Tekanan Angin Ban Mobil Hatchback, City Car, SUV & MPV

INFO Ukuran Tekanan Angin ban mobil hatchback, Sedan, City car & MPV: Toyota Avanza, Xenia, Honda Jazz, Brio, Mobio, HRV, BRV, Agya, Ayla, Yaris + SUV yang Nyaman

Standard ukuran tekanan angin ban pabrikan mobil sudah tertera pada bagian pintu depan mobil bagian bagian sopir sebelah kanan dengan satuan PSI / Bar.

Ukuran tekanan ban standard pabrikan kurang nyaman, maka dari itu kita rekomendasikan ukuran lainya yang masih aman.

Tekanan angin ban mobil yang tidak pas (ideal), Jika kurang angin (kempes) atau kelebihan angin (keras) dapat mempengaruhi kenyamanan dan performa mobil. Bahkan dapat menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Setiap jenis mobil memiliki ukuran tekanan angin ban yang tidak dapat Anda samakan, karena ukuran tekanan ban mobil sangat tergantung pada jenis mobil dan ban yang digunakan oleh pabrikan.

 

Tekanan angin ban mobil SUV, MPV, City Car, Sedan

Tekanan angin ban mobil merupakan salah satu foktor kenyamanan dalam berkendara, Tekanan angin ban ini sangat dipengaruhi oleh temperatur udara di lingkungan sekitar.

Merk pabrikan Honda Jazz, Brio, Mobio, HRV, BRV, Agya, Ayla, Yaris tekanan angin ban mobil yang rekomendasikan adalah antara 26 – 33 Psi.

Detail ukuran tekanan angin ban / PSI:

  1. Mobil MPV: (Avanza, Kijang, Ertiga, Mobilio, Xenia, Sigra dan sejenisnya) : (30 – 36) Psi
  2. Mobil City Car / hatchback (Honda Brio, Jazz RS, Picanto, Yaris, Ayla, Agya, dan sejenisnya) : (26 – 33) Psi
  3. Mobil Sedan (Honda Civic, Toyota Corolla, Vios, dan sejenisnya) : (26 – 30) Psi
  4. Mobil SUV (Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Rush, Daihatsu Terios): 30-40 PSI [jalan raya / tol] sedangkan jalan tanah, sedikit offroad tekanan: 25-27 PSI.

Catatan: Ukuran angin ban mobil jenis MPV, niaga lebih banyak bagian belakang, contoh: depan 30 PSI & belakang 34 PSI karena bebab berat biasanya akan bertumpu dibelakang.

Lebih baik, aman (safety) ban tekanan belebih sedikit 1-2 PSI, dari pada tekanan ban kurang.

Seperti mobil merk Honda Jazz, Brio, Mobio, HRV, BRV, Agya, Ayla, Yaris lebih banyak di depan karena bebab mesin & menahan akselerasi penggerak roda, contoh: depan 28-30 & belakang 26-28 PSI

Kenyamanan berkendara di jalan non aspal halus, ukuran angin ban mobil city car / sedan, hatchback: depan 28 :: belakang 26 PSI.

Namun jika ingin mendapatkan kenyamanan dalam berkendara mobil ukuran velg standar cuma profil ban bisa di naikan yang tadinya: 185/55 naik 205/60 maka bantingan ban akan lebih soft / empuk.

 

Disclaimer

Berikan tekanan angin berlebih 1-2 PSI, akan masih aman & tidak capek isi ingin tiap minggu, bahaya terbesar yang membuat ban mobil pecah / meledak adalah karena kurang angin.

Namun jika tekanan angin berlebih mobil tidak nyaman dan stir bergetar, ukuran tekanan angin ban standar ada di pilar pintu kanan sebelah kemudi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *