Cara membuka dan mengirim email lewat gmail

#1 Cara Mengirim Pesan/File melalui Gmail di Komputer/Laptop

JIka hendak mengirim dokumen Word, presentasi PowerPoint, foto, video, lagu, aplikasi, atau apa pun yang akan kamu kirim lewat email Gmail maka siapkan dulu datanya.

Kemudian buka email dengan mengetikkan gmail.com

 

Pilih tombol tulis yang ada di kiri atas,kemudian akan ditampilkan sebuah form yang ada di kanan bawah seperti gambar diatas

Isi alamat email si penerima,subjek/judul dan pesanmu seperti contoh diatas.Untuk mengirim file, kamu bisa meng-upload-nya langsung di sini. Klik Lampirkan File,kemudian cari dimana anda menempatkan file tersebut,kemudian klik open dan tunggu hingga prosesnya selesai.File bisa berupa file .doc (microsoft word) file pdf dan sejenisnya

Jika telah terisi semuanya klik kirim dan tunggu sampai ada notifikasi pesan telah terkirim.Lihat pada menu terkirim yang ada di sisi kiri.

Jika muncul gambar seperti yang diatas maka anda sudah berhasil mengirim email.Untuk melihatnya kalian bisa klik pesan tersebut.

#2 Cara Mengirim Pesan/File lewat Email Gmail di Android

Hampir sama seperti mengirim email lewat komputer,JIka hendak mengirim dokumen Word, presentasi PowerPoint, foto, video, lagu, aplikasi, atau apa pun yang akan kamu kirim lewat email Gmail maka siapkan dulu datanya.

Buka aplikasi gmail yang ada di hp anda,atau bisa lewat browser dengan mengetikkan gmail.com

Lalu klik tombol bulat merah yang berikon pensil di pojok kanan bawah layar.Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Di sebelah kanan form kepada jika di klik akan muncul cc dan bcc.Berikut sekilas penjelasannya:

  • Cc merupakan kepanjangan dari carbon copy. Jika menggunakan kolom cc, maka kamu dapat mengirimkan email ke penerima lain. Dalam hal ini, tembusan dan si penerima email utama yang alamatnya diletakkan di kolom “to” dapat mengetahui kepada siapa email tersebut diteruskan.
  • Lain halnya dengan bcc yang merupakan kepanjangan dari blind carbon copy. Bcc dapat digunakan untuk mengirimkan email tembusan sama halnya dengan cc.Namun bedanya, jika menggunakan cc orang penerima utama yang tertulis di “to” akan mengetahui kepada siapa saja email ditembuskan, sedangkan jika menggunakan bcc, maka penerima di kolom “to” tidak akan mengetahui kepada siapa saja email tersebut dikirimkan atau ditembuskan.

Untuk menambah file, klik tombol Attachment yang letaknya di samping tombol Kirim kemudian cari dimana anda meletakkan file tersebut.

Jika semua telah terisi dengan benar dan lampiran file selesai terupload selanjutnya klik kirim yang berada di kanan atas bagian tengah.Tunggu sampai ada notifikasi pesan telah terkirim.Lihat pada menu terkirim yang ada di sisi kiri.

Jika sudah muncul gambar seperti di atas maka pesan telah terkirim dan anda telah berhasil mengirim email lewat hp/smartphone .

Editor: | Update: Juni 21, 2019

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *