Penyebab Gas Mobil Ngempos (tidak ada tenaga)

Solusi Masalah Gas Mobil Nge-lag / Ngempos tidak bertenaga saat pedal gas ditekan

GAS Mobil Ngempos Adalah dimana Kondisi ini disebut gas mobil kosong jika di injak / tekan (tanpa respon tenaga Mobil), Masalah mobil Ngepos sangat berbahaya jika berkendara di jalur cepat, mobil anda mendadak jadi kosong atau dalam jalan tanjakan curam.

Contoh kasus Gas Mobil Ngempos untuk merk / jenis kendaraan

  • Honda: BRIO, Mobilio, BRV, Jazz, City, Accord, civic & H-RV
  • Toyota: Agya, calya, Avanza, rush, Fortuner, kijang Innova, sienta, camry, Alphard, Vellfire, etios, vios
  • Daihatsu: Ayla, Sigra & Xenia, luxio, Sirion, Terios, Copen  Serta merk mobil lainya seperti Datsun & Wuling.

 

Penyebab Masalah Gas mobil Ngempos / Lag ( Respon Delay )

Contoh Masalah ini bisa terjadi pada mobil merk Honda BRIO  jenis matik / manual dengan sistem Injeksi, berikut beberapa penyebab & indikasi permasalahan yang perlu di check secara detail:

1. Electric Injector Bermasalah

Electric injector yang bermasalah bisa membuat gas mobil kosong, Fungsi electric injector adalah untuk mengalirkan pasokan bahan bakar ke mesin mobil. Cara kerjanya seperti katup yang membuka dan menutup dalam momen yang pas. Katup ini bernama solenoid cut off. 

Indikasi masalah:

Jika Electric injector katupnya macet, Maka tidak ada bahan bakar yang dikirimkan ke dapur pacu. Ketika anda menginjak pedal gas, anda tidak merasakan adanya tenaga atau biasa disebut ngempos.

Kerusakan Electric injector disebabkan karena kurang merawat filter bahan bakar atau karena usianya. Tapi anda bisa mencegahnya. Seperti penggantian filter bahan bakar tiap sepuluh ribu kilometer dan membersihkan pompa injeksi dari kotoran lalu menyetelnya sesuai standard.

 

2. Mobil Overheat / Terlalu Panas

Penyebab gas mobil kosong kedua mungkin karena mesin mobil mengalami overheat. Masalah overheat pada mobil pada umunya disebabkan karena radiatornya yang rusak sehingga dampaknya mengganggu sistem pendinginan.

3. Busi Kurang Bersih

Sebab gas mobil kosong ketiga bisa karena busi kurang bersih. Bersama dengan koil, busi termasuk dalam sistem pembakaran. Busi yang kotor mempengaruhi performa sistem pembakaran. Biasanya kotor karena kerak. Kerak-kerak ini menghalangi sistem pembakaran sehingga hasilnya jadi tidak maksimal. Pencegahannya tentu mengecek kebersihan busi secara rutin.

 

4. Filter Udara Kurang Bersih

Filter udara kurang bersih menjadi penyebab gas mobil kosong keempat. Mobil butuh asupan udara agar mobil bisa berjalan. Oksigen di udara berguna untuk mendukung proses pembakaran, Jika udara kotor bisa menyebabkan Gas Mobil Ngepos.

 

Kesimpulan

Segera bawa mobil kebengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda yang memiliki alat untuk support injeksi mobil, coba cek semua komponen mobil diatas sekiranya mana yang menyebabkan GAs mobil menjadi ngepos.

Ulasan masalah diatas bersifat umum, kendala setiap mobil tentunya akan berbeda2, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada montir / mekanik ahli di kota anda.

__Terimakasih.

Editor: | Update: Januari 22, 2020


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *