7 Tips memilih aplikator, jasa pasang atap baja ringan

Cara, Tips memilih memilih aplikator yang tepat pada suatu konstruksi bangunan atap baja ringan. Pentingnya memilih aplikator handal dan berpengalaman dalam konstruksi bangunan atap baja ringan adalah meminimalisir segala kemungkinan yang terjadi di masa mendatang agar bangunan anda kuat dan bertahan lama.

Tentunya pemasangan ini harus melalui tahapan-tahapan tertentu dalam suatu proses pengerjaan suatu konstruksi bangunan. Harus didasari oleh ketelitian dan skill yang diimbangi dengan ketangkasan, tepercaya, terjamin dan teruji.

Jika pemasangan baja ringan dilakukan oleh aplikator sembarangan tentunya hasilnya kurang memuaskan karna jika terdapat satu titik kesalahan dalam pemasangannya akan menyebabkan fatal pada semua bagian karna bentuk pemasangannya menyerupai jaringan.

 

Berikut 7 tips memilih aplikator untuk rangka atap baja ringan yang tepat.

1. Jangan tergiur harga murah

Kebanyakan orang mengira pemberian harga yang murah/lebih miring di banding aplikator baja ringan yang lain dapat menjadi suatu alasan yang tepat. Tetapi, sudah terjadi banyak kasus rumah roboh akibat pemilihan aplikator baja ringan yang asal-asalan. Bracing atau pengakulah salah satu item yang mereka kurangi untuk mendapatkan harga minim.

TIPS : Mintalah Detail Gambar Bracing dan Kuda- kuda dalam setiap Surat Penawaran, perusahaan baja ringan yang bagus selalu melampirkannya.Click To Tweet

2. Lebih teliti dalam pengecekan material

Lebih hati-hati dan lebih teliti lagi dalam memilih aplikator baja ringan karna biasanya saat menawarkan yang disebut merek terkenal/tersohor. Tetapi pada saat pemasangan yang dipakai produk lain untuk menekan harga.

Penjelasan  pemasaran mengenai spesifikasi produk tidak lengkap dan akurat. Profil baja ringan yang dipakai pun bisa apa saja. Tugas anda adalah melakukan pengecekan secara teliti apakah yang ditawarkan dan dipasangkan sudah sesuai. Sementara sampai saat ini belum ada standar konstruksi baja ringan di Indonesia.

3. Kelengkapan material

Selain melayani penjualan, perakitan dan pemasang rangka atap baja ringan biasanya fabrikator/aplikator baja ringan menyediakan segala material yang dibutuhkan pada suatu konstruksi bangunan atap baja ringan. Tentunya material yang disediakan berkualitas tinggi dengan diimbangi harga pasaran material yang sesuai.

4. Skill sudah teruji dan terpercaya

Untuk pemesanan sebaiknya dilakukan kepada fabrikator (penjual, perakit, pemasang) resmi. Tentunya fabrikator ini sudah berpengalaman, profesional, bersertifikat dan mempunyai aplikator aplikator handal di dalamnya. Anda dapat melakukan survei langsung ke proyek yang sedang dikerjakan aplikator agar lebih yakin dengan kualitas pekerjaannya.

5. Terdapat garansi resmi

Biasanya, fabrikator memberi garansi material dan struktur untuk setiap aplikasi yang dikerjakannya. Misalnya, memberi garansi dari karat dan korosi terhadap coating bajanya selama 15 tahun dan garansi struktur tiga tahun.

6. Mempunyai kantor dengan alamat yang jelas

Setiap aplikator atau pemberi layanan jasa pasang rangka atap baja ringan harus mempunyai kantor dengan alamat yang jelas. Selain itu mereka mudah dihubungi lagi ketika ada masalah yang harus diselesaikan di kemudian hari setelah atap dipasang.

7. Minta pemasangan langsung di tempat

Ada dua sistem pemasangan rangka atap baja ringan yaitu prefabrikasi dan langsung di tempat. Prefabrikasi merupakan penyususnan rangka kuda-kuda yang dibentuk di pabrik menggunakan mesin. Keunggulannya, setiap sambungan terjamin kekuatannya dan presisi. Sampai di proyek sudah berbentuk segitiga.

Tapi, prefabrikasi  ini memiliki kelemahan, terutama tidak bisa mengatasi kegagalan dalam pembangunan. Soalnya, sering terjadi selisih ukuran antara gambar denah rencana atap dan kondisi di lapangan. Selain itu juga sulit dan ribet dalam proses pemindahan rangka dari pabrik.

Sementara sistem pemasangan di tempat lebih mudah melakukan penyesuaian struktur kuda-kuda dengan kondisi di lapangan. Proses perakitan dilakukan di lokasi mengacu pada gambar kerja dan cutting list sesuai perhitungan software. Kelemahannya, bila cuaca kurang bagus proses perakitan bisa terhenti.

Kesimpulan

Pada intinya memilih aplikator yang tepat untuk rangka atap baja ringan adalah bergantung kepada kepintaran setiap individu masing-masing seperti nego harga, pemilihan material yang tepat dan terdapat kesepakatan yang jelas dari kedua belah pihak untuk mempertimbangkan segala kemungkinan yang terjadi.

 

Semoga tips memilih aplikator yang tepat untuk rangka atap baja ringan dapat bermanfaat. Terimakasih..

Editor: | Update: Januari 2, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *