Cara mencegah dan memperbaiki bocor genteng metal

Rumah anda bocor padahal sudah pakai genteng metal? Begini cara mengatasinya.

Genteng merupakan salah satu bagian terpenting dalam suatu bangunan karna selain menjadi penutup atap rumah genteng juga menjadi pelindung dari panas dan hujan. Apa jadinya jika penutup atap rumah ini berlubang? apalagi pada musim hujan seperti sekarang ini.

Sebenarnya penggunaan genteng metal menjadi solusi karna selain anti pecah genteng metal juga mempunyai daya tahan tinggi, tidak mudah lapuk, tahan dari serangan jamur, rayap dan bisa dipakai hingga puluhan tahun. Namun, ketahanan tersebut bukan berarti tidak akan bocor. Berikut penyebabnya:

Penyebab kebocoran genteng metal

1. Goresan kecil

Goresan kecil pada saat pemasangan bisa menjadi masalah besar, apalagi ketika goresan tersebut sudah melukai lapisan kulit terluar, Seiring berjalannya waktu akan menyebabkan retak hingga akhirnya berlubang.

2. Pemasangan skrup

Salah satu penyebab kebocoran genteng yang paling umum di jumpai pada genteng metal ialah pada pemasangan skrup. Pemasangan skrup yang miring atau kurang dalam dapat menjadi rembesan air.

3. Gempa bumi

Selain merusak dan meretakkan atap bangunan gempa bumi juga dapat merobohkan segalanya. Selain gempa bumi tiupan angin yang kencang juga dapat membuat keretakan pada genteng metal karna sifatnya yang ringan dan mudah tertiup angin.

4. Pada sambungan

Kurangnya pengecekan pada sambungan genteng metal saat memasang juga menjadi salah satu penyebab kebocoran. Pada saat pemasangan diperlukan ketelitian dan ketelatenan agar meminimalisir segala kemungkinan yang terjadi.

5. Tingkat kemiringan

Sudut kemiringan atap genteng metal yang ideal adalah  20 – 30 Derajat jika terlalu miring atau terlalu tegak maka pemasangan NOK yang di ikat menggunakan paku ulir menjadi kurang maksimal sehingga menjadi salah satu pemicu kebocoran.

6. Pemotongan kurang sempurna

Pemotongan genteng metal harus menggunakan gunting besi khusus. Pemotongan yang kurang sempurna menyebabkan air mudah untuk merembes masuk melalui celah – celahnya.

Cara memperbaiki kebocoran pada genteng metal

1. Cari sumber kebocoran

Lihat dulu di bagian mana sumber air yang menetes itu berasal, Jika rumah anda menggunakan plafon naik ke atas plafon untuk memastikan bagian mana yang mengalami kerusakan atau berlubang.

2. Bocor karna goresan

Jika terjadi kebocoran genteng metal karna goresan bekas lama segera lakukan penambalan dengan menggunakan serat lalu ditempelkan menggunakan resin yang telah dicampur dan ditakar dengan katalist. takaran yang tepat adalah

  • 1:10 yang artinya banyak katalis adalah 1/10. Perbandingan ini yang dipakai oleh kebanyakan orang untuk jenis akrilik.
  • 3/100 atau banyak katalis adalah 1/33,333333~ dari banyaknya resin. Ini biasanya untuk resin yang kualitasnya kurang bagus atau resin butek.
  • ½ Gelas Air Mineral resin: 10-15 tetes katalis.

3. Bocor atau pecah pada NOK 

Jika terjadi kebocoran genteng metal pada NOK (bumbungan atap) segera membeli ke toko bangunan terdekat mengganti kemudian merapikan kembali.

4. Bocor pada sambungan

Sambungan yang dimagsud adalah sambungan apa saja seperti sambungan pada genteng metal maupun sambungan pada talang. Cara mengatasinya yaitu dengan merapikan kembali sambungan tersebut dengan potongan lembaran atap metal dengan tipe yang sama kemudian pasang paku/sekrup SDS yang rapi jika perlu pasang sealant(silicon) agar air tidak mudah rembes masuk.

5. Periksa kembali

Jika kebocoran telah di temukan dan perbaikan sudah dilakukan periksa kembali keesoksan harinya untuk memastikan perbaikan sudah menyeluruh dan kuat pada bagian yang mengalami kebocoran tadi.

 

Cara mencegah kebocoran pada genteng metal

1. Aplikator handal

Pemasangan genteng metal harus dilakukan oleh aplikator/tukang yang handal agar dapat meminimalisir segala kemungkinan yang terjadi seperti pemotongan kurang sempurna, pemasangan baut tidak memenuhi syarat ataupun kurangnya pengecekan pada sambungan genteng metal tersebut.

2. Pengecekan rutin

Pengecekan dilakukan minimal 1-2 bulan sekali bertujuan untuk memantau segala hal yang dapat menyebabkan kebocoran seperti paku/ skrup SDS dan sambungan  yang mengelupas, Ranting pohon yang codong ke atap rumah bahkan membersihkan rumput, debu dan lumut yang ada pada atap rumah anda.

3. Komponen cadangan

Simpan sisa genteng metal sisa pemasangan dulu bertujuan untuk jaga jaga jika terjadi kebocoran, Serta komponen komponen cadangan pendukung lain seperti NOK, paku/skrup SDS dll intinya lebih baik mencegah daripada memperbaiki.

Semoga bermanfaat. Terimakasih..

Editor: | Update: Juli 31, 2019

Baca Juga:

2 thoughts on “Cara mencegah dan memperbaiki bocor genteng metal

  1. Avatar for RiniRini

    Tukang seringkali otomatis pakai ‘no drop’ dan bocor berulang. Apa memang yg terbaik adalah dengan sealen?

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      sealen menjadi solusi terbaik khusus genteng metal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *