSusiadi

    Mandiri onlaen saya keblokir gimana cara buka nya mohon pencerahan nya

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      jika mandiri online ke blokir, silahkan langsung datang ke kantor bank mandiri cabang / kota (kabupaten) kota asal atau yang terdekat untuk buka blokir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *