Kegunaan lain baja ringan selain rangka atap rumah

Selain rangka atap rumah, Baja ringan punya kegunaan lain. Apa saja? Baja ringan telah dikenal luas oleh masyarakat karna memiliki daya tahan bangunan jangka panjang yang sangat baik. Seiring berkembangnya jaman masyarakat inovatif kini mengaplikasikan baja ringan tidak hanya untuk rangka atap bangunan. Bisa dibilang baja ringan merupakan marerial multifungsi pengganti kayu.

Setelah memahami kelebihan menggunakan atap baja ringan ternyata baja ringan mempunyai fungsi/kegunaan lain selain untuk rangka atap rumah, berikut diantaranya:

 

1. Plafon baja ringan

Mudah untuk di bentuk, disusun dan dipasang membuat baja ringan menjadi suatu alasan untuk dibuat sebagai rangka plafon. Karna baja ringan dapat dipasangkan dengan berbagai macam jenis plafon seperti triplex, GRC, gipsum dan sebagainya.

 

2. Kanopi baja ringan

Selain untuk rangka atap suatu konstruksi bangunan, baja ringan kini banyak dipakai untuk pembuatan kanopi. Selain pemasangannya cepat menentukan bentuk/desainnya juga sangat mudah. Berikut 5 Design, Model Kanopi Baja Ringan yang dapat menjadi referensi pembuatan kanopi untuk anda.

 

3. Pagar baja ringan

Bentuknya yang kokoh, kuat, dan tahan karat membuat baja ringan banyak dicari karena tidak perlu perawatan dan pengecetan ulang secara rutin. Selain itu baja ringan juga tidak mudah lapuk dan tahan terhadap serangan rayap sehingga sangat cocok jika dibuat pagar rumah.

4. Material rumah baja ringan

Peran kayu saat ini pelan pelan mulai tergerus oleh baja ringan. Disamping kualitas kayu yang baik semakin langka, kayu juga kurang cocok digunakan untuk bangunan jangka panjang salah satu alasannya karena kayu mudah terserang rayap dan mengalami pelapukan.

Baja ringan merupakan material multifungsi sebagai peran pengganti kayu kini banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam material rumah seperti kusen, jendela, pintu baja ringan dan sebagainya.Click To Tweet

5. Aksesoris rumah lainnya

Selain untuk rangka atap rumah baja ringan kini banyak dipakai oleh tangan tangan kreatif sebagai pelengkap aksesoris rumah seperti meja baja ringan, kursi baja ringan, lemari baja ringan, rak sepatu baja ringan, rak buku baja ringan, tangga baja ringan dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Baja ringan kini menjadi inovasi baru pengganti kayu yang dapat di aplikasikan berbagai bentuk guna pemenuhan kebutuhan sesuai keinginan. Karna kekuatan tegangan tarik baja ringan yang mencapai 550 Mpa bisa membuat bangunan awet, kuat, kokoh dan tahan lama. Selain itu sistem ketahanan terhadap karat, serangan rayap dan kutu kayu juga menjadi suatu alasan menggunakan baja ringan.

Semoga bermanfaat. Terimakasih..



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *