SEO: Traffic Organik menjadi Konversi ( penjualan, dll )

25 Shares

Performa SEO untuk Bisnis Online

Berdasarkan data resmi hubspot SEO menjadi cara promosi online dengan hasil konversi > 16% lebih besar dibandingkan iklan & direct traffic.

Pada kesempatan ini admin akan share update seo tentang SEO vs Bisnis Online, dimana banyak yang DM dengan masalah:

Website sudah memiliki traffic & tayang di halaman 1 namun tidak ada  atau sedikit konversi, dimana masalahnya ?

Perlu di ingat seo bukan hanya urusan page one dan trafik namun bagaimana membuat konversi, pastikan konten dan penawaran produk / jasa relevan serta berkualitas…ini membutuhkan analisa dan evaluasi berkalanjutan.

 

Trafik Organik SEO konversi penjualan, pelanggan

Tujuan utama SEO adalah menjadikan konten web berkualitas dan tayang di halaman 1 google berdaarkan keyword yang di targetkan, namun kadang jika salah strategi akan tidak maksimal akhinya terjadi traffic melimpang ⇒ low konversi.

Guna menjawab pertanyaan diatas, ini masuk pembahasan SEO tingkat Medium, sehingga untuk kamu yang baru belajar SEO bisa mulai dari sini:

Baca:  Belajar SEO Wordpress untuk Pemula

Ok, Lanjut…

 

Target / goal bisnis dari SEO

Konversi
: Anda dapat mengukur konversi dengan melacak jumlah pengunjung yang datang ke website Anda dan membeli secara online; atau pelacakan tindakan kecil lainnya yang dapat menyebabkan penjualan, seperti mendaftar untuk mendapatkan newsletter dari email Anda, meminta informasi lokasi toko, dan sebagainya.

Engagement: 
Mengukur keterlibatan atau engagement dengan melacak konten apa yang banyak pengunjung dibaca dan memberikan interaksi interaksi seperti meninggalkan komentar, atau berapa banyak pengunjung yang menjadi penggemar di halaman jejaring media sosial bisnis anda.

Akuisisi
: Melacak jumlah berapa kali kali bisnis Anda muncul di hasil pencarian dengan kata kunci yang anda cari ( jumlah view ) dan seberapa sering orang mengklik untuk mengunjungi situs.

 

Analisa #1 – Keyword & Mapping Customer

Coba check ulang tujuan, mapping customer & keyword, apakah sudah sama denga apa yang di targekan untuk tayang di halaman 1 google,

Study kasus:

Saya mau jualan baju daster murah secara online dengan media toko online milik sendiri, maka keyword utama SEO yang saya targetkan adalah:

  • Keyword utama seo: “baju daster murah”,
  • Target lokasi: Indonesia
  • User: wanita
  • Umur: 17 – 48 thn
  • Media share: Facebook & instagram,
  • dll.

Manfaat dari mapping customer untuk mendapatkan calon pembeli yang tepat sasaran dan memudahkan dalam pembuatan konten sehingga relevan dengan audien.

Ok, saya telah selesai mapping customer & keyword ini merupakan kata kunci jenis buying keyword yang cocok untuk tujuan konversi penjualan.

Baca:  Riset keyword Potensial Banyak dicari Orang di Ahrefs

Pastikan website toko online kamu menang dan tayang di halaman 1 google dengan keyword utama & kw turunan lainya.

Ini menjadi point penting atau pondasi bisnis dimana jangan sampai salah memilih keyword karena akan berakibat fatal.

 

Analisa #2 – Website & konten

Buat website toko online dengan desain minimal, profesional dan tidak ribet dengan fitur yang sangat mudah digunakan seperti: katalog produk yang jelas, sistem pengiriman & pembayaran lengkap, dll.

Baca Juga: panduan mudah membuat toko online.

Sehingga calon pembeli bisa dengan mudag belanja / beli produk secara online, tambahkan juga CS: chat lagsung via whatsapp.

Performa website

Pastikan performa website bisa diakses dengan cepat kurang dari 3 detik, tentunya ini mebutuhkan web hosting terbaik.

Baca:  7 Cara memilih Jenis Web hosting Yang tepat

Produk & harga

Dalam bersaing didunia online kita harus memiliki sesuatu yang beda atau unik coba temukan, contoh menjual baju daster unik, kualitas premium namun dengan harga murah sehingga dapat bersaing + berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Testimoni, Rating Pelanggan

Fitur Testimoni, rating pelanggan sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli, tentunya harus real & asli.

Biasanya ini menjadi problem sendiri untuk toko online baru, dimana belum ada rating atau testimoni, perlu waktu dan promosi extra untuk tahap ini,

Cara paling mudaha untuk dapatkan reviews

kamu bisa mulai dengan memberikan promo & berikan produk secara gratis dan minta testimoni dari pelanggan pertama.

 

Analisa #3 – Evaluasi SEO

2 analisa diatas jika dikerjakan secara baik dan benar itu akan memberikan peningkatan bisnis secara signifikan, namun tahap evaluasi seo tetap perlu untuk mengukur keberhasil dan target baru. Kamu bisa gunakan tool analisa gratis yaitu: google analytics.

 

Penutup

Kita harapkan dari 3 analisa bisa menyelesaikan masalah SEO dengan traffic orgnaik tinggi namun low konversi. Next time admin akan membahas cara optimalkan SEO untuk tujuan Iklan / Publisher Adsense.



Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *