Cara Naikan BPK, CPC Adsense Blog Indo Up 30-75%

158 Shares

Panduan Cara Naikan, Harga CPC, BPK Google Adsense Blogger Indonesia Up hingga 30 – 75%

Masalah umum blogger Adsense Indonesia: Sudah coba main google adsense blog namun belum bisa menghasilkan uang secara maksimal / banyak bahkan tidak bisa gajian tiap bulan.

Biasa kendala CPC, BPK Adsense blog indonesia itu kecil apalagi saat ini lagi ada pandemik korona yang mengakibatkan biding iklan berkurang sehingga CPC akan lebih kecil jika salah setup Adsense.

Solusi bagaimana meningkatkan, CPC, BPK & klik sehingga pendapatan Google adsense melimpah akhirnya bisa bayaran / bulan, Tentunya dengan konten blog yang berkualitas atas nice hasil riset.

Pastikan konten artikel tidak melanggar kebijakan Google adsense Indonesia, sehingga bisa menjadi ladang pendapatan dalam jangka panjang.

 

Cara maningkatkan Nilai BPK Adsense Blog Indonesia Up 75%

BPK – CPC tidak bisa dikontrol secara individu oleh publisher adsense, karena sangat dipengaruhi trend & nilai bid dari pengiklan. Tugas blogger adalah membuat konten terbaik dengan nice masing2.

Kapan CPC bisa gede / gendut, jika kamu bisa membuat artikel yang relevan dengan iklan maka pendapatkan kamu akan lebih banyak dan berkah ya mas bro…

 

Berkit tips naikan harga CPC / BPK yang bisa kamu coba:

1. Datangkan Pengunjung / Visitior lebih banyak

No. 1 Untuk meningkatkan pendapatan Google adsense pertama adalah menarik pengunjung blog atau meningkatkan traffic blog ini adalah cara yang selalu kita dengar, karena tanpa adanya pengunjung tentu saja tidak akan ada klik (Syarat Utama).

Ingat ??? Tidak hanya BPK, CPC PV juga wajib dinaikan Ya boz………….

2. Maksimalkan Kecepatan Loding Blog

Jika kamu menggunakan wordpress + self hosting pastikan memilih jenis Hosting, server terbaik dengan performa kecepatan maksimal, minimal hosting jenis VPS. Ingat, Semakin cepat waktu loading blog setiap artikel maka konversi iklan akan lebih terbuka lebar,

Untuk Pengguna setia blogspot pastikan memilih theme yang ringan, simple & responsive, karena dari sisi server sudah pasti OK punya ( Milik Google gt lho ).

Teknik kedua ini supaya Blog lancar sehingga proses dapatkan CPK Gendut, tetap terjaga……………………

3. Pilih Nice yang banyak dicari

Ingin membangun blog yang bisa menghasilkan uang pastikan memilih nice / kategori yang banyak dicari orang di internet khususnya lewat Google & konten bisa memberikan manfaat.

Rekomendasi Kategori / nice CPC Tinggi:

  1. Bisnis Online
  2. Properti
  3. Otomotif
  4. Fashion & Kecantikan
  5. investasi, finansial, penghasilan, bunga, reksa dana, dan deposit, dll.

Kamu bisa menemukan lebih banyak nice high cpc lainya dengan riset keyword.

Baca:  Riset keyword Potensial Banyak dicari Orang di Ahrefs

4. Jenis, Ukuran & Penempatan slot iklan

Banyak yang tanya jenis iklan / slot apa yang paling baik dan menghasilkan klik iklan adsense terbanyak ? jawabanya adalah relative dimana setiap nice memiliki jenis iklan yang beda2.

Untuk dapatkan hasil yang maksimal, kamu harus ujicoba minimal 1-2 bulan, analisa hasil dengan 3 variabel:

  1. Unit Iklan mana yang paling bapak dapap PPS (RPM)
  2. Unit iklan apa yang menghasilkan CPC / BPK paling besar
  3. Temukan Unit iklan yang dapat klik paling banyak.

Catatan: pps / rpm adalah pendapatan per 1.000 tayangan (RPM) menunjukkan penghasilan tertaksir yang akan Anda dapatkan untuk setiap 1.000 tayangan yang Anda terima.

Buka Report: Analisa Google Adsense

Apa yang akan Kamu dapatkan dari hasil analisa report Google adsense: Menu report (laporan) > unit iklan > klik, Pilih rentan waktu data: 7, 30 hari terakhir.

Data sample ujicoba ini bisa dijadikan sebagai bahan rujukan dalam proses analisa laporan google adsense kamu:

Hasil PPS / RPM Terbanyak

Keterangan:

Analisa data pps unit iklan paling menyumbang untuk dapat penghasilan adalah: iklan jenis link, ukuran resposive 970 x 250px (image/text), & ukuran 300×250.

Sorting Hasil CPC / BPK Tertinggi

Keterangan:

Analisa data CPC / BPK unit iklan paling menyumbang untuk dapat penghasilan adalah: iklan jenis link, ukuran resposive 970 x 250px (image/text), & ukuran 300×250.

Sorting Hasil jumlah klik Terbanyak


Keterangan:

Analisa data unit iklan paling banyak dapat klik adalah: iklan jenis link, ukuran resposive, 970 x 250px (image/text), & ukuran 300×250.

Jumlah Placement / penempatan Slot Iklan Adsense

Kesimpulan Secara umum jenis iklan & slot terbaik untuk meningkatkan pendapatan Adsense, kamu bisa gunakan mode / penempatan seperti Blog ini (SEOsatu).

Ukuran Iklan terbaik:

  1. Iklan Responsive
  2. Iklan link (Sudah tutup / Tidak ada)
  3. In-artikel

Jumlah Penempatan / Slot iklan:

jika slot iklan yang tersedia sedikit, maka harga CPC pun akan disesuaikan menjadi lebih tinggi.

  1. Slot Ads Header / dibawah menu ( iklan responsive ) Ini bersifat Optional
  2. Slot Ads Awal artikel setelah paragraf 2 atau 3 (Iklan Automatis / Display )
  3. Slot Ads Bawag Konten (Iklan responsive)

Iklan Google Adsense didasarkan pada sistem lelang. Advertiser dengan CPC tertinggi akan mendapatkan slot iklan. Sistem ini sangat bergantung pada konsep permintaan dan penawaran.

Note: Jumlah slot iklan / halaman rekomendasi = 1-2, Atau 10-20% dari jumlah konten, ingat semakin sedikit slot iklan dalam 1 halaman maka CPC akan semakin besar karena sistem iklan adsense adalah lelang.

Gunakan Plugin Google Adsense WordPress

Rekomendasi plugins adsense gratis terbaik No.1 yang memiliki setingan untuk atur penempatan secara auto & manual di:

  • Automatically inserts ads on posts and pages
  • Insert ads before or after post
  • Insert ads before or after content (OK)
  • Insert ads before or after paragraph (OK)
  • Insert ads before or after random paragraph
  • Insert ads before or after multiple paragraphs
  • Insert ads before or after image
  • Insert ads before or after comments
  • Insert ads before or after excerpt, dll.

Plugin ads ini dapat membantu dalam optimalkan slot iklan di wordpress adalah:

d.wordpress.org/plugins/ad-inserter, Rekomendasi terbaik plugin adsense wordpress:

Ads by WPQUADS – Best Ads & Adsense Ads Plugin for WP & AMP

 

5. Gunakan Plugin Cache / Speed Loading Blog

OK, ini sangat penting dan sering dilupakan oleh kebanyakan blogger khususnya di Indonesia dimana penggunaan plugin cache (WordPress) menjadi umum dengan alasan maksimalkan speed loading blog.

Hasil study kasus pribadi:

Awal blog diluncurkan + Google adsense kita pasang plugin cache dengan harapan memberikan pengalaman terbaik lewat Fast Loading, hasil iklan adsense lebih baik naik & cenderung stabil.

Hampir 1 tahun kita evaluasi dan analisa sehingga ketemu trik / solusi jitu dengan UJICOBA pasang plugin cache, alhasil 3 bulan pendapatan lebih stabil & terus naik.

Kenapa bisa ?

Jika kamu browsing di Google untuk topik ini, akan sedikit sekali yang membahas, Jadi kita simpulkan secara sepihak dengan menggunakan cache maka kinerja kode iklan akan lebih maksimal karena terpengaruh sistem cache yang memberikan waktu loading page lebih cepat.

Kenapa Sehingga slot iklan sering blank (tanpa ) iklan?

Pilih plugin cache yang kredibel / Update:

WP Fastest Cache

 

6. Hindari Menempatkan Iklan Lain 

poin ini sangat penting sekali karena kalau kita menempatkan iklan selain google adsense besar kemungkinan klik akan berkurang, banyak kasus yang memasang iklan lain tidak mendapatkan klik iklan tinggi, karena iklan akan di bagi tentunya. Hal ini boleh2 saja jika traffic blog kamu sudah benar sangat tinggi.

 

7. Analisa kinerja Kategori Konten

Tahap ini menjadi primer (terpenting) dimana kita dapat informasi data & evaluasi konten apa yang harus dimaksimalkan atau di buat lebih banyak / lengkap sehingga hasil Klik & pendapatan Google adsense makin banyak.

Teknik ini menjadi plan konten, sehingga pada waktu mendatang dapat membuat jenis / nice artikel yang dapat penghasilan maksimal.

Cara ini hanya bisa dilakukan setelah Google adsense aktif / iklan tayang minimal 3 bulan.

Menu dashboard

Kontrol Pemblokiran > content > semua situs > kategori umum > % klik penghasilan (30 hari)

Setelah dapat data kategori konten dengan % penghasilan terbanyak maka, silahkan buat lebih lengkap & banyak konten kategori tsb.

8. Setup Ads Balance / Fitur Sudah Hilang !

 

9. Jangan Gunakan CDN

Ini menjadi rahasia dapur #SEOsatu yang hanya saya share disini, untuk meningkatkan pendapatan Google adsense, Pastikan blog yang digunakan untuk adsense jangan pakai CDN.

Pengalaman & ujicoba telah membuktikan kinerja tayang Google adsense akan sempurna tanpa cache dari CDN.

10. Penempatan Slot Iklan Links / Sudah Tidak Ada !

11. Gunakan Seting Iklan Automatis, kenapa ?

Google saat ini memberikan fitur iklan automatis yang dioptimalkan dimana akan ada penambahan slot iklan auto setelah iklan manual di dalam halaman blog.

Kamu bisa seting jenis format yang akan tayang, jumlah pemuatan iklan dalam 1 halaman, dan halaman pengecualian iklan. fitur yg penting Optimalkan unit iklan yg Ada.

Pilih pada menu > pemuatan iklan di geser paling kiri, sehingga jumlah iklan Auto yang tayang akan minimal, sehingga CPC iklan google ads akan lebih tinggi harga lelang nya.

Jangan tampilkan iklan related in content, karena ini merusak BPK!

ClaiM: Manfaat iklan automatis, google akan memberikan placement & jenis iklan terbaik dari sisi CPC / CTR sehingga pendapatan akan lebih baik.

 

Disclaimer CPC / BPK Adsense

Fakta: Percuma Juga CPC besar, jika jumlah klik sedikit = penghasilan tidak bisa naik secara signifikan lebih baik balance CPC lumayan + CTR Klik persentase bagus 4-8%, maka hasil pendapatan akan meningkat.

  • CPC bukan segala2nya dalam meningkatkan pendapatan Adsense masih ada CTR, dan Traffic.
  • FOkus hanya naikan CPC sebesar2-nya itu salah, coba bayangkan berapa besar CPC di Indonesia kisaran 1-5k / klik.
  • Lebih bagus Gabungkan dengan % CTR yang bagus + CPC masih batas aman 500 – 1 ribu, & perbanyak traffic maka pendapatan bulanan akan naik & gajian tiap bulan.

Baca Juga:

Cara Meningkatkan CTR, RKT Google Adsense 4 – 8%



Baca Juga:

30 thoughts on “Cara Naikan BPK, CPC Adsense Blog Indo Up 30-75%

  1. Avatar for Fadlan ShFadlan Sh

    Yang di maksud cdn itu apa dan gmn cara settingnya?

  2. Avatar for bambangbambang

    Di google adsense saya kok gak iklan link ya mas, ini akun baru 2019,adakah solusinya biar iklan teks link keluar

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      kami sudah buatkan panduan, dicari saja di seosatu.

  3. Avatar for riskariska

    Maaf Pemula

    bagusan mana ya WP Fastest Cache sama wp super cache

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      bagus dari segia apa dulu ? kalau speed loading maka 11/12, kalau admin pilih WP Fastest Cache, itu lebih wus22.

  4. Avatar for icaksamaicaksama

    Maaf saya kurang setuju dengan pendapat agan yang “9. Jangan Gunakan CDN”. CDN justru mengingkatkan kecepatan halaman website.

    Memang cache CDN bisa mengganggu konfigurasi Adsense di website, TAPI jika yang di cache adalah HALAMANNYA. Menurut saya CDN tidak akan mengganggu Adsense jika yang di cache hanya asetnya saja seperti gambar, JS, CSS dan sebagainya.

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      Masalah tidak semua paham akan hal ini, khususnya pemula – jadi lebih baik kita push down saja.

  5. Avatar for blogernewbiblogernewbi

    thanks for info bang, bang mau nanya nih. page view web saya sekitar 1500 orang dan saya dapat 20 ribuan. apakah itu wajar?

  6. Avatar for AamAam

    Awal pasang ads link pernah dapet 0 rupiah /klik.. Padahal ada 6 klik Tapi lama kelamaan 500 dan sekarang udah bisa 2ribu / klik.

    Kalo kayak gitu kenapa ya mas?

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      Iklan link menjadi slot iklan terbaik karena sangat relevan dengan konten, dan metode link akan bekerja pada halaman khusus jika hnya klik iklan link tanpa iklan = Rp 0

    2. Avatar for AgikAgik

      CTR saya masih dibawah 1% bang cpc 200-400, mohon bantuan dan solusinya.trims????

  7. Avatar for GabrielGabriel

    Mas knpa ya saya mau blokir iklan ads yg cc nya kecil, selalu gk bisa. Bermasalah gt ktbya.. Mohon solusi dong.
    Terimakasih

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      saran saya gak usah diblokir, optimalkan saja dengan membuat konten2 yng CPC nya lumayan khususnya INDO

  8. Avatar for IyanIyan

    Maaf mas di blog seosatu.com ada daftar iklan cpc rendah gak mas? saya ada baca-baca beberapa informasi yang mengatakan kalau mau tinggi penghasilan blokir iklan yg cpc rendah dan saya tidak tahu link situs mana saja yg cpcnya rendah.

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      Ada mas, namun tidak saya blokir karena bisa saja pengiklan naikan nilai bid, jadi cpc bisa lumayan, cara terbaik tidak perlu di blokir kecuali kategori iklan yang melanggar norma di Indonesia.

  9. Avatar for RajikoRajiko

    Seting yang saya lakukan

    ###.Saldo iklan 66% kadang ada iklan yang blank tapi sering dapat cpc gajah 5-17 rbu perklik tergntung niche
    ###. Gunakan ads link setelah paragraf kedua,60% pendapatan adsen dari ads link

    ## ads link di bawah konten(saya tidak menggunakan related pos atau sidebar,jadi saya ganti dgn ads link )

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      Ok sip Mantap, namun setelah ujicoba formula terbaik adalah: 100% – 100%

  10. Avatar for NandaNanda

    Itu URL2 pengiklan yang sampean blokir mas?

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      iya benar mba, namun untuk blokir URL Ads berisifat optional.

  11. Avatar for HD KarirHD Karir

    Mantap bang informasi nya
    Terimakasih udh kasih masukan

  12. Avatar for FatkulFatkul

    Mantab bang penjelasannya.
    Btw, beberapa poin di atas memang sudah saya lakukan, termasuk dulu saya pernah blokir beberapa iklan yang menurut banyak rekan rekan blogger memiliki cpc rendah.
    Namun sejak webinar dari google yg menyarankan agar tidak melakukan pemblokiran dari beberapa iklan, akhirnya blokir saya release.

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      untuk masalah blokir sudah saya berikan disclaimer agar lebih memahami plus / minus nya, namun jika ingin hanya menayangkan iklan berkualitas tanpa melanggar norma seperti iklan “****” maka solusi blokir manjadi jalan terbaik.

      sedangkan jika hanya ingin dapat penghasilan sebanyaknya tanpa mau meninjau iklan yang tayang, maka tanpa blokir ads itu jalan yg bagus.

  13. Avatar for Mustaqim JaedMustaqim Jaed

    Mantaaaap bang…sayah sudah praktek setting rasio antara 50 sampai 70 % malah iklan nya kecil kenapa yah…optimal nya kita pasang iklan berapa unit untuk 1 blog yah bang biar gede cpc nya.

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      CPC gede tergantung nice & bid pengiklan ini tidak bisa diprediksi, jumlah slot iklan per laman idelanya 3-4 slot iklan.

  14. Avatar for Taufik JunaidieTaufik Junaidie

    Trimakasih Bang ilmunya…

Comments are closed.