Perbedaan, Cara pengisian Pulsa Listrik Prabayar dan Pascabayar

Murah mana, pulsa listrik prabayar atau pascabayar ?

Sebenarnya tidak cuma listik yang menggunakan sistem pembayaran prabayar dan pascabayar namun pada telpon pun menerapkan sistem ini meskipun sistem pascabayar kurang dikenal daripada sistem prabayar. Terus apa sih perbedaan keduanya? simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan pulsa listrik prabayar dan pascabayar

1.) Prabayar

Pulsa listrik prabayar merupakan sistem pembayaran listrik yang dilakukan di awal pemakaian atau sebelum pemakaian, seperti ketika membeli token listrik atau membeli pulsa telepon. Artinya jika kita ingin menikmati layanan tersebut kita harus bayar ataupun deposit terlebih dahulu.

Kelebihan listrik prabayar:

  1. Besar kecilnya biaya pemakaian listrik tergantung pengguna membeli token setiap bulannya.
  2. Tidak ada denda telat bayar
  3. Cocok untuk Anda yang memiliki kontrakan atau rumah kost
  4. Tidak akan terjadi risiko kesalahan pencatatan meteran oleh petugas
  5. 20 digit pulsa listrik hanya bisa digunakan di meteran Anda, sehingga keamanan terjamin

Kekurangan listrik prabayar:

  1. Jika pemakaian terlalu besar, listrik bisa tiba-tiba mati sehingga Anda harus selalu sedia voucher pulsa listrik cadangan
  2. Meteran listrik prabayar lebih sensitif dan mudah rusak

2.) Pascabayar

Pulsa listrik pascabayar merupakan sistem pembayaran listrik pada umumnya, biasanya sistem pembayaran listrik ini dilakukan di akhir bulan dengan sejumlah tagihan pemakaian dari pembayaran terakhir. Meskipun sistem pulsa listrik pascabayar ini terkesan kuno tetapi tagihannya lebih murah daripada pulsa listrik prabayar.

Kelebihan listrik pascabayar :

  1. Listrik selalu tersedia, tidak ada risiko tiba-tiba mati karena habis pulsa
  2. Anda tidak harus melakukan isi pulsa listrik sendiri

Kekurangan listrik pascabayar :

  1. Jika tidak hati-hati, pemakaian bisa overbudget
  2. Jika menunggak, Anda bisa dikenakan denda bahkan pemadaman listrik
  3. Petugas PLN harus datang untuk cek meteran listrik, namun saat ini Anda bisa menggunakan cara online untuk cek tagihan.

 

Cara pengisian pulsa listrik prabayar

1. Membeli pulsa token listrik

Sebenarnya pembelian pulsa token listrik bisa dilakukan dimana saja seperti Konter/agen pulsa, ATM, Alfamart/Indomaret dll pada intinya sama saja. Yaitu sama sama dapat ID yang berisi 20 digit angka dalam suatu struk.

Untuk membelinya anda harus membawa kartu identitas pengguna listrik prabayar atau hafalkan ID yang berisi 11 kode angka yang ada di kartu tersebut.

2. Masukkan ID tersebut ke meteran 

Masukkan ID yang berisi 20 digit angka yang tertera dalam struk yang anda dapatkan dari konter, ATM ataupun agen pulsa listrik lainnya tadi ke meteran. Langkah memasukkanya sebagai berikut:

  1.  Ketik 20 digit angka yang ada di meteran anda.
  2.  Jika ada kesalahan ketik maka tekan tombol  “backspace”, untuk membatalkan.
  3.  Dan jika sudah benar, tekan tombol  “enter”.
  4.  Jika benar akan tertera tulisan “accept”. dan angka yang ada di layar meteran akan bertambah.
  5.  Jika kode yang anda masukkan salah maka akan tertera tulisan “reject” dan anda harus memasukkannya dari awal lagi.

Tertarik dengan bisnis jual pulsa murah ?

metrovoucher.net adalah jawabannya. Mengapa demikian? Karna  Metro Voucher melayani Pendaftaran agen/distributor pulsa murah di seluruh indonesia dengan pendaftaran gratis, harga lebih miring daripada server lain, keamanan dan kenyamanan konsumen pun terjamin.

Tidak cuma melayani pembelian pulsa token listrik, Metro Voucher juga melayani pengisian lain seperti: Pulsa elektrik, Paket data internet sms dan telpon, Voucher TV, Voucher Game Online, Top up E – Money serta Tagihan PPOB dengan fitur canggih bisa trx melalui aplikasi android seperti WA, G-TALK dan BBM.

 

Kesimpulan

Pada intinya penggunaan pulsa listrik prabayar maupun pascabayar disesuaikan dengan kebutuhan. Terus murah atau irit yang mana? menurut saya pribadi penggunaan pulsa listrik pascabayar lebih murah daripada prabayar. Untuk tingkat irit atau tidaknya semua itu tergantung pemakainya.

Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat. Jika kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar. Terimakasih..

Editor: | Update: Oktober 12, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *