Tips Jadikan Blog, Website Bagus (SEO Friendly)

27 Shares

Panduan, cara membuat blog, website yang bagus & User Friendly

Sebagai pemula kadang bingung dalam awal proses pembuatan blog, atau website baik itu untuk tujuan blogger atau media bisnis online.

Seperti apa sebenarnya website yang bagus dan mendukung kegiatan blogger, atau fokus dibisnis, Ok, disini akan kita berikan sedikit tips ringan panduan, langkah2 membuat website yang bagus dapat tayang di halaman 1 Google.

 

Desain / layout blog

Desain web yang bagus tidak hanya sekedar tampilan yang trendi serta menarik perhatian, namun harus ideal & dapat menyampaikan kualitas visual yang terbaik dan relevan atas nice (kategori blog) kepada user serta mudah untuk navigasi.

Yang artinya semua orang yang masuk ke blog akan mudah & paham untuk pindah halaman dan segera menemukan semua informasi konten yang dicari / butuhkan.

Sebuah blog, Website harus memiliki logo profesional untuk keperluan branding yang sesuai dengan tema, konsep, warna, serta berbagai elemen kreatif lainnya yang terdapat didalam website tersebut. Faktor pendukung lainnya adalah layout, tipografi, gambar, dan audio.

Info: Situs gratis untuk membuat logo secara profesional dan gratis: https://www.logomaker.com/

 

Aksesibilitas Webiste

Ini merupakan faktor yang penting dalam situs, blog dimana tingkat aksesibilitas yang baik akan membuat website tersebut lebih user-friendly, visitor nantinya akan mendapatkan informasi terbaik sesuai dengan yang dibutuhkan dalam waktu singkat, kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Contoh:

Website harus dapat diakses melalui perangkat mobile, desktop, apps & berbagi fitur yang dapat meningkatkan aksesibilitas sebuah website serta teknologi seperi URL Rewriting juga harus ditampilkan demi memberikan interaksi yang nyaman, responsif, dan optimal dengan para pengunjung.

 

Isi Konten

Konten menjadi nadi utama dari sebuah website, konten haruslah relevan dengan topik dan jenis dari websitenya dan tidak terbatas pada: artikel, gambar, musik, video, animasi, dan berbagai metode lainnya yang terdapat dalam sebuah website.

Karakteristik dari sebuah konten yang baik & berkualitas – informatif, membangun, bermanfaat dan meninggalkan kesan bagi pengunjungnya.

 

Maksimalkan SEO

SEO, atau Search Engine Optimization, akan menentukan peringkat website, blog Anda dari hasil mesin pencari seperti Google, bing, yahoo. Ingat Website dengan SEO kuat & benar dijamin memiliki visibilitas serta traffic yang lebih baik.

Baca:  Belajar SEO Wordpress untuk Pemula

Contoh optimasi seo dalam web seperti Page Title, Meta Tags, dan Index menunjukan berbagai penggunaan SEO secara efektif  yang berguna untuk memaksimalkan rangking website & dapat tayang No.1 di mesin pencari.

 

Performa, Speed Website

Kenyataan yang dialami Pengujung seringkali merasa kecewa jika sebuah website memakan waktu terlalu lama untuk loading > 5 detik

Untuk mendapatkan performa web yang mantap diperlukan web hosting yang memberikan speed terbaik + aman.

Baca:  7 Cara memilih Jenis Web hosting Yang tepat

Note: Blog tidak cukup hanya dengan konten berkualitas + layout yang kreatif, menarik -sebuah website seharusnya memiliki performa (speed loading) yang cepat, rekomendasi dibawah 3 detik.

Baca:  Cara Optimalkan Wordpress Speed Loading Cepat < 3 detik

Speed / kecepatan loading menjadi salah satu faktor penting yang menentukan bagus atau tidaknya sebuah website.

 

Penutup

Demikian tips, panduan singkat, semoga dapat memberi manfaat untuk mulai membangun sebuah blog, website sehingga menjadi user friendly dan membantu memaksimalkan tujuan blogger atau bisnis online anda.

3 Platform terbaik untuk membuat blog:

  1. WordPress
  2. Blogspot
  3. Wix.
Baca:  Cara Buat Blog dengan Wordpress untuk Pemula
Editor: | Update: Oktober 14, 2019


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *