Cara Pilih Nama Domain Yang Bagus


Memilih Domain Bagus untuk website, blog atau branding nama bisnis.

Sebelum membeli nama domain baru untuk web bisnis atau blog pastikan membaca panduan cara memilih nama domain dibawah, tujuan mendapatkan nama domain relevan dan bagus jangka panjang.

 

Ok, lanjut..

Tips memilih nama domain

1. Ide Nama Domain

Hal pertama Pikirkan tentang nama brand, bisnis, nice konten, nama keluarga atau perusahaan yang ingin ditempatkan di situs anda. Pada intinya nama domain lebih bagus ada unsur branding.

Nama domain menjadi satu hal pertama yang dilihat orang, jadi sebaiknya domain bisa langsung memberikan gambaran yang nyambung atau berhubungan nama / yang sesuai tentang website / blog.

Contoh: bisnis saya tentang SEO, maka domain nya: www.seosatu.com

 

2. Mudah diingat, simple

Tahap ke-2 Pilih nama domain yang singkat, sederhana karena Jika terlalu panjang dan rumit, orang akan kesulitan mengingatnya.

Kiat2: Mudah ditulis, dieja, dihafal/ingat, dilafalkan (baca), di ingat – Awas!! jangan membuat nama domain seperti : namabisnis.com / bisnis2343.com, ewe33sdcvx.com pastikan hindari kode penghubung (=/-.) karena akan mempersulit saat di tulis user.

Penting: minimal & maksimal Jumlah huruf dalam domain minimal: 3 – 8 huruf!

READ :  Cek, Meningkatkan Nilai DA & PA Blog 100% WORK

 

3. Mampu beradaptasi

Artinya nama domain bersifat fleksibel, Jika tujuan memilih nama domain untuk tujuan jangka panjang maka, pilih type nama domain Fresh Green (Selalu Hijau) yang akan tetap bertahan long term, tidak berubah lekang oleh waktu.

Contoh: Infobola.com jangan membuat nama domain musiman seperti: prediksibola2017.net jika sudah lewat tahun 2017 akan usang…dan tidak relevan.

 

4. Extensi domain LTD

Banyak blogger pemula yang baru buat blog, bingung masalah extensi domain yang bagus, Gak usah bingung ambil saja sesai kebutuhan, contoh:

  • Web Organisasi: .Org / .Net
  • Web Comersial / umum : .Com
  • Blog pribadi: .ID
  • Web Perusahaan Indonesia : .Co.ID
  • Blogger Harga murah: My.ID

Apabila tujuan untuk belajar, ujicoba bisa pilih murah: my.id

 

5. Harus Unik

Semakin unik nama domain semakin bagus untuk branding, tentunya harus mengikuti 4 aturan di atasnya, jangan membuat nama domain yang mirip atau domain yang sudah dipakai hanya ganti extensi, ini akan fatal untuk bisnis jangka panjang.

 

READ :  Cara membuat Mysql Server Remote IP (Terpisah) VPS

Harga Domain

Secara umum harga nama domain kisaran 150-250rb / tahun, murah cocok untuk sarana belajar Rp10rb/thn (my.id)

Informasi pembelian domain: Cek disini.

 

Penutup

OK, Semoga panduan singkat cara memilih nama domain bisa ada manfaat, jika ada pertanyaan bisa isi komen dibawah ? kalau konten ini berguna silahkan di share ke sosmed anda. __Thank.


Updated: September 18, 2023