Manfaat SEDEKAH: Bisnis, Rezeki + Asuransi Terbaik

Arti / Apa itu sedekah ?

Sedekah (Bahasa Arab:صدقة; transliterasi: sadakah) adalah pemberian seorang kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Makna Sedekah / sodakhoh lebih luas dari sekadar zakat maupun infak Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta.

 

Sedekah dalam Islam

Agama islam banyak mengenal konsep sosial yang memerintahkan umatnya untuk saling tolong-tolong menolong antar manusia dalam kebaikan.

Perintah sedekah ini terdapat pada firman Allah dalam Alqur’an, surat An Nissa ayat 114:

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar”.

 

Manfaat Sedekah + Bisnis

  1. Melancarkan bisnis, memperbanyak & berkah rezeki
  2. Mendatangkan partner, customer & client bisnis yang baik
  3. Menjadi satu2nya pintu rezeki bisnis.

Sebuah usaha tidak akan berjalan lancar, besar kalau hanya mengandalkan aspek kemampuan manusia saja tanpa melibatkan campur tangan tuhan sebagai sandaran, salah satunya lewat keajaiban sedekah (Campur tangan Alloh, swt)

Secara hitung2an bisnis ekonomi, keluarkan sedekah materi uang maka kita akan rugi karena berkurang, namun ini tidak berlaku dengan matematika Tuhan.

Kita sedekahkan 1 maka Tuhan akan membalas minimal 10x lipat (bisa tak terhingga), ini yang disebut bisnis yang super untung dunia akhirat.

READ :  Perbedaan, Cara pengisian Pulsa Listrik Prabayar dan Pascabayar

 

Sedekah adalah Asuransi Terbaik

Faedah, Manfaat sedekah sama dengan asuransi terbaik:

  1. Menjaga dari bahaya bala, penipuan & kejahatan (asuransi)
  2. Menjaga kesehatan bisnis / jasmani (asuransi)

 

Konsep Sedekah

Sedekahkan Harta Terbaik

Kesempurnaan amalan apabila bersedekah sesuatu yang kita sayangi dalam Surat Ali-Imran Ayat 92, “Kamu tidak sekali-kali akan dapat mencapai (hakikat) kebajikan dan kebaktian (yang sempurna) sebelum kamu dermakan sebagian dari apa yang kamu sayangi. Dan sesuatu apa juga yang kamu dermakan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.

Sedekah di Waktu Sulit

Firman Allah dalam Surat At-Thalaq Ayat 7, “Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.”

 

Kesimpulan

Bisa memberikan sedekah dalam jumlah banyak, mulai saja dengan hal kecil / sedikit asalkan dikerjakan secara Istiqomah – berkelanjutan.

__Semoga sedikit info ini bisa menfaat untuk kita semua, Amin.


Updated: October 1, 2023