Mengenal Istilah-Istilah Dalam Konstruksi Baja Ringan

Beberapa istilah yang familiar dan sering di gunakan dalam konstruksi baja ringan

Bagi yang baru mengenal baja ringan istilah istilah di bawah ini pasti masih terdengar sangat asing di telinga. Diantaranya:

 

Galvalum/Galvalume merupakan nama lain dari baja ringan. Merupakan baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional.

Zincalume merupakan material baja dengan pelapisan yang mengandung unsur alumunium dan zinc, terdiri dari: 55% unsur coatingnya adalah aluminium, 43,5% adalah unsur seng/zink dan 1,5% unsur silikon.

Galvanis adalah proses pelapisan logam anti karat atau non corrosive metal pada besi.

Coating adalah sebuah penutup yang diterapkan pada permukaan suatu benda(lapisan anti karat), biasanya disebut sebagai substrat.

Corrosive/korosif adalah sifat suatu subtantsi yang dapat menyebabkan benda lain hancur atau memperoleh dampak negatif (pelapukan).

Atap spandek merupakan jenis atap baja ringan yang dibuat sedemikian rupa seperti halnya seng gelombang namun bedanya spandek ini bentuknya menyudut.

Kanopi (canopy) merupakan sejenis atap yang dibuat untuk melindungi bagian luar rumah maupun beberapa bangunan lain seperti teras rumah, garasi mobil dan sebagainya.

Awning (mini kanopi) merupakan suatu bentuk bangunan menyerupai kanopi atau lebih kecil daripada kanopi. Biasanya awning ini dipasngkan di atas jendela rumah.

Polikarbonat adalah salah satu jenis dari polimer thermoplastic

Truss Adalah Rangka yang menyangga atap, jembatan dll.

BMT singkatan dari Base Metal Thickness yaitu Ketebalan dasar baja sebelum dilapisi unsur Alumunium, resin dan warna.

TCT singkatan dari Total Coating Thickness yaitu Ketebalan baja setelah di beri lapisan Coating (biasanya bertambah 0.02 – 0.03 mm) dari BMT, Sehingga ketika di sigmat tebal 0.25 BMT akan menghasilkan 0.27 – 0.28 mm.

TCC singkatan dari Total Coating Colour yaitu Ketebalan baja setelah di beri lapisan coating dan warna (biasanya bertambah 0.01 – 0.02 mm) dari TCT, sehingga ketika di sigmat tebal 0.25 BMT akan menghasilkan 0.28 – 0.29 mm.

Fabrikator adalah distributor resmi yang memiliki tim aplikator yang berpenglaman, dapat dan mampu memproduksi Atap baja ringan berlisensi namun tidak dapat membeli pada pihak ketiga dan memberikan merek khusus.

Aplikator adalah jasa pemasangan Atap baja ringan yang memiliki pengalaman, bidang usaha ini sangat banyak dan memberikan harga yang sangat kompotitif dan terkadang sangat murah.

Prefabrikasi merupakan penyususnan rangka kuda-kuda yang dibentuk di pabrik menggunakan mesin

Pengaku (bracing) adalah pengaku-pengaku yang mutlak diperlukan agar seluruh kuda-kuda dapat bekerja sebagai satu sistem rangka atap.

Top chord adalah batang yang berada di sisi atas kuda-kuda, pada batang ini biasanya ditempatkan reng.

Bottom chord adalah batang yang berada di sisi bawah kuda-kuda, pada batang ini biasanya ditempatkan plafon dan penggantungnya.

Web adalah batang-batang penghubung antara BC dan TC, fungsi utama batang ini adalah memperkuat dan mendistribusikan beban sehinggga semua beban yang bekerja pada kuda-kuda dapat ditopang dengan baik oleh kuda-kuda.

Coil merupakan plat/lembaran yang diproses dari bahan galvalume atau baja yang dilapis chrome.

Taso adalah brand/merk baja ringan dari sebuah perusahaan yang bernama PT.TATALOGAMLESTARI

Besi hollow adalah salah satu jenis bahan material bangunan untuk pembuatan rangka plafon, partisi dinding, dll, yang berbentuk pipa kotak dan mempunyai ukuran 2 (cm) x 4 (cm) dengan ukuran 4 (cm) x 4 (cm), dan memiliki panjang 4 (meter).

Profil Yaitu baja berupa batangan (lonjoran) dengan penampang berprofil dengan bentuk tertentu dengan panjang pada umumnya 6 meter.

Bondek merupakan plat lapisan baja yang dilapisi dengan galvanis sehingga menjadikan strukturnya kokoh. bondek biasanya diaplikasikan untuk lantai.

Besi Kanal C (Besi CNP) merupakan jenis baja ringan yang mempunyai bentuk seperti huruf C, panjangnya 6 meter,dengan ketebalan mulai dari 0.65mm – 1.00mm. Biasanya digunakan untuk kuda-kuda utama baja ringan.

Besi Kanal U (Besi UNP) merupakan jenis baja ringan yang mempunyai bentuk seperti huruf U, Biasanya digunakan sebagai balok penutup dudukan atap.

Wide Flange (WF) biasa digunakan untuk: balok, kolom, tiang pancang, top & bottom chord member pada truss,composite beam atau column, kantilever kanopi,dan lain-lain.Istilah lain: IWF, WF, H-Beam, UB, UC, balok H,balok I, balok W.

Kuda-kuda ialah suatu susunan rangka batang yang berfungsi untuk mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri dan sekaligus dapat memberikan bentuk pada atapnya.

Rafter merupakan balok kuda-kuda sebagai balok struktural yang ditopang oleh kolom.

Carport merupakan kanopi yang dipergunakan sebagai garasi mobil pada tempat terbuka.

Ring balk/ring balok Merupakan struktur yang letak nya ada di bagian atas dinding dan menjadi tumpuan dari rangka atap.

Dynabolt adalah baut yang di gunakan untuk merekatkan dua buah objek yang memiliki selongsong silinder yang akan mengembang ketika baut di kencangkan.

Jurai dalam ialah bagian yang tajam pada atap,terdapat pada pertemuan dua bidang atap pada sudut bangunan kedalam.

Jurai luar ialah bagian yang tajam pada atap,terdapat pada pertemuan dua bidang atap pada sudut bangunan ke luar.

NOK (bubungan) Merupakan sisi atap yang teratas,selalu dalam keadaan datar dan umumnya menentukan arah bangunan.

Gording Merupakan Balok atap sebagai pengikat yang menghubungkan antar kuda-kuda. Gording juga menjadi dudukan untuk kasau dan balok jurai dalam.

Kasau merupakan Komponen atap yang terletak diatas gording dan menjadi dudukan untuk reng.

Reng merupakan Komponen atap yang memiliki ukuran yang kecil. Posisinya melintang diatas kasau. Reng berfungsi sebagai penahan penutup atap (genteng dan lain-lain).

Overstek Merupakan Atap tanpa penyangga yang menempel pada dinding luar bangunan.

 

Jika ada istilah lain yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar. Terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *