Audit SEO On-Page terbaru – naikan rangking blog diGoogle

Audit SEO

Adalah tahap evaluasi terhadap optimasi SEO yang telah dilaksanakan, ini penting untuk memeriksa jika terjadi kesalahan atau error dalam penerapan SEO.

Proses audit seo bisa dilakukan 3x dalam 1 tahun, bertujuan untuk mengikuti aturan & update seo terbaru, Berikut element / checklist seo yang harus di audit:

Audit SEO ini kita fokuskan pada blog versi wordpress

 

Install – update plugin SEO

Kamu bisa pilih plugin SEO terbaik: All in one seopack atau SEO by Yoast, jangan lupa selalu update dengan versi terbaru.

 

Webmaster console

Google memiliki fasilitas gratis untuk semua pemilik situs – blog, dimana kamu bisa daftarkan URL blog secara mudah dapatkan notifikasi error secara personal atau index peta situs.

 

Pasang Google Analytics

Laporan google analytics sangat penting untuk analisa perkembangan blog, mulai dari jumalah pengunjung, page views, konten terbaik, dll.

 

Install SSL

Amankan blog anda dari pencurian data transfer, atau inject iklan provider internet nakal jika blog tidak diamankan lewat https / ssl. manfaat lain ssl adalah menjadikan SEO semakin mantap.

 

Tingkatkan Speed Loading Blog

Blog yang memiliki loading ringan akan memiliki skor SEO lebih baik & memberikan kesan pengalaman terbaik untuk user – visitor. Salah satu cara menjadikan blog ringan & cepat adalah memilih hosting terbaik & pemilihan tema yang simple.

Rekomendasi

 

Seting Link ( Open in new tab)

Kamu bisa bayangkan jika tanpa open in new tab, maka user harus tekan back (itu sangat menjengkelkan), dengan link new tab user lebih mudah dalam navigasi blog kamu & lebih mudah untuk mencari konten yang dicari.

 

Form Pencarian

Dengan adanya fitur pencarian internal diblog, maka user bisa menemukan dengan mudah konten yang mereka cari.

 

Optimasi gambar

Pencarian Lewat google image cukup tinggi, maka sudah sewajarnya kamu optimasi gambar dengan “ALT text” sehingga gambar.

 

Optimalkan meta title & deskripsi

Konten yang memiliki optimasi seo pada title & deskripsi 35% lebih berpeluang tayang dihalaman 1 google. Rekomendasi baca tips & perubahan seo terbaru 2019:

Baca:  UPDATE SEO: Algoritma Google Terkonfirmasi 2020

 

Duplikat konten

Momok terbesar dalam optimasi SEO adalah duplikat konten dimana ini akan menjadikan optimasi gagal, fatalnya bisa dianggap SPAM oleh Google, kamu bisa gunakan Link URL canonical untuk mengatasi duplikat konten.

Sangat disarankan untuk check secara manual konten yang mirip / membahas topik yang sama dalam 1 situs, namun jika jumlah konten sudah ribuan bisa gunakan tools: https://www.copyscape.com

 

Broken links

Pastikan link keluar adalah aktif, bukan link rusak 404 – broken link sehingga user tidak kehilangan arah kerena menemukan link mati. kamu bisa cek broken link dengan tools gratis:

Link URL: https://www.brokenlinkcheck.com/

 

Tools Audit SEO

Jika ingin audit atau analisa optimasi seo secara lengkap bisa gunakan tool seo gratis di:

Link URL: https://www.seoptimer.com/



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *