Cara mudah membedakan jam tangan asli atau palsu

Ini dia cara mudah membedakan jam tangan asli(original) atau palsu(KW) dari berbagai macam aspek

Jam tangan memang bukan barang elektronik mewah seperti pada umumnya, namun seiring berkembangnya jaman banyak bermunculan jam tangan dengan fitur-fitur canggih di dalamnya salah satunya smartwatch yang penggunaanya mirip seperti telepon pintar.

Di jaman modern ini jam tangan memunculkan fitur fitur canggih guna menunjang aktifitas sehari hari tanpa kendala diantaranya Fitur waterresist(anti air), shockresistant(tahan goncangan), alarm, sopwatch dll dengan harga mahal.

Harga yang mahal tersebut menjadi hambatan bagi pencinta arloji keren ini, oleh karnanya banyak bermunculan jam tangan kw dengan harga murah. Simak ulasan berikut cara membedakannya.

Apa sih jam tangan kw itu?

Sebenarnya di indonesia banyak tersebar produk kw tidak cuma jam tangan.Jam tangan kw adalah jenis jam tangan dengan tiruan yang sempurna. Jam tangan ini  mempunyai merk sama dengan gaya tulisan dan bentuk sama, ukuran sama dari jenis yang sama. sehingga sangat sulit untuk dibedakan.

Bagaiman cara membedakannya

Jam tangan KW ini memang sulit di bedakan bahkan hampir tidak ada bedanya sama sekali dengan barang aslinya, sehinggan untuk membedakannya kita dapat melihat dari apek berikut ini.

1. Harga Jam tangan

Hal yang paling mudah membedakan jam tangan tersebut asli atau palsu adalah dari harganya. Jam tangan kw biasanya mempunyai harga yang sangat murah bahkan selisihnya bisa separuh harga atau lebih dibanding harga barang aslinya.

2. Hal-hal kecil

Dari bentuknya jam tangan kw ini serupa memang terlihat sama dengan jam tangan yang asli,tetapi jika melihat detai kecil di setiap bagiannya, biasanya jam tangan kw ini terdapat cacat kecil di setiap sudutnya, gaya tulisan yang sedikit blur dan kurang jelas, jahitan kurang rapi, lem mudah terkelupas, serta terdapat bagian-bagian kecil lain yang kurang sempurna.

3. Berat Jam Tangan

Berat jam tangan asli lebih berbobot daripada jam tangan KW dikarenakan jam tangan asli menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dari mulai bahan luar yang keras hingga partikel partikel bagian kecilnya di dalamnya.

4. Garansi

Jam tangan asli pada umumnya mempunyai kartu garansi resmi 1 – 3 tahun dari perusahaan yang memproduksi jam tangan tersebut disertai cap logo resmi,tidak hanya garansi dari toko tempat kita membelinya.

5. Lokasi pembelian

Kebanyakan jam tangan bermerk dan terkenal berasal dari negara lain, oleh karna itu jika ingin membeli jam tangan yang asli dan original bisa melalui cara online dengan mengunjungi situs resminya secara langsung atau bisa mengunjungi marketplace (situs jual beli online) yang terpercaya seperti JD.ID

6. Kualitas jam tangan

Jam tangan palsu mempunyai kualitas kurang baik dibandingkan dengan jam tangan aslinya seperti batrai yang tidak tahan lama, jahitan tidak kuat, mudah patah atau lepas pada bagian bagian tertentu. Pada umumnya masa atau daya tahan jam tangan asli bisa mencapai 1 – 2 tahun. Tetapi resiko tersebut kembali lagi ke pemakainya.

7. Detikan jarum jam tangan

Jam tangan asli pada umumnya memiliki suara detikan jarum jam yang tidak ada bunyinya sama sekali ini dikarenakan susunan komponen komponen kecil dari proses pembuatannya yang sempurna.

8. Sertifikat asli

Dalam pembelian jam tangan asli selain mendapat garansi resmi, box original, cadangan baterai, buku panduan dari perusahaan produksi merk tersebut biasanya juga terdapat sertifikat di dalamnya. Sertifikat ini menandakan anda telah membeli jam tangan asli atau original. Sertifikat ini hanya dikeluarkan oleh perusahaan resminya.

9. Periksa nomer seri jam tangan

Nomer seri biasanya terdapat pada bagian bawah jam tangan berupa perpaduan huruf dan angka.Cara membedakan jam tangan asli dan palsu salah satunya dengan cara mengecek nomer serinya di internet serta melakukan reset pada situs resmi pembuatannya.

Kesimpulan

Kebanyakan orang indonesia kurang menghargai produk original/asli, pikir mereka toh sama aja..intinya sama sama terlihat bergaya juga kan?ibarat kata nggak perlu barang original barang kw pun jadi. mereke belum paham arti menghargai dan bangga menggunakan produk original.

Dari penjelasan di atas jam tangan asli dan kw memang susah susah gampang untuk di bedakan, untuk itu perlu kejelihan menyeluruh dalam pengecekannya.Untuk pembelian jam tangan asli saran saya bisa melalui marketplace terpercaya seperti JD.ID atau mengunjungi situs resminya langsung.

Editor: | Update: Juli 20, 2019

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *