Bingung Bagaimana Cara Membuat Website? Tiru 6 Jurus Jitu Ini!

Bingung Bagaimana Cara Membuat Website? Tiru 6 Jurus Jitu Ini!

Kebanyakan orang menganggap bahwa membuat website merupakan sesuatu yang sulit. Padahal jika dilandasi dengan niat, membuat website tidak sesulit yang mereka bayangkan.

Anda bisa membuat website tanpa mengerti bagaimana cara menyusun bahasa pemrograman. Yang paling penting, Anda harus tahu website seperti apa yang ingin dibuat. Setelah itu, buatlah website tersebut dengan menggunakan Instant Deploy berbasis CMS (Content Management System).

Saat ini jenis CMS sangatlah banyak, mulai dari WordPress, Prestashop, Moodle, Joomla, dan lain sebagainya. Anda bisa membuat website, mengubah tampilan sampai melakukan optimasi pada website supaya bisa tampil di halaman depan Google dengan mudah.

Untuk saran, Anda bisa menggunakan CMS WordPress dengan sejumlah fitur unggulan di dalamnya untuk membuat website Anda.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 6 jurus jitu dalam cara membuat website:

Anda Perlu Domain dan Hosting

Domain dan hosting merupakan dua hal yang Anda perlukan saat akan membuat sebuah website. Apa fungsi keduanya? Untuk domain sendiri merupakan alamat dari tempat file website tersebut. sementara untuk hosting merupakan tempat penyimpanan file website.

Tanpa domain dan hosting, website Anda tidak akan ada di internet.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak domain dan hosting yang murah namun memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Biasanya hosting ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda. Harga tersebut disesuaikan dengan fasilitas dan layanan yang akan Anda dapatkan.

Namun ada beberapa penyedia hosting yang mematok harga terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan fasilitas yang didapatkan oleh pelanggannya. Untuk itu, Anda harus pintar-pintar memilih penyedia hosting supaya mendapatkan yang terbaik untuk website Anda.

Salah satu dari penyedia layanan hosting dan domain terbaik dengan harga murah adalah idhwebhost. Di sana Anda bisa menyewa hosting dan domain dengan harga terbaik dan tentunya ditunjang dengan fasilitas yang sangat menggiurkan.

Selain itu, Anda pun akan dilayani dengan sepenuh hati sehingga Anda bisa bertanya-tanya secara langsung pada CSnya. Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh idwebhost. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung ke IDwebhostcom.

Tips jitu membuat website

Kenali Website yang Ingin Anda Buat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus tahu website seperti apa yang ingin Anda buat. Apabila masih bingung, Anda harus memikirkannya dari sekarang. Jangan sampai, Anda tiba-tiba berhenti di tengah jalan saat pembuatan website karena tertarik dengan tema lain.

Website yang Anda buat biasa berkaitan dengan hobi ataupun profesi Anda. Sebab, dengan menekuni hal yang Anda kuasai, maka pembuatan website pun akan lebih mudah. Mungkin, Anda juga akan lebih semangat untuk mengisi segala konten dalam website Anda. Ide pun akan muncul lebih mudah saat website tersebut sesuai dengan passion Anda.

Pastikan nama website yang Anda pilih memiliki daya tarik tersendiri. Anda bisa menciptakan istilah baru yang unik ataupun menggunakan kata-kata yang sudah ada. Kata-kata tersebut haruslah unik dan dapat diingat dengan mudah oleh orang lain.

Jangan sampai Anda membuat nama website yang sulit diketik di mesin pencari. Hal ini hanya akan membuat pengunjung malas untuk mengunjungi kembali website Anda.

Ciptakan Hal Unik di Website Anda

Usai tahu website seperti apa yang ingin Anda buat, sebaiknya website didesain semenarik mungkin. Misalnya dengan menentukan warna, menentukan menu dan yang lainnya. Usahakan setiap detail desain yang Anda pilih sesuai dengan isi dari website Anda. Sebab desain tersebut akan sangat menentukan betah atau tidaknya pengunjung saat berkunjung ke website Anda.

Mudahnya Membuat Website Sendiri

Jika Anda seorang developer, maka cara membuat website bukanlah perkara sulit. Akan tetapi, bagi masyarakat umum membuat website tentu bukan hal yang mudah. Sebab diperlukan berbagai skill khusus dalam bahasa pemrograman untuk membangun suatu website. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit.

Tapi tahukan Anda jika saat ini, biaya bukanlah sebuah penghalang, karena kini Anda sudah bisa membuat website dengan biaya yang minimal. Meski pengetahuan Anda tentang bahasa pemrograman masih nol, Anda masih bisa membuat website sendiri dengan mudah, simple dan cepat.

Di sini Anda dapat menggunakan Content Management System atau CMS WordPress. CMS WordPress ini sangat populer di kalangan masyarakat, sebab cara penggunaannya yang mudah, efisien dan powerful sesuai dengan penggunaan.

Anda bisa melakukan kustumisasi template, menambah beberapa plugin dan lain sebagainya. Instalasi WordPress tersebut bisa Anda lakukan melalui Softaculous.

Softculous sendiri adalah fitur cPanel yang dipakai untuk mempermudah Anda dalam melakukan proses instalasi CMS. Panduannya sendiri bisa Anda temukan dengan mudah di internet, yang pasti tidak akan sesulit cara membuat website menggunakan bahasa pemrograman.

Build Your Online Shop!

Selain website untuk perusahaan, sekolah, informasi dan lain sebagainya, Anda pun bisa membuat website jualan. Untuk memudahkan, Anda bisa memanfaatkan kembali CMS, yaitu OpenCart, WooCommerce, dan Prestashop.

Prestashop sendiri merupakan salah satu CMS yang paling populer di kalangan masyarakat karena sangat mudah digunakan dan sifatnya open source. Kemampuannya pun cukup mumpuni dalam membangun sebuah toko online atau sistem e-commerce. Dengan mengetahui cara ini, impian Anda untuk membuat sebuah website jualan dapat terwujud.

Manfaatkan Penyedia Jasa Pembuatan Website

Apabila cara-cara di atas masih terlihat membingungkan, namun Anda ingin tetap membuat website dengan tampilan keren dan tentunya menarik, maka ada satu solusi lagi yang bisa Anda pilih, yaitu gunakan jasa pembuatan website. Dari banyaknya jasa domain buat web, salah satu yang terbaik adalah idwebhost.

Anda akan dibuatkan website oleh mereka sesuai dengan permintaan. Namun sebelum itu, Anda harus menetapkan dulu website seperti apa yang akan Anda buat, karena mereka akan bergerak sesuai dengan arahan Anda. Atau, Anda bisa menjelaskan garis besarnya website yang ingin Anda buat, kemudian mereka yang akan menangani kelanjutannya.

Lindungi Website Anda

Saat website Anda sudah jadi dan bisa diakses banyak orang, lalu apa yang harus Anda lakukan? Langkah selanjutnya adalah Anda harus memasang SSL. Hal ini dilakukan untuk melindungi website Anda. SSL diibaratkan sebagai pagai yang mengelilingi rumah. SSL akan melindungi website Anda dari beragam gangguan, salah satunya adalah indikasi pencurian data. Untuk mendapatkan SSL yang tepat, Anda bisa klik di sini.

Untuk membuat website memang gampang-gampang susah. Dibutuhkan tekad dan niat yang kuat untuk melakukannya. Meski begitu, di zaman yang serba instan ini, banyak pilihan yang bisa menjadi solusinya. Salah satu yang paling mudah tentu saja jasa pembuatan website. Namun, keputusan terakhir tetap ada di tangan Anda.

Bagi Anda yang memang tidak memiliki waktu ataupun kurang paham tentang cara membuat website, jangan sungkan untuk bertanya pada mereka yang paham bidang yang satu ini. Pengetahuan yang nol tentang website memang terbilang wajar, terlebih bagi Anda yang memang tidak pernah berkecimpung di bidang ini sama sekali.

__Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.

Editor: | Update: November 12, 2018

Baca Juga:

One thought on “Bingung Bagaimana Cara Membuat Website? Tiru 6 Jurus Jitu Ini!

  1. Avatar for niken swastikaniken swastika

    Terima kasih infonya sangat bermanfaat, ditunggu info menarik selanjutnya,
    salam sukses selalu 🙂

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *