Jenis, Ukuran & Merk Genteng Atap Baja Ringan

Rekomendasi Jenis, Ukuran & Merk Genteng Untuk Atap Baja Ringan

Pemilihan genteng yang tepat untuk atap baja ringan menjadi salah satu faktor penting karena selain menambah kenyamanan anda di dalam rumah juga memepercantik tampilan luar atap bangunan rumah anda.

Berikut adalah jenis jenis genteng yang tepat dipasangkan untuk atap baja ringan.

 

Genteng metal

Genteng metal merupakan salah satu jenis genteng berbahan metal yang tidak mudah berkarat, tidak mudah terbakar dan tidak menimbulkan panas, serta terdapat lapisan cat anti lumut sehingga genteng ini dapat bertahan lama. Dari segi tampilan genteng metal terbagi menjadi 2 yaitu:

Genteng Metal Polos: Mayoritas orang sebenarnya menyebut genteng ini genteng metal biasa atau genteng metal saja. Jenis genteng metal ini permukaannya halus dan licin serta dilapisi lapisan pelindung yang berwarna.

Genteng Metal Pasir: Dinamakan genteng metal pasir karena genteng metal memiliki permukaan yang bertekstur kasar seperti dilapisi pasir.

 

Selain genteng metal polos dan genteng metal pasir, Dilihat dari materi atau bahan pembuatnya, genteng metal memiliki beberapa macam jenis yaitu :

Genteng Metal Tembaga

Salah satu yang menyebabkan Genteng metal tembaga ini paling mahal dari jenis yang lain yaitu ketahanannya bisa mencapai 100 tahun.  Karena warna dan tampilannya yang indah, biasanya genteng ini dipasangkan pada exterior rumah seperti area atas jendela sebagai aksen dekoratif dari desain rumah secara keseluruhan.

Genteng Metal Galvalume Steel

Genteng ini berupa lembaran-lembaran seperti seng, bobotnya ringan dan ciri khas genteng metal galvalume steel ini tampilannya metalik sehingga cocok dipasangkan untuk bentuk rumah apa saja.

Jenis genteng metal ini tidak perlu perawatan yang merepotkan dan berkala.

Genteng Metal Pasir

Selain meredam panas dan bunyi air hujan genteng metal pasir juga tidak menimbulkan ataupun membesarkan api. Genteng metal pasir ini sudah terkenal tahan lama, tahan goresan dan benturan.

Oleh karna itu jenis genteng metal ini merupakan jenis yang paling dikenal oleh masyarakat. Genteng metal ini berbahan baku baja galvalume az 100, zincalume, zinc phospat, dan campuran coraltex sehingga kekuatan dan ketahanannya tidak diragukan lagi.

Genteng Metal Spandek

Jenis genteng ini biasanya sering kita jumpai pada mall, rumah toko, rumah kantor, gudang dan pabrik. Bentuknya yang berupa lembaran-lembaran besar mempermudah dan mempercepat pemasangannya.

Genteng metal dengan komposisi 45% seng dan 55% aluminium ini memiliki sifat yang kokoh dan awet. Beberapa produsen menambahkan campuran silikon agar lebih lentur sehingga mudah mengikuti bentuk permukaan atap.

Genteng Metal Stainless Steel

Genteng metal stainless steel ini berbahan dasar alumunium serta campuran baja. Karakteristik genteng metal ini yaitu tingkat korosinya sangat rendah dan tahan terhadap polutan garam sehingga cocok di pasangkan pada bangunan dekat pantai maupun laut serta tempat lain yang beriklim ekstrim.

Bobotnya yang berat membuat genteng ini tahan terhdap terpaan angin yang besar.

Genteng Metal Standing Seam

Jenis genteng ini biasanya dipasangkan pada bandar udara, stasiun kereta api maupun bangunan komersial atau residensial lainnya.

Karakteristik genteng metal ini berupa lembaran-lembaran besar yang ringan, serta sudah memiliki sistem interlocking (sering disebut anti maling) pada sambungannya sehingga membuat genteng metal ini terkenal kedap air yang luar biasa.

Genteng Metal Millennium

Jenis genteng ini bahan dasar stainless steel yang dapat di daur ulang sehingga membuat genteng metal ini ramah lingkungan. Tampilan futuristik dengan warna-warna metalik membuat genteng metal ini banyak dicari karna tampilannya yang cantik serta dapat memantulkan cahaya.

Genteng metal inovasi terbaru ini termasuk genteng metal premium yang telah dilengkapi pengincian iterlocking di setiap sambungan lembarannya.

8 Merk genteng metal yang sering kita temui

  • Genteng Metal Multi Roof
  • Genteng Metal Sakura Roof
  • Genteng Metal Surya Roof
  • Genteng Metal Multi Sirap
  • Genteng Metal Fancy
  • Genteng Metal Soka
  • Genteng Metal Menara
  • Genteng Metal Rainbow Roof

 

Genteng Beton

Genteng beton memiliki sifat yang tahan akan serangan biologis seperti polusi suara dan suhu udara sehingga cocok dipasangkan untuk bangunan pinggir jalan raya. Bentuknya yang berfariasai serta banyak pilihan warna membuat atap rumah memiliki tampilan yang indah.

Namun, genteng beton ini mudah untuk di tumbuhi lumut tetapi diimbangi dengan kekuatan dan kekokohannya yang luar biasa. Genteng beton mempunyai 2 jenis yaitu genteng beton gelombang dan genteng beton flat.

Genteng Aspal

Genteng aspal dapat dipasang di hampir semua jenis atap, seperti rumah dengan atap curam dan atap dengan cerobong asap maupun jenis lainnya.

Genteng aspal ini terbuat dari bahan bubuk kertas, serat organik, resin dan juga aspal. Karena genteng ini ringan maka tidak harus ditopang oleh struktur rangka yang kuat sehingga dapat menekan biaya produksi pembuatan rumah.

Genteng Keramik

Jenis genteng ini merupakan genteng yang paling ramah lingkungan daripada jenis yang lain karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya dalam proses pembuatannya .

Berbahan dasar dari tanah liat dan kaolin serta campuran pasir kuarsa yang dapat mengurangi susut. Jenis genteng ini cocok dipasangkan dengan rangka atap baja ringan karna pemasangannya yang mudah serta tidak perlu ketelitian tinggi.

Kesipulan

4 jenis genteng di atas merupakan jenis genteng yang cocok dipasangkan dengan rangka atap baja ringan. Tetapi sebelum memakainya harap konsultasi terlebih dahulu kepada aplikator pembangunan yang handal mengenai harga dan jenis genteng yang tepat, karna jenis di atas di sesuaikan dengan letak geografis wilayah masing-masing.

Semoga bermanfaat dan menjadi referensi anda dalam memilih genteng. Terimakasih..

Editor: | Update: Januari 2, 2020

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *