Cara Meningkatkan CTR, RKT Google Adsense 8 – 12%

Apa itu CTR, RKT Google Adsense ? atau Rasio klik-tayang, CTR adalah Rasio persentase yang menunjukkan seberapa sering visitor  ⇒ mengklik iklan Google Adsense.

( CTR ) dapat digunakan untuk mengukur seberapa baik performa hasil Google Adsense dari slot iklan Anda yang dipasang.

 

Rumus mengitung CTR Adsense

CTR % = Clicks / Page views

Artinya:

Jumlah hasil klik iklan adsense valid yang diterima iklan dibagi dengan frekuensi iklan ditampilkan: klik ÷ tayangan = %CTR. Contoh: jika Anda memiliki 5 klik dan 100 tayangan, CTR atau RKT Anda adalah 5%.

Sebelum membahas CTR lebih lanjut, pahami dulu apa-apa saja yang mempengaruhi Revenue (Penghasilan) adsense kamu:

  1. Page View (PV) » Jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung
  2. Impression (Tayangan) » Jumlah iklan yang muncul di blog
  3. Impression RPM (PPS Tayangan) » perkiraan pendapatan / 1000 tayangan.
  4. Faktor mempengaruhi Impression RPM ini adalah :
    • CTR (RKT) » persentase jumlah klik dibandingkan iklan tayang (Impression);
    • CPC (BPK) » Bayaran iklan per klik.

 

Fakta CTR, RKT Google Adsense

Nilai Persentase CTR tinggi merupakan indikasi yang baik bahwa pengguna merasa iklan Google adsense yang ditayangkan berguna dan relevan, CTR menjadi komponen Peringkat keberhasilan publisher adsense khususnya di negara indonesia.

Semakin tinggi persentase CTR adsense maka akan dapat Rp yang lebih banyak ini berbanding lurus karena banyak yang klik iklan, kuncinya perbanyak juga PV (page views) dari Google Organik.

Tips panduan maksimalkan CTR, RKT ini menjadi solusi atas kecilnya nilai CPC publisher adsense indonesia, sehingga walaupun CPC dibawah < 1.000 / klik maka tetap bisa gajian adsense setiap bulan.

READ :  Hapus Buat Swap Ubuntu Server VPS

Sebagain besar pengguna internet / visitor sudah paham betul, membedakan mana itu iklan atau konten asli yang mereka cari, masalahnya orang indonesia tidak ramah dengan Iklan, sehingga ini menjadi tantangan tersendiri sebagai Blogger.

Cara terbaik adalah menjadikan iklan sangat relevan dengan konten sehingga user / visitor memiliki respek atau ketertarikan atas minat yang sama terhadap iklan, pada akhirnya peluang klik iklan terbuka lebar.

 

Nilai CTR Google Adsense

Umumnya jenis blog indonesia model gado2, rata2 CTR: 4 – 12%, Jadi berapa batas max nilai CTR ? Kamu harus paham selama klik iklan adsense adalah valid maka CTR 5 – 20% = 100% bagus & dapat gajian setiap bulan tanpa takut dibanned.

Point utama bukan pada nilai CTR, RKT namun bagaimana blog mendapat klik, apakah valid ? atau dengan cara curang klik sendiri atau skema hitam lainya.

Rekomendasi CTR untuk blog adsense:

  • Blog 1 nice: 4 – 15%
  • blog gado-gado: 4 – 12%

Jika nilai CTR blog adsense dibawah nilai yang direkomendasikan pasti ada 1 masalah yang harus diperbaiki.

 

Cara Lihat CTR Adsense

Versi desktop: masuk dashboard adsense > menu laporan > unit iklan > klik > CTR (rentan waktu pilih 7 – 30 hari terakhir)

 

Cara menaikan CTR Google Adsense

Tips cara menaikan nilai persentase High CTR dari 4 – 12% ini bukan perkara mudah, perlu strategi dan metode khusus, dimana setiap jenis blog, kategori akan beda2 formulanya, namun secara umum kita bisa berikan kiat2 nya:

READ :  Cara Disable, Enable Komentar Wordpress Tanpa Plugin

1. Pakai template / theme support High CTR

Jika fokus utama naikan nilai CTR Blog adsense khususya WordPress, penggunaan tema blog yang simple menjadi penting, element theme high ctr adalah:

Menu tas & logo, Judul, Konten, Sidebar, Footer

Ukuran lebar theme tidak full, terbaik: max-width: 970px, sehingga mata kita fokus ke konten & iklan (view dektop), Contoh template wordpress yang mendukung persentase High CTR adalah:

  1. Iconic one Pro
  2. Super fast
  3. Ad-sense.

Alasan:

iconic one pro itu simple, singan, SEO friendly, mudah di custome – design mobile responsive sangat bagus naikan CTR Google Adsense… sedangkan urusan desain jelas lebih banyak yg bagus karena sifat objektif.

Ingat. tema hanya media pendukung tentu nanti perlu optimasi lanjutan, untuk booster CTR.

Warna template blog, Setup warna blog netral (putih) untuk menjadikan iklan lebih terlihat oleh user dengan membedakan warna, biasanya iklan warna biru / hijau.

 

2. Kurangi Widget / Sidebar

Saat ini pengguna internet adalah dari HP, Android maka sidebar / widget akan tidak maksimal karena tayang dibagian bawah & membuat loading blog semakin berat.

Pada versi dektop jika terlalu banyak widget juga akan membuat user tidak fokus & iklan sidebar kadang2 tidak relevan dengan konten, sehingga CTR kecil (turun).

Cara terbaik gunakan sidebar : form cari, post terbaru atau hanya konten populers saja.

 

3. Unit Iklan High CTR

Jenis unit iklan high CTR google adsense saat ini:

  1. Iklan Vinyet (20%)
  2. Iklan Anchor (30%)
  3. Iklan Auto Banner (50%)

 

4. Pasang 1 Iklan Banner Manual

  1. Bagian Atas Header
  2. In-konten setelah Paragram ke 1 atau 2
  3. Bagian Bawah Setelah Konten
READ :  Cara website, Blog kita mudah dicari & dikenali google

Catatan: Wajib Ujicoba Trial error posisi mana yang paling banyak menghasilkan persentase CTR dan pendapatan terbanyak, karena setiap situs blog hasilnya akan beda2.

 

5. Fokus Pasa Iklan adsense

Google AdSense sendiri tidak melarang untuk mencampur iklan AdSense dengan iklan dari program lain, Tapi alangkah lebih baik untuk tidak mencampurnya karena CTR akan dibagi sehingga tidak maksimal kecuali jika traffic blog kamu sudah super banyak / tinggi.

 

6. Buat Blog 1 Nice

Cara termanjur untuk maksimalkan persentase CTR, RKT adalah dengan membangun blog fokus kategori / nice, contoh blog seputar SEO, jadi hanya materi seo yang diterbitkan. Alasan utama supaya iklan adsense relevan dengan konten, sehingga persentase KLIK / CTR akan lebih tinggi.

Nasib blog gado-gado ? Coba Solusi buat kategori yang jelas, publish minimal 5-10 artikel untuk setiap nice / ketegori yang sama, sehingga memiliki releted post yang cukup, al-hasil iklan adsense akan relevan.

 

7. Manfaatkan Auto Ads

Aktifkan mode iklan automatis adsense, ini sangat berguna membantu meningkatkan persentase CTR berdasarkan rekomendasi penempatan iklan, unit iklan terbaik dari sistem AI Google.

Pada intinya kita memiliki penggabungan iklan adsense manual + Auto sehingga kinerja hasil lebih baik.

Setingan Auto Ads Adsense:

  • Aktifkan Iklan Automatis
  • Aktifkan Unit Iklan yang ada
  • Format Iklan: Iklan anchor, Iklan vinyet () dan Iklan dalam halaman
  • Pemuatan Iklan pilih “Balance”, geser paling kanan tengah2 (50%) Persen:

Ingat:

Kenyamanan pengunjung juga menjadi prioritas, jangan sampai merasa terganggu karena banyaknya jumlah tayangan iklan jadi semua haris seimbang.

 

Tips CTR Adsense Stabil

Setelah kamu mendapatkan CTR yang bagus, maka tugas selanjutnya menjaga supaya persentase CTR stabil, dengan cara:

  1. Update konten berkala dengan kualitas terbaik
  2. Fokus pada nice, kategori populer (jika blog gado2)
  3. Perbanyak Traffic, Page View secara organik Google lewat SEO
  4. Jangan lupakan traffic dari sosial media, temukan grup2 yang relavan.

 

Kesimpulan

Semoga tips CTR, RKT Google adsense ini bisa bermanfaat & membantu meningkatkan pendapatan Rupah / dolar sehingga bisa gajian setiap bulan, jika ada pertanyaan silahkan isi form komentar.

Update : 18 Sep, 2023