7 Pertanyaan SEO yang sering di “UP” oleh Pemula

Kumpulan pertanyan tentang SEO khusus untuk pemula, Anggap saja yang sedang baca ini bener2 pemula & ingin tau lebih dalam tentang SEO….

Lanjut >>

 

1. Apa ya itu SEO?

SEO / Search Engine Optimatizion secara ‘sederhana bisa kita artikan sebagai salah satu teknik untuk membuat suatu situs (blog / website) memiliki konten berkualitas sehingga pantas & layak berada di posisi teratas No.1 di mesin pencari.

 

2. Darimana saya memulai belajar SEO?

Alur dasarnya terlebih dahulu. Minimal kita sudah mengetahui beberapa istilah basic seputar SEO seperti apa itu link building, CTR, bounce rate, backlink dan istilah lainnya.

Ketika kita baru mengenal SEO, Setelah memahaminya, maka kita bisa langsung praktik & Setidaknya, ini yang harus dilakukan pertama kali :

  • Riset keyword
  • Menentukan nice blog
  • Belajar membuat konten + judul berkualitas.
  • Belajar SEO onpage dasar seperti meta tag, interlinking dan heading.
  • dll.

Rekomendasi kamu bisa mulai dari link dibawah:

READ :  Belajar Cara SEO Wordpress Tayang Halaman 1 Google

 

3. Penting SEO Off-page ⇔ On-page?

Semua penting, ini menjadi pokok penting dalam optimalkan seo untuk blog atau web, namun yang perlu dikerjakan lebih awal adalah SEO onpage dengan membuat konten bermanfaat setelah itu promote (SEO offpage).

 

4. Bagaimana meningkatkan traffic visitor?

Pengujung, visitor, traffic menjadi topik paling OK untuk dibahas dan selalu dicari pada grup blogger atau pemain bisnis online, ini menjadi nadi kehidupan dalam SEO tanpa traffic maka SEO = Zonk!.

SEO memberikan kita benefit dimana bisa memilih dan menargetkan traffic yang potensial, tidak hanya banyak namun berbobot.

Teknis dan cara meningkatkan traffic bisa kamu pelajari disini:

READ :  Cara Meningkatkan Traffic Blog 50k/hari (100% Hasil)

 

5. Ekstensi domain mana yang bagus untuk SEO?

Pertanyaan tentang SEO yang satu ini mungkin cukup sering ditanyakan. Intinya sih lebih baik gunakan domain TLD seperti .com, .org, .net .co, .me, .io, .id.

Kalau bisa, gunakan ekstensi .com saja karena mayoritas orang lebih familiar dengan ekstensi tersebut. Opsi lainnya bisa Anda pilih jika .com sudah tidak tersedia.

Jangan sekali-kali gunakan domain gratisan seperti .ga, .tk karena kemungkinan hasilnya tidak akan maksimal dari segi SEO.

 

6. Pengaruh Hosting terhadap SEO?

Cukup besar & berpengaruh!

Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini Google sudah mengutamakan situs yang loading cepat. Kalau websitenya lelet, maka posisinya di SERP akan buruk, khususunya untuk kenyamanan visitor saat mau akses.

Dalam hal ini, hosting juga memiliki andil. Semakin bagus speed & secure (aman) hostingnya, semakin bagus untuk mendukung SEO.

TIPs: sewa hosting dengan server lokasi data center IND Kalau kita punya website untuk orang Indonesia, jika ingin target global bisa pilih singapure, dll.

 

7. Apa saja yang termasuk Black Hat SEO?

Teknik-teknik atau cara semacam inilah yang paling sering dipakai dalam seo jaman dulu,

  • Spamming komentar blog dengan software maupun cara manual.
  • Membuat dummy blog untuk pasang link ke moneysite / PBN.
  • Membuat web 2.0 untuk pasang link ke situs utama.
  • Duplikasi konten dan AGC.
  • Spamming ke sosial media dan direktori artikel.
  • Dll.

 

Bonus:

8. Pilih WordPress / Blogspot ?

Semua platform blog wordpress atau blogspot sama bagus untuk SEO, semua dikembalikan ke pribadi dan tujuan masing jika ingin sekedar nulis2 karena hobi lebih baik gunakan blogspot, namun jika ingin mendalami SEO secara total maka wajib pakai wordpress self hosting.

karena ada banyak fitur optimasi seo yang tidak ada pada pada blogspot dan hanya bisa diaplikasikan dengan wordpress.org.

__Thank for reading.

Updated: February 2, 2024