Webmaster Tools: Cara Verifikasi, Sumbit Index URL Blog + Analisa Traffic

Panduan Cara Daftar, verifikasi & add URL menggunakan Webmaster Tools versi Terbaru

Mendaftarkan Website atau blog anda ke webmaster tools, maka secara otomatis akan bisa meningkatkan SEO pada Blog Kegunaan Google Webmaster Tools ini untuk memverifikasi website atau blog resmi kepemilikian dimata Google.

Fungsi penting webmaster tool adalah fitur sitemap untuk website atau blog, sehingga jika ada update konten bisa index lebih cepatClick To Tweet

Manfaat lainya jika blog mengalami masalah seperti kode error, terkena malware maka sistem webmaster tools akan memberikan notifikasi.

 

Mulai Menggunakan Webmaster Tools

Langkah awal untuk mulai menggunakan webmaster tool, pastikan blog / website sudah memiliki konten secara lengkap seperti: home, about, layanan (jika ada), blog, disclaimer, kontak dan yang paling penting adalah halaman file: sitemap.xml 

 

Apa itu Sitemap.xml ?

Sitemap.xml adalah kode daftar isi semua isi konten blog kamu yang ditulis secara sistem oleh program dengan bahasa xml, ini ditujuan untuk robots index mesin pencari khususnya Google, sehingga bisa merayapai semua isi konten secara mudah.

Nantinya Google akan menjadawalkan waktu index ulang blog dengan melihat upate terbaru dari konten blog lewat almata sitemap.xml sehingga proses index dimesin pencari Google akan semakin cepat.

 

A. SITEMAP BLOGSPOT

Jika blog kamu dibuat dengan BLOGSPOT, maka untuk file sitemap bisa didapatkan dari link:

https://nama-blogkamu.blogspot.com/sitemap.xml

 

Contoh kode sitemap di blogger:

<?xml version='1.0' encoding='UTF-8'?>
<urlset xmlns="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9">
<url><loc>http://htmlnoer.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-image-preview-menggunakan.html</loc><lastmod>2011-08-11T12:54:49Z</lastmod></url>
<url><loc>http://htmlnoer.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-subscribe-email-pada-blog.html</loc><lastmod>2011-02-28T12:50:46Z</lastmod></url>
<url><loc>http://htmlnoer.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-efek-shadow-pada-kotak-dan.html</loc><lastmod>2011-02-27T14:54:24Z</lastmod></url>
<url><loc>http://htmlnoer.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-tabel-tahap-2.html</loc>

Kode sitemap.xml ini akan dibuat secara automatis oleh blogspot, dengan catatan kamu telah mengisi menu, isi konten postingan maka akan dapatkan sitemap.xml yang nantinya bisa untuk didaftarakan di webmaster Google Tools.

 

B. SITEMAP WORDPRESS

Kabar baik pengguna blog WordPress server sendiri kode sitemap bisa kamu dapatkan dengan sekalian install plugin SEO seperti:

  1. Yoast SEO
  2. All in SEO one Pack

Alamat link sitemap.xml pada plugin all in one seo pack sama dengan blogspot “httpp://www.namablog.com/sitemap.xml” sedangkan untuk yoast sedikit beda: itemap_index.xml

Contoh:

Note: walaupun beda secara penulisan namun secara teknis dan fungsi akan sama tinggal nanti waktu pendaftaran di webmaster tinggal disamakan saja nama sitemap nya.

OK lanjut…

 

Daftarkan blog di webmaster Google

Setelah semua siap, sekarang saatnya untuk mendaftarkan blog diwebmaster tools dengan akses situs resminya di

URL: https://search.google.com/search-console/

Silahkan login dengan akun Gmail kamu, jika sudah berhasil masuk langsung menuju menu sebalah kanan atas untuk versi dektop:

 

Tambah Properti baru

  1. Cari Properti (menu kiri atas)
  2. Tambahkan Properti baru

Masukan alamat blog, sample: https://www.blogsaya.com (hanya alamat domain utama saja), selanjtnya tekan tombol :: Selanjutnya / Continue

 

Verifikasi situs Blog Webmaster

Tahap verifikasi situs:

Langkah2:

  1. Mengupload file ke html situs
  2. Tag html
  3. Kopi kode yang tertera dimasukan dalam file blog antara kode <head> … </head>

Untuk WordPress bisa masuk di menu: Appearnace > theme editor > cari file : header.php, jika tidak mau ribet bisa gunakan plugin seo, sebagai contoh :

  • All in one seo pack

Masuk dimenu general setting >

  • Plugin SEO Yoast:

Buka plugin yoast: Menu general > webmaster tools

Note: untuk ini hanya kode conten saja yang dimasukan jangan semua kode file, selanjutnya tekan tombol simpan, setelah proses verifikasi situs selesai maka langsung buka Google Webmaster Tools kembali.

Lanjut…

Cari nama situs di form pencarian properti > tekan – — maka sistem akan mencoba untuk verifikasi jika semua sudah benar maka akan dapat pesan: verifikasi berhasil.

 

Tambahkan Peta situs / Sitemap

 

Keterangan:

  1. Menu peta situs
  2. tambakan link : sitemap.xml
  3. Kirim

__Selesai.

 

Monitoring Blog Webmaster Tools

Setelah kita mendaftaran blog di webmaster tools maka nantinya akan dapat laporan, notifikasi beripa grafik dan pesan lewat email jika ditemukan masalah dll.

Disini kita bisa monitoring traffic blog secara berkala bisanya akan tampil data seletah 1-2 minggu setelah blog berhasil didaftaran dan sudah mendapatkan traffic.

Ket: ini gambar pada menu kinerja untuk monitoring traffic blog berkala.

 

Cara Submit, Add URL Index Webmaster Google

Manfaat yang penting di webmaster tools adalah adanya fitur submit URL, dimana kita bisa update index google dengan konten terbaru / konten lama yang telah di edit secara cepat < 1 menit. caranya sangat mudah:

keterangan:

  • Masukan link artikel / postingan / blog yang akan di index, pada form diatas,
  • Klik link: MINTA PENGINDEKAN.

Catatan:

fitur ini bisa kamu gunakan jika memang perlu index secara cepat dan kuota / hari akan dibatasi, karena secara teknis semua situs yang kamu publish akan di index ulang karena sudah terdaftar. Cuma waktu sedikit lebih lambat biasanya untuk artikel baru antara 1-3 hari umumnya (namun ada beberap blog yang 1-5 menit sudah index.)

 

Disclaimer Konten

Materi Webmaster Tools ini kita tujukan untuk pemula yang baru belajar BLOG, website dan kami tidak menjelaskan semua secara detail / kita batasi untuk topik2 terkait seperti cara setup sitemap di plugin wordpress, cara atur jadwal sitemap.

Jika ada pertanyaan bisa langsung isi di form komentar, tim support kita akan senang hati menjawab semua pertanyaan / yang masuk.

__thank for visited.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *