Cara Pilih Domain Bagus untuk Blog & SEO Google

Cara memilih nama domain yang SEO frindly

Tips Memilih Domain Bagus untuk SEO website, Blog atau Branding bisnis

Bagi yang baru mulai belajar tentang website khususnya wordpress alangkah baiknya memahami Apa itu nama domain sebagai dasar pengetahuan di dunia website / Blogger.

Ini menjadi materi awal agan2 semua belajar / kursus SEO tahap Dasar dimana materi ini sangat penting sebagai pondasi SEO blog Untuk Google.

Arti Domain

Pengertian Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address.

Agar website / aplikasi onlinenya dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung, maka pemilik website tersebut harus menggunakan domain.

Contoh domain: www.indonesia.com

Syarat Awal sebelum membuat website, blog bisa tayang secara online maka diperlukan domain untuk pengenal / alamat URL sebagai branding bisnis.

 

Tips memilih domain Yang Bagus, SEO Friendy

Sebelum membeli nama domain baru untuk web bisnis atau blog pastikan telah membaca panduan cara memilih nama domain dibawah, sehingga akan mendapatkan nama domain yang relevan dan bagus untuk jangka panjang.

Syarat utama domain untuk website mendukung SEO adalah nyambung atau relevan dengan topik isi blog / website yang akan dibuat + beberapa syarat item dibawah:

1. Tentukan Ide Nama Domain

Hal pertama Pikirkan tentang nama brand, bisnis, nice konten, nama keluarga atau perusahaan yang ingin ditempatkan di situs anda. Pada intinya nama domain lebih bagus ada unsur branding.

Nama domain menjadi satu hal pertama yang dilihat orang, jadi sebaiknya domain bisa langsung memberikan gambaran yang nyambung atau berhubungan nama / yang sesuai tentang website / blog.

Contoh: jika bisnis saya tentang layanan seo, maka domain nya: seosatu.com

 

2. Nama domain mudah diingat, simple

Tahap ke-2 Pilih nama domain yang singkat, sederhana karena Jika terlalu panjang dan rumit, orang akan kesulitan mengingatnya.

Kiat2: Mudah ditulis, dieja, dihafal/ingat, dilafalkan (baca), di ingat – Awas!! jangan membuat nama domain seperti : namabisnis.com / bisnis2343.com, ewe33sdcvx.com pastikan hindari kode penghubung (=/-.) karena akan mempersulit saat di tulis user.

Penting: minimal & maksimal Jumlah huruf dalam domain minimal: 3 – 8 huruf!

 

3. Domain Mampu beradaptasi

Artinya nama domain bersifat fleksibel, Jika tujuan memilih nama domain untuk tujuan jangka panjang maka, pilih type nama domain Fresh Green (Selalu Hijau) yang akan tetap bertahan long term, tidak berubah lekang oleh waktu.

Contoh: Infobola.com jangan membuat nama domain musiman seperti: prediksibola2017.net jika sudah lewat tahun 2017 akan usang…dan tidak relevan.

 

4. Extensi domain yang Poluler LTD

Ini contoh extensi domain yang paling sering dipakai untuk situs indonesia: .com, .ID, co.id, .org, .net

Jika visitor fokus negara indonesia kita sarankan pakai: .id / .co.id / .com — namun jika visitor support glogal maka extensi LTD domain .com / .net .org lebih bagus & mantap dari segi SEO.

NOTE: Banyak blogger pemula yang baru buat blog, bingung masalah extensi domain yang bagus dan SEO, Gak usah bingung ambil saja sesai kebutuhan, contoh:

  • Web Organisasi: .Org / .Net
  • Web Comersial / umum : .Com
  • Blog pribadi: .ID
  • Web Perusahaan Indonesia : .Co.ID
  • Dll

Intinya ambil extensi domain yang populer dan sesuikan kebutuhan.

 

5. Nama Domain Harus Unik

Semakin unik nama domain semakin bagus untuk branding, tentunya harus mengikuti 4 aturan di atasnya, jangan membuat nama domain yang mirip atau domain yang sudah dipakai hanya ganti extensi, ini akan fatal untuk bisnis jangka panjang.

 

Paket Harga Domain

Tarif harga register atau pendaftaran nama domain di indonesia murah kisaran Rp 120-200 ribu / tahun, jadi setiap user yang ingin mendapatkan nama domain baru bisa register lewat provider biasa layanan web hosting + Nama domain Seperti:

TLD Min. Years Register Transfer Renew
.com 1 Rp. 130,000 Rp. 150,000 Rp. 150,000
.net 1 Rp. 180,000 Rp. 180,000 Rp. 180,000
.org 1 Rp. 180,000 Rp. 180,000 Rp. 180,000
.info 1 Rp. 190,000 Rp. 190,000 Rp. 190,000
.biz 1 Rp. 200,000 Rp. 200,000 Rp. 200,000
.asia 1 Rp. 200,000 Rp. 200,000 Rp. 200,000
.co 1 Rp. 450,000 Rp. 450,000 Rp. 450,000

Info: data harga hanya sample !

Baca juga:

https://www.seosatu.com/domain-checker/

 

Penutup

OK, Semoga panduan singkat cara memilih nama domain bisa ada manfaat, jika ada pertanyaan bisa isi komen dibawah ? kalau konten ini berguna silahkan di share ke sosmed anda. __Thank.

5 thoughts on “Cara Pilih Domain Bagus untuk Blog & SEO Google

  1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas Admin

    Penegasan: Untuk blogger pemula yang baru buat blog, bingung masalah extensi domain yang bagus dan SEO, Gak usah bingung ambil saja sesai kebutuhan, contoh:

    Web Organisasi: .Org / .Net
    Web Comersial / umum : .Com
    Blog pribadi: .ID
    Web Perusahaan Indonesia : .Co.ID
    Dll
    Intinya ambil extensi domain yang populer dan sesuikan kebutuhan.
    OK MAS BRO !!!

    Reply
  2. Avatar for MardianMardian

    Kalo menurut mas andreas sendiri lebih bagus mana antara domain .id dengan .com dari segi SEO, soalnya ada yang nyaranin mnding .id ktimbang .com dan

    juga ada yang bilang .com karena banyak pengunjung yg kadang terbiasa nulis alamatdomain.com padahal pake .id. jadi lebih bagus mana .id atau .com?

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      saran saya pakai .com saja, karena lebih umum & dr segi SEO lebih mantap hasil penglaman pribadi (sample: toko**dia.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *