ALEXA: Cara Meningkatkan Ranking Alexa Blog (100% Berhasil)

5.2K Shares

Panduan, cara Booster Blog meningkatkan ranking Alexa hingga dibawah 10K

Alexa merupakan platform atau tool online yang memiliki fitur untuk keperluan SEO, atau digital marketing lainya seperti: SEO audit, cek On-Page / Backlink, Find Similar Sites, Top Sites, dll. 

Alexa memiliki indikator yang sering dipakai untuk alat ukur menentukan kualitas website / Blog dengan “Rangking Alexa”.

Apa itu Alexa rank?

Pemeringkatan website-website yang ada di Internet berdasarkan banyaknya kunjungan pada setiap website. Makin banyak pengunjung maka makin tinggi peringkatnya (makin kecil angkanya).

Contoh pada saat artikel ini kami tulis ranking website google.com adalah 1, sedangkan youtube.com rankingnya 3, karena memang pengunjung google.com lebih banyak dibanding youtube.com.

Untuk mengetahui Nilai rangking Alexa bisa langsung cek situs blog di:

  1. https://www.alexa.com/siteinfo/seosatu.com (cek global)
  2. https://www.alexa.com/siteinfo/seosatu.com#trafficstats (cek alexa rangking)

Note: ganti url warna red dengan blog kamu.

 

Apa rangking Alexa Blog itu penting ?

Secara umum rangking alexa bisa menjadi salah satu acuan indikator Blog itu bagus kualitas & jumlah traffic blog, namun masih kalah dengan Google Analystics, Kadang alexa rangking menjadi syarat untuk keperluan tertentu contoh:

Mendaftar kerjasama media iklan news (non-adsense), Instansi pemerintahan, dll – Kalau sudah begini alexa bisa dianggap penting.

 

Bagaimana Alexa Rank dihitung?

Alexa memperkirakan rata-rata pengunjung harian dan tampilan halaman ke setiap situs selama 3 bulan terakhir. website dengan kombinasi pengunjung dan tampilan halaman tertinggi selama 3 bulan terakhir berada di peringkat # 1.

Blog dengan peringkat paling sedikit di suatu tempat sekitar 30 juta. Jika tidak ada traffic / pengukuran alexa atau yang mengunjungi situs selama 3 bulan terakhir, maka rangking alexa akan turun.

Artinya semakin banyak traffic blog + konten dapat rangking baik di google maka rangking alexa akan naik secara automatis / 3 bulan.

 

Pasang Plugin Alexa Browser

Cek rangking alexa cepat & mudah, Jika tidak mau report kamu bisa pakai plugin Google Crome:

Selanjutanya..

Langsung saja cek berapa rangking blog kamu di alexa, nilai rangking rekomendasi < 10k untuk lokal indonesia itu sudah cukup baik. Terus apa jadinya jika rangking alexa > 100K…??

 

Cara meningkatkan, memperkecil peringkat Alexa

Berikut ini beberapa cara dan metode untuk meningkatkan ranking Alexa yang kami ketahui untuk solusi atas masalah nilai rangking alexa yang super gendut > 100k.

Langkah awal verifikasi sertifikat domain blog untuk akun: alexa, namun sekarang berbayar bulanan:

Note: verifikasi akun / setifikat alexa VS Blog bersifat optional, jika memang tidak ada dana lebih, lebih baik tidak usah.

 

OK Lanjut:

1. Perbanyak pengunjung #Visitor

Ini menjadi rahasia umum faktor utama rangking Alexa, untuk meningkatkan ranking Alexa itu sebenarnya sederhana saja, yaitu perbanyaklah pengunjung website Anda, itu intinya.

Ingat!! meningkatkan jumlah pengunjung, Traffic (visitor) itu tidak mudah, karena dibutuhkan waktu, kerja keras dan disiplin ilmu tersendiri agar pengunjung website menjadi ramai.

Baca:  Cara Meningkatkan Traffic, Pengunjung Blog > 50k / Hari

Tips yang bisa Anda gunakan untuk meingkatkan pengunjung blog:

2.) Perbanyak artikel berkualitas

Sering-seringlah menulis artikel yang bagus & berkualitas, karena dengan meningkatkan jumlah artikel maka kemungkinan halaman website Anda dikunjungi oleh orang lain akan semakin besar, bayangkan saja dengan memiliki 10 artikel maka kemungkinan jumlah pengujungnya akan lebih banyak jika dibandingkan dengan hanya memiliki 5 artikel saja.

Fokus utama tidak hanya mengejar jumlah artikel namun harus diimbangi kualitas artikel konten.

Baca:  Cara Menulis Artikel / Konten Blog yang SEO Friendly

3.) Artikel harus menarik & dibutuhakn

Konten berkualitas, dibutuhkan & manfaat saja belum cukup, Artikel yang disampikan secara biasa-biasa saja, tidak menarik, apalgi tidak bermanfaat, apalagi hanya hasil copy paste dari website lain tentu tidak akan menarik dimata orang lain dan juga dimata mesin pencari seperti Google

Pengunjung akan bertambah lebih banyak seiring waktu jika kamu rajin / konsisten publish konten2 yang manarik, bermanfaat & diperlukan user (dicari2).

4. Optimalkan SEO

Artikel berkualitas, Menarik juga belum maksimal tanpa dioptimasi SEO secara benar, artikel juga harus memenuhi syarat-syarat yang disukai Google, seperti penulisan judul yang bagus, URL yang relevan, dan kualitas konten yang mumpuni.

Kualitas konten yang mumpuni ini ada banyak faktor, salah satu faktornya adalah adanya keterkaitan isi konten dengan judul dan alamat URL.

Dengan menerapkan teknik-teknik SEO yang benar, sebenarnya tidak memiliki banyak artikel pun ranking Alexa bisa tinggi, asalkan teknik SEO yang digunakan bisa menghasilkan banyak pengunjung setiap harinya lewat artikel yang nangkring di halaman 1 Google dengan Traffic Sultan.

Resep belajar SEO bisa kamu icip2 disini:

Belajar SEO Google Lengkap tingkat dasar – mahir

Lanjut Bos >>

4.) Manfaatkan sosial media

Jaman Now, Sosial media menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk menyebarkan konten / artikel yang ada di website, karena pengguna sosial media masih sangat banyak.

Jika memungkinkan gunakan semua sosial media yang ada untuk menunjang aktivitas website Anda, rekomendasi sosial media yang bisa digunakan seperti: Facebook, Twitter & youtube.

5.) Perbanyak backlink blog

Semakin banyak backlinks external / internal maka kesempatan dapat naikan rangking alexa akan semakin cepat, namun kualitas backlink harus High Quality.

Baca:

Cara Membangun Backlink Berkualitas (High Quality)

 

Kesimpulan

Pada dasarnya tidak ada cara instan untuk menaikan peringkat rangking alexa blog, kamu harus ikuti tahapan proses diatas sehingga nantinya bisa dapatkan hasil yang memuaskan & maksiamal.

Sumber referensi: https://blog.alexa.com/improving-your-alexa-rank

__thank for visited.

Editor: | Update: Oktober 22, 2020

Baca Juga:

4 thoughts on “ALEXA: Cara Meningkatkan Ranking Alexa Blog (100% Berhasil)

  1. Avatar for SusantoSusanto

    Bahas seo itu bosan, cuma pembahasan seperti ini cari aman saja

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas Admin

      SEO itu kreatifitas dan pengembangan konten, ini merupakan tips cara untuk SEO vs Alexa.

  2. Avatar for KustianaKustiana

    Iya mas paling sulit itu mencari visitor, dan sayah juga baru ngeblog newbie, tapi kerja keras dan usaha itu yang harus dioptimalkan terimakasih artikelnya bermanfaat untuk sayah senderi,

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      iya mba perjuangan blogger adalah buat konten untuk dpat traffic…, kita sudah sedikan materi mendatangkan traffic orgnaik lewat cara SEO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *